Kesiapan Kerja Siswa SMK: Peran Kecerdasan Emosi, Future Time Perspective, dan Sikap terhadap Konseling Karier

Authors

  • Miftahuddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Muhmmad Fikri Robani Fakultas Psikologi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.29080/jpp.v14i2.1029

Abstract

Kesiapan kerja dinilai sangat penting bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) khususnya yang memiliki orientasi untuk bekerja setelah lulus dari sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosi, future time perspective, dan sikap pada konseling karier terhadap kesiapan kerja siswa SMK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel berjumlah 400 orang dengan menggunakan accidental sampling. Instrumen penelitian terdiri dari Work readiness Inventory, Emotional Quotient Index, Indonesian version of Future Time Perspective scale dan Attitudes Toward Career Counseling Scale. Analisis data menggunakan metode analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosi, future time perspective dan sikap pada konseling karier memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesiapan kerja siswa SMK. Kesiapan kerja yang tinggi pada siswa SMK dipengaruhi oleh tingginya kecerdasan emosi, future time perspective, dan dan sikap pada konseling karir.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, R., & Dwanoko, Y. S. (2021). Analisis Future Time Perspective (FTP) dan Kematangan Karier Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Sistem Informasi Menghadapi Dunia Kerja Bidang Informatika. Smatika Jurnal, 11(1), 43–47. http://dx.doi.org/10.32664/smatika.v11i01.571.

Badan Pusat Statistika Indonesia (2022). Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Februari 2022. Berita Resmi Statistik. No.36/05/Th. XXV, 09 Mei 2022. Diunduh dari https://www.bps.go.id pada tanggal 25 Oktober 2022.

Brady, R. P. (2010). Work Readiness Inventory Administrator’s Guide. JIST

Budiman, C., Gunawan, G., Hidayati, R. H. (2020). Layanan Bimbingan Karir Teori Donal E. Super Guna Meningkatkan Kematangan Karir Pada Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 10(2).

Caballero, C. L., Walker, A., & Fuller-Tyszkiewicz, M. (2011). The Work Readiness Scale (WRS): Developing a measure to assess work readiness in college graduates. Journal of Teaching and Learning for Graduate Employability, 2(1), 41–54. https://doi.org/10.21153/jtlge2011vol2no1art552

Cate, R. A., & John, O. P. (2007). Testing models of the structure and development of future time perspective: Maintaining a focus on opportunities in middle age. Journal Psychology and Aging, 22(1), 186–201. https://doi.org/10.1037/ 08827974.22.1. 186

Chikobvu, P., & Harunavamwe, M. (2022). The role of emotional intelligence and work engagement on nurses’ resilience in public hospitals. SA Journal of Human Resource Management, 20. https://doi.org/10.4102/sajhrm.v20i0.1690

Fitriani, N., Wahyuni, S., & Widianto, E. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kesiapan Kerja Peserta Pelatihan Di UPT BLK Wonojati Malang. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(2), 56. https://doi.org/10.19184/jlc.v5i2.30817

Goleman, D. (2020). Emotional intelligence (25th anniversary edition). Bantam Books.

Harahap, D. A. F., & Sagala, E. J. (2019). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap kesiapan kerja pada mahasiswa paramedic. AKUNTABEL 16 (1), 47-53.

Lau, P. L., Anctil, T., Ee, G. T., Jaafar, J. L. S., & Kin, T. G. (2020). Self‐Concept, Attitudes Toward Career Counseling, and Work Readiness of Malaysian Vocational Students. The Career Development Quarterly, 68(1), 18–31. https://doi.org/ 10.1002/ cdq. 12210

Masole, L., & van Dyk, G. (2016). Factors influencing work readiness of graduates: An exploratory study. Journal of Psychology in Africa, 26(1), 70–73. https://doi.org/10.1080/14330237.2015.1101284

Medellu, G. I. R., Gumelar, G., & Maulana, H. (2021). Validation of the Indonesian Version of the Future Time Perspective (FTP-I) Scale: Study on Student Sample. Proceedings of the 2nd Borobudur International Symposium on Humanities and Social Sciences. https://doi.org/10.4108/eai.18-11-2020.2311598

Rochlen, A. B., Mohr, J. J., & Hargrove, B. K. (1999.). Development of the Attitudes Toward Career Counseling Scale. Journal of Counseling Psychology, 46(2).

Tentama, F., Merdiaty, N., & Subardjo, S. (2019). Self-efficacy and work readiness among vocational high school students. Journal of Education and Learning (EduLearn), 13(2), 277–281. https://doi.org/10.11591/edulearn.v13i2.12677

Wijaya, M. O., & Utami, E. D. (2021). Determinan Pengangguran Lulusan SMK di Indonesia Tahun 2020. Seminar Nasional Official Statistics, 2021(1), 801–810. https://doi.org/10.34123/semnasoffstat.v2021i1.1048

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20230505130917-92-945695/ pengangguran - di-ri-terbanyak-lulusan-smk

Downloads

Published

2023-11-02

How to Cite

Miftahuddin, & Muhmmad Fikri Robani. (2023). Kesiapan Kerja Siswa SMK: Peran Kecerdasan Emosi, Future Time Perspective, dan Sikap terhadap Konseling Karier. Jurnal Penelitian Psikologi, 14(2), 83–90. https://doi.org/10.29080/jpp.v14i2.1029