Kecerdasan Emosi, Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Kematangan Karir Siswa

Authors

  • Lutna Rakhma Wijayanti Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Lucky Abrorry UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.29080/jpp.v14i2.940

Abstract

Kematangan karir merupakan kesiagaan individu dalam mengambil keputusan karir dengan pertimbangan pengetahuan dan informasi terhadap karir yang akan dijalankan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kecerdasan emosional dan dukungan teman sebaya terhadap kematangan karir siswa SMA. Menggunakan rancangan kuantitatif korelasional, penelitian ini melibatkan 271 siswa dengan teknik cluster sampling.  Ada tiga alat ukur yang digunakan yaitu Career Maturity Inventory (CIM), Mayer Salovey Carouse Emotional Intelegent (MSCEIT), dan Student Social Support Scale. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan emosional dan dukungan teman sebaya terhadap kematangan karir siswa baik secara simultan maupun parsial. Ada kontribusi kecerdasan emosional yang dimiliki siswa serta dukungan teman sebaya pada terbentuknya kematangan karir

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arianne, & Purwant, M. (2019). Gambaran Kematangan Karier Siswa Kelas X SMA Swasta Jakarta. Jurnal Ilmiah Psikologi MANASA, 8(1), 5–10.

Asri, R., Yusuf, A. M., & Afdal, A. (2021). Peningkatan Kematangan Karir Siswa Dengan Teori Holland. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 6(2), 121–132. https://doi.org/10.23916/08935011

Bariyyah, K., & Latifah, L. (2019). Kecerdasan Emosi Siswa Ditinjau dari Jenis Kelamin dan Jenjang Kelas. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 4(2), 68. https://doi.org/10.29210/02379jpgi0005

Crites, J. O. & Savickas, M. L. (1996). Revision of the Career Maturity Inventory. Journal of Career Assessment, , 4(2), pp. 131-138.

Crites, J. O. (1981). Caree Counseling: Models, Methods, and Matrials. McGraw.

Goleman, D. (1997). Emotional intelligence Alih Bahasa. Termaya T Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, D. (1998). Working with emotional intelligence. Bantam Books.

Goleman, D. (2009). Emotional Intelligence. Gramedia Pustaka Utama.

Holland, J. (1997). Making Vocational Choices : A Theory Of Vocational Personalities and Work Environments 3rd edition. Psychological Assessment Resources, Inc.

Illahi, U., Neviyarni, N., Said, A., & Ardi, Z. (2018). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Perilaku Agresif Remaja Dan Implikasinya Dalam Bimbingan Dan Konseling. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 3(2), 68. https://doi.org/10.29210/3003244000

Kumbhakarn, N. (2020). Personality Correlates Of Career Maturity. The International Journal of Indian Psychology, 8(1), 2349–3429. https://doi.org/10.25215/0801.069

Lyman, M., & Keyes, C. (2019). Peer-supported Writing in Graduate Research Courses : A Mixed Methods Assessment. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 31(1), 11–20.

Mahdi, Z. B., Mahtab, K. D., & Mostafa, M. (2019). Prediction of Career Maturity Based on Emotional Intelligence and Identity Styles in a Group of Iranian Students. Cultural Psychology, 2, 105–120.

Malecki, & Elliott. (1999). Adolescents’ ratings of per- ceived social support and its importance: Validation of the Stu- dent Social Support Scale. Psychology in the Schools, 6(36), 473–483.

Mulati, T. S. (2017). Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Umur Mahasiswi Semester I DIV Kebidanan Tahun 2017. Jurnal Kebidanan dan Kesehatan Tradisional, 2(1), 13–17. https://doi.org/10.37341/jkkt.v2i1.32

Mustikaningrum, L., & Desiningrum, D. R. (2018). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Kematangan Karir Pada Siswa Kelas Xi Smk Negeri 2 Demak. Jurnal EMPATI, 6(4), 91–95. https://doi.org/10.14710/empati.2017.19994

Nasril, & Ulfatmi. (2018). Melacak konsep dasar kecerdasan emosional. al-Irsyad: Jurnal bimbingan dan konseling Islam, 16–25.

Nisya, F., Sartika, D., & Permana, R. H. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kematangan Karier Siswa Kelas XII SMAN 1 Bandung. Prosiding Psikologi, 321–326.

Nurlela, & Surtiyoni, E. (2019). Hambatan kematangan perencanaan karir mahasiswa sebagai generasi millenial. Jurnal Konseling Komprehensif, 7(1), 1–6. https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jkonseling/index

Pramanasari, S. F. (2018). Pengaruh Influence of Peer Social Support Toward Career Maturity of Foreign. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 5, 542–555.

Prentice, C., Dominique Lopes, S., & Wang, X. (2020). Motional Intelligence Or Artificial Intelligence– An Employee Perspective. Journal of Hospitality Marketing and Management, 29(4), 377–403. https://doi.org/10.1080/19368623.2019.1647124

Reyes, B., Martínez-Gregorio, S., Galiana, L., Tomás, J. M., & De los Santos, S. (2022). Validation of Perceived Academic Support Questionnaire (PASQ): a study using a sample of Dominican Republic high-school students. Journal of Child and Family Studies, 31, 3425–3434. https://doi.org/10.1007/s10826-022-02473-0

Reza, I. F., Magfiroh, M., Novianto, A., & Ilham, A. (2019). asting on Mondays and Thursdays as a Factor Increases the Emotional Intelligence of Young Moslem. Jurnal Studia Insania, 7(2), 108–121. https://doi.org/10.18592/jsi.v7i2.3149

Rifki, P. N., & Anisah, L. (2021). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Kematangan Karir Pada Mahasiswa Semester Akhir Fakultas Psikologi Universitas X Di Yogyakarta. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 7(2), 62. https://doi.org/10.31602/jbkr.v7i2.5655

Salovey, & Mayer. (1990). Emotional Intelligence Imagination, Cognition and Personality. Baywood Publishing Co., Inc.

Savickas. (2001). A Developmental Perspective on Vocational Behaviour: Career Patterns, Salience, and Themes. International Journal for Educational and Vocational Guidance, 1.

Septiani, Fatimah, S., & Supriatna, E. (2021). Gambaran Kematangan Karier Siswa Sma Negeri 1 Cibeber. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 4(6), 465. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i6.8040

Sidik, C. P., Supriatna, U. Y., & Wardati, M. A. (2019). Hubungan antara Peer Support dan Psychological Well-Being pada Komunitas Xtra-Large. Prosiding Psikolog, 5(2), 823–839.

Solomon, P. (2004). Peer Support/Peer Provided Services Underlying Processes, Benefits, and Critical Ingredients. Psychiatric Rehabilitation Journal Peer, 27(4), 392–401.

Super, D. E. (1974). Vocational maturity theory: Toward implementing a psychology of careers in career education and guidance.

Supriyatini, S., Dewi, I. S., Barus, R. E., & Dadeh, T. H. (2020). Reliability and Validity of Indonesian Version of Career Maturity Inventory (CMI ). RedWhite Press Global Confrences Series, 5, 6–10.

Swasty, R. (2022). https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/GNGmB5rk-berikan-gambaran-soal-karier-sma-labschool-gelar-job-experience-sharing

Widiyarsih, W., Yuline, Y., & Astuti, I. (2020). Analisis Kematangan Karir Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 03 Pontianak Tahun 2020. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran …, 1–8. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/44725

Zulfikar. F. (2022) https://www.detik.com/edu/perguruan-tinggi/d-5937146/siswa-jangan-latah-ini-5-kunci-memilih-jurusan-kuliah-yang-tepat.

Downloads

Published

2023-11-02

How to Cite

Wijayanti, L. R., & Lucky Abrorry. (2023). Kecerdasan Emosi, Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Kematangan Karir Siswa. Jurnal Penelitian Psikologi, 14(2), 67–74. https://doi.org/10.29080/jpp.v14i2.940