Kontaminasi Bakteri Escherichia coli pada Sampel Daging

Main Article Content

Saiful Bahri
Saiku Rokhim
Yosi Setia Prasiska

Abstract

Pangan yang berasal dari ternak sangat kita butuhkan karena mengandung protein penting dan mudah dicerna, daging merupakan salah satu pangan yang berasal dari ternak dan sangat bermanfaat bagi tubuh karena mengandung gizi yang lengkap sehingga perlu untuk dilakukan pencegahan kontaminasi terutama oleh bakteri Eschericia coli. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kontaminasi bakteri Escherichia coli pada beberapa sampel daging. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimental untuk mengidentifikasi bakteri Escherichia coli pada beberapa daging segar menggunakan metode pengenceran dan lama waktu inkubasi yang berbeda dari setiap sampel. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh jumlah kontaminasi bakteri Escherichia coli tertinggi pada sampel daging ayam daripada daging sapi dan daging kambing. Hasil tertinggi kontaminasi bakteri Escherichia coli daging ayam yang melebihi BMCM adalah sebesar 1108 : 1 x 109 dengan kode DA 049-DA 058. Kesimpulan berdasarkan hasil yang diperoleh bahwa 18 sampel daging ayam sebanyak (50%) sampel terkontaminasi Escherichia coli, 13 sampel daging sapi sebanyak (38%) terkontaminasi Escherichia coli. Sedangkan 1 daging kambing (0%) tidak terkontaminasi bakteri Escherichia coli.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Bahri, S., Rokhim, S., & Prasiska, Y. S. (2019). Kontaminasi Bakteri Escherichia coli pada Sampel Daging. Journal of Health Science and Prevention, 3(1), 62–67. https://doi.org/10.29080/jhsp.v3i1.195
Section
Articles
Author Biographies

Saiful Bahri, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fakultas Sains dan Teknologi

Saiku Rokhim, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fakultas Psikologi dan Kesehatan

Yosi Setia Prasiska, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fakultas Sains dan Teknologi

References

Rafika, N., 2017. Tingkat Cemaran Bakteri Escherichia coli Pada Daging Ayam Yang Dijual Dipasar Tradisional Makassar (Skripsi). Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar.

Susanto, E., 2014. Standar Penanganan Pasca Panen Daging Segar. Jurnal Ternak 05(01), 15–20.

Fitri, D.., 2012. Konsumsi Daging Sapi Tingkatkan Kecerdasan Anak. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan 1(1).

Dalilah, E., 2006. Evaluasi Nilai Gizi Dan Karakteristik Protein Daging Sapi Dan Hasil Olahannya (Skripsi). Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Dewantoro GI, Adiningsih MW, Purnawarman T, Sunartatie T, Afiff U. Tingkat Prevalensi Escherichia coli Dalam Daging Ayam BEKU yang Dilalulintaskan Melalui Pelabuhan Penyeberangan Merak ( Prevalence of Escherichia coli in Frozen Chiken Meat Which Was Tramsported Through Merak Port ). J Ilmu Pertanian Indonesia. 2014;14(3):211–6.

Zakki, G.., 2015. Pengetahuan Dan Perilaku Preventif Terhadap Bakteri E.coli Pada Masyarakat Kecamatan Gondomanandi Kota Yogyakarta (Skripsi). Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Lestari, D.., Pujiati, R.., Moelyaningrum, A.., 2015. Higiene Perorangan dan Keberadaan Bakteri Escherichia coli pada Tangan PenjualRujak Cingur (Studi di Kelurahan Sumbersari Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember). Artikel Ilmiah Hasil Penelitian Mahasiswa.

Kemenkes. Profil Kesehatan Indonesia 2016. 1st ed. Kurniawan R, Yudianto, Hardhana, Boga TAS, editors. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia; 2017. 431 p.

Kemenkes. Profil Kesehatan Indonesia 2017. 1st ed. Kurniawan R, Yudianto, Hardhana, Boga TS, editors. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia; 2018. 496 p.

Suwito, W., 2009. Dampak Verotoksigenik Dan Enterohemoragik Escherichia coli (VTEC Dan EHEC) Pada Hewan Manusia Dan Makanan. Wartazoa 19(2), 53–63.

Desniar *, Iriani Setyaningsih YIP. Screening and Production of Antibacterial from Lactobacillus plantarum NS ( 9 ) Isolated from Nile Tilapia Bekasam. J JPHPI. 2016;19(9):132–9.

Ayu R, Sartika D, Indrawani YM, Sudiarti T. Analisis Mikrobiologi Escherichia coli O157:H7 Pada Hasil Olahan Hewan Sapi Dalam Proses Produksinya. MAKARA, Kesehatan. 2005;9(1):23–8.

Achmad Ian Rudiyansyah, Nur Endah Wahyuningsih EK. Pengaruh Suhu, Kelembaban dan sanitasi terhadap keberadaan bakteri Eschericia coli dan Salmonella di kandang ayam pada peternakan ayam broiler kelurahan karanggeneng kota semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2015;3(April).

Romanda F, Risanti ED, Kedokteran F, Muhammadiyah U. Hubungan Personal Hygiene Dengan Keberadaan Escherichia coli Pada Makanan di Tempat Pengolahan Makanan ( TPM ) Buffer Area Bandara Adi Soemarmo Surakarta. Biomedika. 2016;8:41–6.

Zikra W, Amir A, Putra AE. Artikel Penelitian Identifikasi Bakteri Escherichia coli ( E . coli ) pada Air Minum di Rumah Makan dan Cafe di Kelurahan Jati serta Jati Baru Kota Padang. Jurnal Kesehatan Andalas. 2018;7(2):212–6.

Kurniadi Y, Saam Z, Afandi D. Jajanan Dilingkungan Kantin Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Lingkungan. 2013;7(1):28–37.

Inggrit saridewi, Arief Pambudi YFN. Analisis Bakteri Escherichia coli Pada Makanan Siap Saji di Kantin Rumah Sakit X dan Kantin Rumah Sakit Y. BIOMA 12 Biol UNJ Press. 2016;12(2):21–34.

Rananda RM, Djamal A. Artikel Penelitian Identifikasi Bakteri Escherichia coli O157 : H7 dalam Daging Sapi yang Berasal dari Rumah Potong Hewan Lubuk Buaya. Jurnal Kesehatan Andalas. 2016;5(3):614–8.

Semesta, F.., 2011. Tingkat Cemaran Mikroorganisme Pada Daging Ayam Dan Daging Sapi Dari Pasar Tradisional Di Provinsi Jawa Barat Berdasarkan Jumlah Total Mikroorganisme Staphylococcus aureus Dan Escherichia coli (Skripsi). Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Dwi Septiasari AS. Hubungan Higiene Pedagang dan Sanitasi dengan Jumlah Bakteri Coliform Pada Daging Ayam. Jurnal Pena Med. 2016;6(2):80–90.

Jasmadi, Yuli Haryani CJ. Prevalensi Bakteri Coliform dan Escherichia coli Pada Daging Sapi yang Dijual Di Pasar Tradisional dan Pasar Modern Di Kota Pekanbaru. JOM MIPA. 2014;1(2):31–9.

Utari LK. Status Mikrobiologis Daging Broiler di Pasar Tradisional Kabupaten Pringsewu. Jurnal Ilmu Peternak Terpadu. 2016;4(1):63–6.

Arnia EW. Identifikasi Kontaminasi Bakteri Coliform Pada Daging Sapi Segar Yang Dijual Abstrak Identification Of Coliform Contamination On Fresh Raw Beef Sold In The Market Around Bandar Lampung Email : arniaarizal@rocketmail.com Medical Faculty Student of Lampung. Med J Lampung Univ. 2012;43–50.

Felicia Halim, Sarah M. Warouw, Novie H. Rampengan PS. Hubungan Jumlah Koloni Escherichia Coli dengan Derajat Dehidrasi pada Diare Akut. Sari Pediatr. 2017;19(2):81–5.