Academic Adjustment Mahasiswa Baru Ditinjau dari Self Esteem, Self Efficacy, dan Self Concept

Authors

  • Rosyana Amelia Sabela UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Rizma Fithri UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Endang Wahyuni UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.29080/jpp.v13i2.738

Keywords:

Academic adjustment, Self esteem, Self efficacy, Self concept

Abstract

Academic adjustment yaitu kemampuan individu untuk menghadapi tuntutan dan syarat akademik agar terpenuhi dengan baik. Tujuan penelitian ini ingin melihat hubungan serta perbedaan academic adjustment yang ditinjau dari self esteem, self efficacy, dan self concept pada mahasiswa baru UIN Sunan Ampel Surabaya angkatan tahun 2020. Sampel penelitian ini berjumlah 364 mahasiswa baru UIN Sunan Ampel Surabaya angkatan tahun 2020 yang diambil dengan teknik simple random sampling. Skala yang digunakan pada penelitian ini adalah skala self esteem milik Rosenberg, skala self-efficacy milik Matthias Jerusalem dan Ralf Schwarzer, skala self concept milik Eider Goñi, dan skala academic adjustment milik Joel R. Anderson, Yao Guan, dan Yasin Koc. Analisis data dilakukan dengan uji regresi linear berganda dan uji friedman. Hasil menunjukkan bahwa terdapat hubungan serta perbedaan academic adjustment yang ditinjau dari self esteem, self-efficacy, dan self concept pada mahasiswa baru UIN Sunan Ampel Surabaya angkatan tahun 2020.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, A., Ahmad, M., & Khan, S. (2018). Social and Academic Adjustment of the University Students. Global Social Sciences Review, III(III), 378–394. https://doi.org/10.31703/gssr.2018(iii-iii).21

Anggana, W. T., & Pedhu, Y. (2021). Hubungan antara Regulasi Diri dan Penyesuaian Akademik Mahasiswa Angkatan 2019 Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Pendidikan dan Bahasa, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Jurnal Psiko-Edukasi, 19(1), 105–115.

Astuti, Permana, H., Harahap, F., & Budi. (2016). Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Kecemasan dalam Menghadapi Ujian pada Siswa Kelas IX di MTs Al Hikmah Brebes. Jurnal Hisbah, 13(1), 51–68.

Fajar, P., & Aviani, Y. I. (2022). Hubungan Self-Efficacy dengan Penyesuaian Diri : Sebuah Studi Literatur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2015), 2186–2194.

Fitri, R., & Kustanti, E. R. (2018). Mahasiswa Rantau Dari Indonesia Bagian Timur Di Semarang. Empati, 7(April), 66–79.

Ghufron, M. N. (2018). Penyesuaian Akademik Tahun Pertama Ditinjau Dari Efikasi Diri Mahasiswa. KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,” 1(1). https://doi.org/10.21043/konseling.v1i1.3860

Habrat, A. (2013). The Effect of Affect on Learning: Self-Esteem and Self-Concept. Second Language Learning and Teaching, 239–253. https://doi.org/10.1007/978-3-642-35305-5_14

Hartina, & Mudjiran. (2015). Pengaruh Self-Eficacy Terhadap Penyesuaian Akademik pada Mahasiswa Tingkat Pertama Jurusan Psikologi. Jurnal Riset Psikologi, 000(1), 1–10.

Herdiansyah, R., Rahmi, F., & Sari, L. (2021). Gambaran College Adjustment Pada Mahasiswa Angkatan 2020. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(3), 164–170. https://doi.org/10.47709/educendikia.v1i3.1229

Leonard, V., & Rice, T. S. (2020). Interpersonal Communication. California: College of the Canyons.

Marimbuni, M., Syahniar, S., & Ahmad, R. (2017). Kontribusi Konsep Diri Dan Kematangan Emosi Terhadap Penyesuaian Diri Siswa Dan Implikasinya Dalam Bimbingan Dan Konseling. Insight Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 165–175. https://doi.org/10.21009/insight.062.05

Nisa, K., Tiatri, S., & Mularsih, H. (2018). Peran Dukungan Teman Sebaya Dan Regulasi Diri Belajar Terhadap Penyesuaian Akademis Mahasiswa Perguruan Tinggi Kedinasan Berasrama Xyz. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 2(1), 318. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v2i1.1641

Novadelian, A., & Rozali, Y. A. (2017). Perbedaan Penyesuaian Akademik Ditinjau dari Kategorisasi Adversity Intelligence pada Santri MTS Pondok Pesantren Daar el-Qolam 1 Jayanti, Tangerang. UEU Jurnal.

Nutaella, C. (2020). PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA INDIVIDUAL DENGAN SELF ESTEEM DAN SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris Pada Dealer Yamaha Sumber Baru Motor Magelang). Magelang.

Olagoke, A. A., & Wasiu, O. A. (2016). Self-Concept and Academic Adjustment of University Undergraduates in Ondo State, Nigeria. The African Symposium: An Online Journal of the African Educational Research Network, 15(3), 68–75.

Pasha, H. S., & Munaf, S. (2013). Relationship of Self-esteem and Adjustment in Traditional University Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 84(1988), 999–1004. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.06.688

Peiffer, H., Ellwart, T., & Preckel, F. (2020). Ability self-concept and self-efficacy in higher education : An empirical differentiation based on their factorial structure. PLoS ONE, 15(7), 1–24. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0234604

Permatasari, R. A., & Savira, S. I. (2018). Hubungan Antara Self-Esteem Dengan Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Psikologi Angkatan 2017 Universitas Negeri Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 5(2).

Rahayu, M. N. M., & Arianti, R. (2020). Penyesuaian Mahasiswa Tahun Pertama Di Perguruan Tinggi: Studi Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UKSW. Journal of Psychological Science and Profession, 4(2), 73. https://doi.org/10.24198/jpsp.v4i2.26681

Rahmadani, A., & Rahmawati, Y. M. (2020). College Adjustment Terhadap Mahasiswa Tingkat Pertama. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 8(3), 158–166.

Rahman, R. (2012). Hubungan Antara Self-Concept Terhadap Matematika Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa. Infinity Journal, 1(1), 19. https://doi.org/10.22460/infinity.v1i1.4

Rozali, Y. A. (2015). Hubungan Efikasi Diri Akademik Dan Dukungan Sosial. Jurnal Psikologi, 13(1), 65–70.

Sakinah, U. (2017). Identifikasi Faktor-faktor Penyesuaian Akademik Pada Mahasiswa Tahun Pertama Pendidikan Tata Boga Universitas Negeri Medan. Medan.

Setiawati, E. (2015). Model-model Proses Penyesuaian Diri di Bidang Akademik Mahasiswa BKI Semester II Angkatan 2014 IAIN Mataram. Al-Tazkiah, 7(1), 15–23.

Srisayekti, W., Setiady, D. A., & Sanitioso, R. B. (2015). Harga-diri (Self-esteem) Terancam dan Perilaku Menghindar. Jurnal Psikologi, 42(2), 141. https://doi.org/10.22146/jpsi.7169

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Rosyana Amelia Sabela, Rizma Fithri, & Wahyuni, E. (2022). Academic Adjustment Mahasiswa Baru Ditinjau dari Self Esteem, Self Efficacy, dan Self Concept . Jurnal Penelitian Psikologi, 13(2), 96–104. https://doi.org/10.29080/jpp.v13i2.738