Kecemasan Covid-19 Sebagai Variabel Moderator antara Kecerdasan Emosi dengan Resiliensi

Authors

  • Eka Apristian Pantu Institut Agama Islam Negeri Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.29080/jpp.v14i2.961

Abstract

Resiliensi merupakan hal yang penting dimiliki oleh setiap individu terlebih pasca pandemi covid-19. Salah satu hal yang dapat memprediksikan resiliensi adalah kecerdasan emosi. Kecemasan covid-19 ditengarai menjadi variabel moderator dalam pengaruh kecerdasan emosi terhadap resiliensi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear dan moderasi. Hasil penelitian menemukan terdapat pengaruh positif dan signifikan dari kecerdasan emosi terhadap resiliensi. Sementara itu kecemasan covid-19 bukan merupakan variabel moderator pada pengaruh kecerdasan emosi terhadap resiliensi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriyeni, N., Rahayuningsih, T., & Erwin. (2021). Resiliensi akademik dengan kepuasan belajar online pada mahasiswa. Psychopolytan, 5(1), 74-80.

Ahorsu, D. K., Lin, C.-Y., Imani, V., Saffari, M., Griffiths, M. D., & Pakpour, A. H. (2022). The fear of covid-19 scale: Development and initial validation. International Journal of Mental Health and Addiction, 20(3), 1537-1545.

Ainnayyah, R., & Nursalim, M. (2022). Hubungan antara kecerdasan emosional dan dukungan sosial terhadap resiliensi akademik peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo selama belajar dari rumah (BDR). Jurnal BK Unesa, 12(3), 947-957.

Alam, A., & Ahmad, M. (2018). The role of teachers' emotional intelligence in enhancing student achievement. Journal of Asia Business Studies, 12(1), 31-43.

Aripah, A. N., Harsanti, I., & Salve, H. R. (2019). Kecerdasan emosional dan resiliensi pada ibu dengan anak disabilitas. Jurnal Psikologi, 12(1), 57-66.

Astuti, A. K., & Rusmawati, D. (2021). Hubungan antara kecerdasan emosional dan resiliensi pada mahasiswa tahun pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro ditengah pandemi covid-19. Empati, 10(5), 328-333.

Baharuddin, M. I., Jufri, M., & Hamid, A. N. (2019). Hubungan antara kecerdasan emosi dengan stres kerja pada anggota kepolisian satuan lalu lintas Polrestabes Makassar. Jurnal Psikologi Talenta, 5(1), 1-11.

Brewer, M. L., Kessel, G. v., Sanderson, B., Naumann, F., Lane, M., Reubenson, A., & Carter, A. (2019). Resilience in higher education students: a scooping review. Higher Education Research & Development, 38(4), 1-16.

Chodijah, M. (2021). Tingkat stres ibu muda di masa pandemi covid-19: Bagaimana peran resiliensi dan sikap sabar. Psympathic, 8(2), 231-246.

Christianto, L. P., Kristiani, R., Franztius, D. N., Santoso, S. D., Winsen, & Ardani, A. (2020). Kecemasan mahasiswa di masa pandemi covid-19. Jurnal Selaras, 3(1), 67-82.

Clearly, M., Visentin, D., West, S., Lopez, V., & Kornhaber, R. (2018). Promoting emotional intelligence and resilience in undergraduate nursing students: an integrative review. Nurse Education Today, 68, 112-120.

Dariyo, A. (2017). Hubungan antara persahabatan dan kecerdasan emosi dengan kepuasan hidup remaja. Jurnal Psikogenesis, 5(2), 168-179.

Davies, K. A., Lane, A. M., Devonport, T. J., & Scott, J. A. (2010). Validity and reliability of a Brief Emotional Intelligence Scale (BEIS-10). Journal of Individual Differences, 31(4), 198-208.

Dewi, E. U. (2020). Pengaruh kecemasaan saat pembelajaran daring masa pandemi covid-19 terhadap prestasi belajar mahasiswa Stikes William Surabaya. Jurnal Keperawatan, 9(1), 18-23.

Drigas, A., & Chara, P. (2020). The need for emotional intelligence training education in critical and stressful situations: The case of covid-19. International Journal of Recent Contributions from Engineering, Science & IT, 8(3), 20-36.

Droppert, K., Downey, L., Lomas, J., Emily R Bunnett, N. S., Wheaton, A., Nield, C., & Stough, C. (2019). Differentiating the contributions of emotional intelligence and resilience on adolescent male scholastic performance. Personality and Individual Differences, 145, 75-81.

Fahmi, A. Y., Yustka, Y., Masroni, M., & Soekardjo, S. (2021). Resiliensi berhubungan dengan tingkat kecemasan pada masyarakat di masa pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Permas, 11(4),927-934

Fahrianti, F., & Nurmina. (2021). Perbedaan kecemasan mahasiswa baru ditinjau dari jenis kelamin pada masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1297-1302.

Fauziyyah, R., Awinda, R. C., & Besral. (2021). Dampak pembelajaran jarak jauh terhadap tingkat stres dan kecemasan mahasiswa selama pandemi covid-19. Bikfokes, 1(2), 113-123.

Febriyanti, E., & Mellu, A. (2020). Tingkat kecemasan mahasiswa keperawatan dalam menghadapi pandemi covid-19 di Kota Kupang. Nursing Update, 11(3), 1-6.

Fitriyati, H. B. (2020). Pengaruh terapi "kidung wahyu kalaseba" terhadap resiliensi psikologis menghadapi pandemi covid-19 bagi mahasiswa prodi tasawuf dan psikoterapi Universitas Islam Negeri Walisongo. Piwulang: Journal of Javanese Learning and Teaching, 8(2), 176-184.

Gayatri, M., & Irawaty, D. K. (2021). Family resillience during covid-19 pandemic: a literature review. The Family Journal: Counseling and Therapy for Couples and Families, 30(2), 1-7.

Harahap, A. C., Harahap, S. R., & Harahap, D. P. (2020). Gambaran resiliensi akademik mahasiswa pada masa pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan dan Konseling Al-Irsyad, 10(2), 240-246.

Kokcam, B., Arslan, C., & Tras, Z. (2022). Do psychological resilience and emotional intelligence vary among stress profiles in university students" A latent profile analysis. Frontiers in Psychology, 12, 1-13.

Konradus, N., & Harsanti, I. (2015). Peranan kecerdasan emosi dan kesejahteraan psikologis terhadap kepuasan kerja guru pada sebuah yayasan pendidikan islam di Bekasi. Jurnal Psikologi, 8(2), 79-90.

MacCann, C., Jiang, Y., Brown, L. E., Bucich, K. S., & Minbashian, A. (2020). Emotional intelligence predicts academic performance: A meta-analysis. Psychological Bulletin, 146(2), 150-186.

Mahesti, N. P., & Rustika, I. M. (2020). Peran kecerdasan emosional dan efikasi diri terhadap resiliensi pada mahasiswa Universitas Udayana yang sedang menyusun skripsi. Jurnal Psikologi Udayana, 7(2), 53-65.

Mohammadi, F., Masoumi, Z., Oshvandi, K., Khezeai, S., & Bijani, M. (2022). Death anxiety, moral courege, and resilience in nursing students who care for covid-19 patients: a cross-sectional study. BMC Nursing, 21, 1-7.

Mokoginta, F. (2014). Kecerdasan emosi, religiusitas, dan kepuasan pernikahan pada wanita muslim yang menikah muda. Tazkiya Journal of Psychology, 103-115.

Muyor-Rodriguez, J., Caracava-Sanchez, F., & Fernandez-Prados, J. S. (2021). Covid-19 fear, resilience, social support, anxiety, and suicide among college students in Spain. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18, 1-14.

Ngui, G. K., & Lay, Y. F. (2020). The effect of emotional intelligence, self-efficacy, subjective well-being, and resilience on student teachers perceived practicum stress: A Malaysian case study. European Journal of Educational Research, 9(1), 277-291.

Oducado, R. M., Parreno-Lachica, G. M., & Rabacal, J. S. (2020). Personal resilience and its influence on covid-19 stres, anxiety and fear among graduate students in the Philippines. International Journal of Education Research and Innovation, 15, 431-443.

Pakau, E. V., & Huwae, A. (2022). Hubungan antara social support dengan resiliensi pada mahasiswa rantau penyintas covid-19. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 11(6), 502-510.

Pedhu, Y. (2022). Analisis korelasional antara kecerdasan spiritual dan resiliensi psikologis mahasiswa seminaris. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 8(3), 597-603.

Rahardjo, W., Qomariyah, N., Mulyani, I., & Andriani, I. (2021). Social media fatigue pada mahasiswa di masa pandemi covid-19: Peran neurotisisme, kelebihan informasi, invasion of life, kecemasan, dan jenis kelamin. Jurnal Psikologi Sosial, 19(2), 142-152.

Rahmanisa, R., Rahmat, H. K., Cahaya, I., Annisa, O., & Pratiwi, S. (2021). Strategi mengembangkan resiliensi individu di tengah masa pandemi covid-19 menggunakan islamic art therapy. Journal of Contemporary Islamic Counseling, 1(1), 39-52.

Ramos-Diaz, E., Rodriguez-Fernandez, A., Axpe, I., & Ferrara, M. (2019). Perceived emotional intelligence and life satisfaction among adolescent students: The mediating role of resillience. Journal of Happiness Studies, 20, 2489-2506.

Robbins, A., Kaye, E., & Catling, J. C. (2018). Predictors of student resilience in higher education. Psychology Teaching Review, 24(1), 44-52.

Roman-Mata, S. S., Puertos-Molero, P., Ubago-Jimenez, J. L., & Gonzalez-Valero, G. (2020). Benefits of phsycical activity and its associations with resilience, emotional intelligence, and psychological distress in university students from Southern Spain. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17, 1-12.

Sakka, S., Nikopoulou, V. A., Bonti, E., Tatsipoulou, P., Karamouzi, P., Giazkoulidou, A., . . . Diakgiannis, I. (2020). Assesning test anxiety and resilience among Greek adolescents during covid-19 pandemic. Journal of Mind and Medical Sciences, 7(2), 173-178.

Salim, F., & Fakhrurrozi, M. (2020). Efikasi diri akademik dan resiliensi pada mahasiswa. Jurnal Psikologi, 16(2), 175-187.

Saputra, T. A. (2020). Bentuk kecemasan dan resiliensi mahasiswa pascasarjana Aceh-Yogyakarta dalam menghadapi pandemi covid-19. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, 6(1), 67-82.

Sari, S. P., Aryansah, J. E., & Sari, K. (2020). Resiliensi mahasiswa dalam menghadapi pandemi covid-19 dan implikasinya terhadap proses pembelajaran. Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 9(1), 17-22.

Sarrinonandia, A., Ramos-Diaz, E., & Fernandez-Lasarte, O. (2018). Resilience as a mediator of emotional intelligence and perceived stress: A cross-country study. Frontiers in Psychology, 9, 1-11.

Setyaningtyas, A. D., Prahara, S. A., & Kuncoro, W. (2020). Gambaran resiliensi mahasiswa menghadapi perubahan pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Revitalisasi Peran Psikologi dalam Keluarga, Organisasi, dan Komunitas: Tantangan dalam menyambut society 5.0 (pp. 248-254). Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.

Sharon, D., & Greenberg, K. (2018). Does the level of emotional intelligence affect the degree of success in nursing studies? Nurse Education Today, 64, 21-26.

Silfiyah, K., Ni'mah, R., & Khoiriyah, S. (2022). Resiliensi dan religiusitas mahasiswa prodi pendidikan agama islam Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro di masa pandemi covid-19. Quality: Journal of Empirical Research in Islamic Education, 10(2), 369-382.

Smith, B. W., Dalen, J., Wiggins, K., Tooley, E., Christopher, P., & Bernard, J. (2008). The brief resilience scale: Assesning the ability to bounce back. International Journal of Behavioral Medicine, 15, 194-200.

Sogolitapeh, F. N., Hedayat, A., Arjmand, M. R., & Khaledian, M. (2018). Investigate the relationship between spiritual intelligence and emotional intelligence with resilience in undergraduate (BA) students. International Letters of Social and Humanistic Sciences, 82, 10-18.

Susilowati, D. W. (2021). Dampak psikologis akibat covid-19 pada masyarakat Indonesia. Wacana, 13(1), 104-111. https://doi.org/10.13057/wacana.v13i1.193.

Trigueros, R., Aguilar-Parra, J. M., Cangas, A. J., Bermejo, R., Ferrandiz, C., & Lopez-Liria, R. (2019). Influence of emotional intelligence, motivation and resilience on academic performance and the adoption of healthy lifestyle habits among adolescents. International Journal of Environmental Research, 16, 1-12.

Trigueros, R., Padilla, A. M., Aguilar-Parra, J. M., Rocamora, P., Morales-Gasquez, M. J., & Lopez-Liria, R. (2020). The influence of emotional intelligence on resilience, test anxiety, academic stress and the mediteranian diet: A study with university students. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17, 1-12.

Utami, C. T., & Helmi, A. F. (2017). Self-efficacy dan resiliensi: Sebuah tinjauan meta-analisis. Buletin Psikologi, 15(1), 54-65.

Wahyuni, I., Sutarno, & Andika, R. (2020). Hubungan tingkat religiusitas dengan tingkat kecemasan mahasiswa di masa pandemi covid-19. Jurnal Kesehatan Al-Irsyad, 13(2), 131-144.

Walean, C. J., Pali, C., & Sinolungan, J. S. (2021). Gambaran tingkat kecemasan pada mahasiswa di masa pandemi covid-19. Jurnal Biomedik, 13(2), 132-143.

Zhang, J., Wang, Y., Zhou, M., & Ke, J. (2022). Community resilience and anxiety among chinese older adults during covid-19: the moderating role of trust in local government. Journal Community Applied Social Psychology, 32(3), 411-422.

Zhoc, K. C., King, R. B., & Chen, T. S. (2020). Emotionally intelligent students are more engaged and succesfull: Examining the role of emotional intelligence in higher education. European Journal of Psychology of Education, 35, 839-863.

Downloads

Published

2023-11-02

How to Cite

Pantu, E. A. (2023). Kecemasan Covid-19 Sebagai Variabel Moderator antara Kecerdasan Emosi dengan Resiliensi. Jurnal Penelitian Psikologi, 14(2), 41–49. https://doi.org/10.29080/jpp.v14i2.961