Author Guidelines

Panduan untuk Penulis

  1. Penulis menuliskan naskah/artikel berdasarkan laporan penelitian empiris bidang psikologi.
  2. Penulis menuliskan setiap acuan yang digunakan dalam naskah sesuai kaidah penulisan ilmiah.
  3. Penulis harus memastikan bahwa naskah yang ditulis bebas plagiarisme.
  4. Penulis dapat memastikan bahwa naskah yang dikirimkan pada Jurnal Penelitian Psikologi (JPP) belum pernah dimuat di media lain, dan sedang tidak dikirimkan kepada jurnal lain.
  5. Penulis harus menyepakati mengenai peran masing-masing kontributor dalam penulisan artikel dan telah menyepakati sebelumnya tentang penulisan penulis utama dan penulis pendamping.
  6. Penulis memastikan bahwa kegiatan penelitian dilakukan sesuai kode etik psikologi.
  7. Ketika penulis menemukan kesalahan yang signifikan atau ketidaktepatan dalam naskahnya yang telah diterbitkan, penulis memiliki kewajiban untuk segera memberitahu editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki

 

Artikel dikirimkan melalui OJS JPP: http://jurnalfpk.uinsby.ac.id/index.php/JPP

Artikel ditulis pada kertas A4 menggunakan program MS Word, jenis huruf cambria ukuran 11 dan diketik dengan spasi 1 cm

 

Artikel ditulis dengan sistematika sebagai berikut :

  • Judul, ditulis dengan model title-case, dengan jumlah kata tidak lebih dari 20 kata
  • Nama penulis (tanpa gelar) dan instansi asal beserta e-mail korespondensi
  • Abstrak (bahasa Inggris dan bahasa Indonesia), memuat latar belakang penelitian, tujuan penelitian, metode penelitian, hasil penelitian dan simpulan yang ditulis dalam satu paragraph yang terdiri atas maksimal 200 kata. Naskah ditulis dengan menggunakan font cambria dengan ukuran 10 dan jarak 1 spasi, serta naskah dalam bahasa Inggris ditulis dengan gaya italic;
  • Kata kunci (keyword), maksimal 5 kata kunci yang sesuai dengan topik tulisan;
  • Pendahuluan, mencakup latar belakang masalah, tinjauan pustaka, rumusan masalah, dan tujuan penelitian);
  • Metode penelitian, berisi penjelasan tentang rancangan atau desain penelitian, sasaran penelitian (populasi dan sampel), teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data. Metode penelitian juga dapat berisi penjelasan tentang bahan-bahan dan alat-alat yang digunakan, waktu, tempat, teknik, dan rancangan percobaan;
  • Hasil penelitian, bagian yang memuat hasil penelitian yaitu tentang hasil analisis data yang merupakan bagian utama artikel sehingga tidak perlu melakukan komentar atau pembahasan
  • Pembahasan, pembahasan menguraikan hasil penelitian yang dibandingkan dengan teori-teori atau penelitian terdahulu untuk mengetahui persamaan dan perbedaannya dengan argumen peneliti. Jika terdapat persamaan, hasil penelitian memperkuat teori sebelumnya. Jika berbeda, berarti merupakan temuan baru. Pembahasan BUKAN hanya menjelaskan atau menguraikan hasil penelitian atau memaparkan angka pada tabel atau grafik atau diagram ataupun gambar semata
  • Simpulan dan saran, berisi tentang simpulan hasil penelitian dan pembahasan disertai dengan saran yang diajukan penulis untuk pengembangan berikutnya
  • Pustaka Acuan, wajib menggunakan aplikasi standar sitasi seperti Zotero, Mendeley, Endnote, dan lain-lain. Pustaka ditulis dalam American Psychological Association (APA) 6th edition Style. Referensi yang digunakan maksimal 10 tahun terakhir dengan 80% dari jurnal ilmiah

 

Teknik penulisan artikel mengikuti ketentuan sebagai berikut :

  • Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris yang memenuhi kaidah bahasa Indonesia/Inggris yang baku;
  • Artikel ditulis dalam bentuk essay, sehingga tidak ada format numerik (atau abjad) yang memisahkan antar bab/bagian, atau untuk menandai bab/bagian baru;
  • Setiap kutipan harus dituliskan sumbernya pada akhir kutipan dengan menggunakan running note, bukan footnote atau endnote. Misalnya :

.... (Silverman, 1993)

  • Di dalam penulisan artikel, hindari penggunaan dot points, pengabjadan, atau penomeran seperti ini :

1....

2....

Tetapi lebih baik ditulis sebagai berikut : 1)...., 2)..... dst

  • Tabel dan gambar/grafik dibuat sesederhana mungkin dalam format MS Word. Judul tabel menggunakan font cambria dengan ukuran 10 cetak tebal dan isi tabel disajikan menggunakan font cambria dengan ukuran 9. Penulisan tabel hanya menggunakan garis-garis horizontal, jangan menggunakan garis vertikal. Tidak diperkenankan mencantumkan penyajian tabel dalam bentuk gambar ataupun bentuk asli hasil salin dari Ms. Excell dan hasil output SPSS. Judul gambar, grafik, dan atau diagram menggunakan font cambria ukuran 10 cetak tebal dan diletakkan di bawah
  • Penulisan pustaka acuan ditulis sesuai tata tulis menurut acuan American Psychological Association (APA) 6th edition Style

Buku teks

Silverman, D. (2003). Interpreting qualitative data, metods for analiyzing talk, text and interaction. London: Sage Publications.

Buku teks bunga rampai

Levine, J.M. & Moreland, R.L. (1998). Small groups. In Gilbert, D., Fiske S., & Lindzey (eds.). The handbook of Social pschycology. Boston: McGraw-Hill.

Artikel dari jurnal

Shaw, M.C. &McCuen, J.T. (2000). The onset of academic underachievement on bright children. Journal of educational Psychology, 51, 103-108.

Artikel dari surat kabar harian/mingguan/bulanan

  • Ada Pengarang

Supriatna, Y. (2007, 20 Maret). Gaya Hidup Sakit. Kompas, hlm. 27.

  • Tanpa Pengarang

Penganggur Terdidik Apa yang Salah (2006, 15 November). Kompas, hlm. 27

Artikel dari internet

Smith, R.C. (2007). Teacher education for teacher-leaner autonomy. Diakses dari http://www.warwick.ac.uk/esldr/teacher_autonomy.pdf pada tanggal 16 Pebruari 2008.

 

 

Artikel yang masuk dievaluasi oleh dewan penyuting. Penyuting dapat melakukan perubahan pada tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengubah maksud dan konten tulisan. Artikel yang masuk akan diberi informasi/jawaban melalui OJS Jurnal Penelitian Psikologi (JPP).