Kesiapan Kerja Siswa SMK: Peran Kecerdasan Emosi, Future Time Perspective, dan Sikap terhadap Konseling Karier
DOI:
https://doi.org/10.29080/jpp.v14i2.1029Abstract
Kesiapan kerja dinilai sangat penting bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) khususnya yang memiliki orientasi untuk bekerja setelah lulus dari sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosi, future time perspective, dan sikap pada konseling karier terhadap kesiapan kerja siswa SMK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel berjumlah 400 orang dengan menggunakan accidental sampling. Instrumen penelitian terdiri dari Work readiness Inventory, Emotional Quotient Index, Indonesian version of Future Time Perspective scale dan Attitudes Toward Career Counseling Scale. Analisis data menggunakan metode analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosi, future time perspective dan sikap pada konseling karier memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesiapan kerja siswa SMK. Kesiapan kerja yang tinggi pada siswa SMK dipengaruhi oleh tingginya kecerdasan emosi, future time perspective, dan dan sikap pada konseling karir.
Downloads
References
Agustina, R., & Dwanoko, Y. S. (2021). Analisis Future Time Perspective (FTP) dan Kematangan Karier Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Sistem Informasi Menghadapi Dunia Kerja Bidang Informatika. Smatika Jurnal, 11(1), 43–47. http://dx.doi.org/10.32664/smatika.v11i01.571.
Badan Pusat Statistika Indonesia (2022). Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Februari 2022. Berita Resmi Statistik. No.36/05/Th. XXV, 09 Mei 2022. Diunduh dari https://www.bps.go.id pada tanggal 25 Oktober 2022.
Brady, R. P. (2010). Work Readiness Inventory Administrator’s Guide. JIST
Budiman, C., Gunawan, G., Hidayati, R. H. (2020). Layanan Bimbingan Karir Teori Donal E. Super Guna Meningkatkan Kematangan Karir Pada Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 10(2).
Caballero, C. L., Walker, A., & Fuller-Tyszkiewicz, M. (2011). The Work Readiness Scale (WRS): Developing a measure to assess work readiness in college graduates. Journal of Teaching and Learning for Graduate Employability, 2(1), 41–54. https://doi.org/10.21153/jtlge2011vol2no1art552
Cate, R. A., & John, O. P. (2007). Testing models of the structure and development of future time perspective: Maintaining a focus on opportunities in middle age. Journal Psychology and Aging, 22(1), 186–201. https://doi.org/10.1037/ 08827974.22.1. 186
Chikobvu, P., & Harunavamwe, M. (2022). The role of emotional intelligence and work engagement on nurses’ resilience in public hospitals. SA Journal of Human Resource Management, 20. https://doi.org/10.4102/sajhrm.v20i0.1690
Fitriani, N., Wahyuni, S., & Widianto, E. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kesiapan Kerja Peserta Pelatihan Di UPT BLK Wonojati Malang. Learning Community : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(2), 56. https://doi.org/10.19184/jlc.v5i2.30817
Goleman, D. (2020). Emotional intelligence (25th anniversary edition). Bantam Books.
Harahap, D. A. F., & Sagala, E. J. (2019). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap kesiapan kerja pada mahasiswa paramedic. AKUNTABEL 16 (1), 47-53.
Lau, P. L., Anctil, T., Ee, G. T., Jaafar, J. L. S., & Kin, T. G. (2020). Self‐Concept, Attitudes Toward Career Counseling, and Work Readiness of Malaysian Vocational Students. The Career Development Quarterly, 68(1), 18–31. https://doi.org/ 10.1002/ cdq. 12210
Masole, L., & van Dyk, G. (2016). Factors influencing work readiness of graduates: An exploratory study. Journal of Psychology in Africa, 26(1), 70–73. https://doi.org/10.1080/14330237.2015.1101284
Medellu, G. I. R., Gumelar, G., & Maulana, H. (2021). Validation of the Indonesian Version of the Future Time Perspective (FTP-I) Scale: Study on Student Sample. Proceedings of the 2nd Borobudur International Symposium on Humanities and Social Sciences. https://doi.org/10.4108/eai.18-11-2020.2311598
Rochlen, A. B., Mohr, J. J., & Hargrove, B. K. (1999.). Development of the Attitudes Toward Career Counseling Scale. Journal of Counseling Psychology, 46(2).
Tentama, F., Merdiaty, N., & Subardjo, S. (2019). Self-efficacy and work readiness among vocational high school students. Journal of Education and Learning (EduLearn), 13(2), 277–281. https://doi.org/10.11591/edulearn.v13i2.12677
Wijaya, M. O., & Utami, E. D. (2021). Determinan Pengangguran Lulusan SMK di Indonesia Tahun 2020. Seminar Nasional Official Statistics, 2021(1), 801–810. https://doi.org/10.34123/semnasoffstat.v2021i1.1048
https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20230505130917-92-945695/ pengangguran - di-ri-terbanyak-lulusan-smk
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Miftahuddin, Muhmmad Fikri Robani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.