Self-control - Impulsive Buying: Emotional Maturity sebagai Mediator

Authors

  • Fani Rachmatillah Fauzi UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Soffy Balgies UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.29080/jpp.v14i2.1020

Keywords:

kematangan emosi, kontrol diri, pembelian impulsif

Abstract

Para remaja penggemar k-pop membeli dan menggunakan barang k-pop untuk menunjukkan jati diri mereka sebagai penggemar. Hal ini menimbulkan perilaku impulsive buying. Impulsive buying merupakan perilaku membeli barang tanpa perencanaan dan dipengaruhi oleh dorongan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-control terhadap perilaku impulsive buying pada penggemar k-pop dengan emotional maurity sebagai variabel intervening. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis jalur. Subjek dalam penelitian ini adalah penggemar k-pop di Surabaya sebanyak 155 subjek. Instrumen yang digunakan antara lain skala self-control, skala emotional maturity, dan skala impulsive buying. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh self-control terhadap perilaku impulsive buying pada penggemar k-pop dengan emotional maurity sebagai variabel intervening

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, A. R., & Hartati, S. (2017). Pembelian Impulsif pada Remaja Akhir Ditinjau dari Kontrol Diri. Gadjah Mada Journal of Psychology, 3(3), 123–130.

Almaida, R., Gumelar, S. A., & Laksmiwati, A. A. (2021). Dinamika psikologis fangirl k-pop. Cognicia, 9(1), 17–24. https://doi.org/10.22219/cognicia.v9i1.15059

Alwisol. (2006). Psikologi Kepribadian. UMM Press.

Andaryani, D., & Tairas. (2013). Perbedaan Tingkat Self-control pada Remaja Laki-Laki dan Remaja Perempuan yang Kecanduan Internet. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 2(3), 206–214.

Anjani, P. S., & Astiti, D. P. (2020). Hubungan Kontrol Diri Dan Konformitas Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja Penggemar Animasi Jepang (Anime) Di Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 1, 144–155.

Avery, J., Kozinets, R. V., Mittal, B., Raghubir, P., & Woodside, A. G. (2021). Consumer Behavior Consumer Psychology: How Humans Think, Feel, and Act in the Marketplace (5th Edition). Open Mentis.

CNN. (2022). Indonesia Jadi Negara dengan K-Poper Terbesar di Twitter. In CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20220126202028-227-751687/indonesia-jadi-negara-dengan-k-poper-terbesar-di-twitter

Diba, D. S. (2014). Peranan Kontrol Diri terhadap Pembelian Impulsif pada Remaja Berdasarkan Perbedaan Jenis Kelamin di Samarinda. EJournal Psikologi, 1(3), 313–323.

Elnina, D. R. (2022). PSIKODINAMIKA: JURNAL LITERASI PSIKOLOGI Kemampuan self-control mahasiswa ditinjau dari perilaku impulsive buying terhadap produk fashion. Psikodinamika: Jurnal Literasi Psikologi, 2(1), 001–019.

Fitri, N. F., & Adelya, B. (2017). Kematangan Emosi Remaja Dalam Pengentasan Masalah. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 2(2), 30–39.

Gandadari, N. (2015). Pengaruh Asertivitas dan Kematangan Emosi Terhadap Perilaku Kenakalan Remaja pada Siswa SMSR Yogyakarta. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(4), 1–12.

Guindon, M. H. (2010). Self-Esteem Across The Lifespan. Routledge.

Hidayat, W. (2015). Hubungan Antara Kematangan Emosi dengan Penerimaan Sosial Siswa Kelas VII SMP Piri Ngaglik. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(4), 1–12.

Jannah, M. (2014). Gambaran Identitas Diri Remaja Akhir Wanita yang Memiliki Fanatisme K-Pop di Samarinda. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(1), 34–40. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v2i1.3571

Madjid, A. N. F., Aswar, & Tajuddin, A. (2021). Efek Kemampuan Kontrol Diri dalam Menekan Perilaku. Jurnal Psikologi, 6(1), 1–12.

Mahfud, S. M. (2020). Hubungan Antara Kematangan Emosi dengan Kecenderungan Perilaku Agresi di Media Sosial pada Siswa SMK “X” Sidoarjo. Jurnal Penelitian Psikologi, 7(1), 1–8.

Marsela, R. D., & Supriatna, M. (2019). Kontrol Diri: Definisi dan Faktor. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research, 3(2), 65–69.

Muanawah, L. B., & Pratikto, H. (2012). Kematangan Emosi, Konsep Diri dan Kenakalan Remaja. Jurnal Psikologi, 7(1), 490–500.

Nashori, F. (1999). Hubungan Antara Religiusitas dan Kemandirian pada Siswa Sekolah Menengah Umum. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 4, 31–38.

Pangemanan, J. I. H. (2022). Indonesia, Negara dengan Jumlah Fans K-Pop Terbanyak di Dunia. In Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/hiburan/523731/indonesia-negara-dengan-jumlah-fans-k-pop-terbanyak-di-dunia

Pradina, T. (2017). Hubungan Antara Pengendalian Diri (Self-control) dengan Kematangan Emosi Siswa Kelas XI di SMK Pelayaran Hang Tuah Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Simki-Pedagogia, 1(1), 2–8.

Pratiwi, L. E. (2013). Hubungan Kematangan Emosi dengan Impulsive Buying pada Remaja [PhD Thesis]. Universitas Negeri Yogyakarta.

Purnamasari, D. M. (2019). Makin Populer, Tahun 2018 Ada 89 Juta Penggemar Korea di Seluruh Dunia. In Jawa Pos. https://www.jawapos.com/entertainment/infotainment/13/01/2019/makin-populer-tahun-2018-ada-89-juta-penggemar-korea-di-seluruh-dunia/

Puspatiningsih, M. (2017). Hubungan Kematangan Emosi dengan Impulsive Buying pada Cosplayer [PhD Thesis]. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Santrock, J. W. (2012). Life-Span Development Perkembangan Masa Hidup (Edisi Keti). Erlangga.

Sarah, P. (2017). Hubungan antara Kematangan Emosi terhadap Impulsive Buying pada Wanita Bekerja [PhD Thesis]. Universitas Muhammadiyah Malang.

Sharma, A., Kumar, S., Singh, S., & Kumar, N. (2019). Association Between Self-Control and Emotional Maturity Among Adolescents. IAHRW International Journal of Social Sciences Review, 7(4), 758–760.

Siregar, N.F., & Rini, Q.K. (2019). Regulasi Diri dan Impulsive Buying terhadap Produk Fashion pada Remaja Perempuan yang Berbelanja Online. Jurnal Psikologi, Volume 12 No. 2.

Verplanken, B., & Herabadi, A. (2001). Individual differences in impulse buying tendency: Feeling and no thinking. European Journal of Personality, 15(1 SUPPL.), 71–83. https://doi.org/10.1002/per.423

Yuliani, W. (2021). Hubungan Antara Konformitas Dengan Impulsive Buying Pada Remaja Pembeli Merchandise K-Pop NCT ( Neo Culture Technology ) The Relationship between Conformity and Impulsive Buying among Adolescent Consumers of NCT ( Neo Culture Technology ) Merchandise. 04(02), 102–109. https://doi.org/10.29080/ipr.v4i2.667

Downloads

Published

2023-11-02

How to Cite

Fauzi, F. R., & Soffy Balgies. (2023). Self-control - Impulsive Buying: Emotional Maturity sebagai Mediator. Jurnal Penelitian Psikologi, 14(2), 50–58. https://doi.org/10.29080/jpp.v14i2.1020