Kepuasan, Kepercayaan, dan Brand Switching Konsumen Produk Kosmetik Berlabel Halal

  • Abdul Muhid
  • Tamamah Tamamah
Keywords: Brand switching, Kepuasan konsumen, Kepercayaan konsumen, Kosmetik berlabel halal

Abstract

Brand switching merupakan perilaku melakukan perpindahan merek dari yang biasa digunakan ke merek lain karena alasan tertentu. Penelitian ini bertujuan menguji hubungan antara kepuasan dan kepercayaan konsumen terhadap perilaku brand switching produk kosmetik berlabel halal. Subyek penelitian adalah pegawai perempuan yang bekerja di kampus UIN Sunan Ampel Surabaya. Analisis daya yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kepuasan konsumen dengan Brand Switching produk kosmetik berlabel halal, dan tidak terdapat hubungan antara kepercayaan konsumen terhadap brand switching produk kosmetik berlabel halal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aaker, D. A. (1996). Building Strong Brands. New York: : Penerbit Division of Simon & Schuster Inc.

Assael, H. (1984). Consumer Behaviour and Marketing Action (8th ed.). Massachusetts: Kent PublishingCompany.

Assael, H. (1998). Consumer Behavior and Marketing Action. New York: International Thomson Publising.

Bahtiyar, A. (2013). Analisis Pengaruh Iklan Pesaing, Ketidakpuasan Pelanggan, dan Kebutuhan Mencari Variasi terhadap Perpindahan Merek Pasta Gigi Formula di Wilayah Perkotaan Kabupaten Jember. Jurnal Universitas Jember.

Chan, A. (2010). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap ProsesKeputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Administrasi Niaga Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UniversitasPadjadjaran.

Chatrin, K., Sherly. (2006). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Brand Switching Terhadap Bread Boutiques di Supermall Pakuwon Indah (SPI) Surabaya. Jurnal Universitas Kristen Petra. Surabaya.

Dick, A. S., & Basu. (1994). Customer Loyalty: Toward an IntegratedConceptual Framework. Journal of the Academy of Marketing Science, 22(2), 99–113.

Ganesh, J., Arnold, M. J., & Reynolds, K. E. (2006). Understanding theCustomer Base of Service Providers: An Examination of theDifferences between Stayers and Switchers. Journal of Marketing, 64(3), 65–87.

Giese, J. L., & Cote, J. A. (2002). Defining Consumer Satisfaction. Academy of Marketing Science Review, 2000(1). Diambil dari http://www.amsreview.org/articles/giese01-2000.pdf

Gunawan, F. (2010). Pengaruh Persepsi Merek dan Kepercayaan Konsumen atas Produk terhadap Brand Switching atas Produk Smartphone (Blackberry) pada Mahasiswa UNP. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Hidayat, A. S., & Siradj, M. (2015). Sertifikasi Halal dan Sertifikasi Non Halal Pada Produk Pangan Industri. Jurnal Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (DPN APSI), XV(2).

Hidayat, E. (2018). The Business Actors’ Response to The Liability of Determining Halal Certification for Ayam Penyet Surabaya and Super Geprek Sleman Yogyakarta. Jurnal Universitas Islam Indonesia.

Hutami, R. A. (2018). Pengaruh Pola Belanja, Harga, dan Kualitas Pelayanan terhadap Impulse Buying di Toko Jolie Wirobrajan [Skripsi]. Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Karina, K. (2018). Effect and Impact of Brand, Trust, and Halal Productsntowards Switching Barrier on the Loyality of Tabita Cosmetik Users (Case Study: Students of Faculty of Economucs and Business, UNPAB). Saudi Journal of Humanities and Social Sciences (SJHSS). Scholars Middle East Publishers.

Khairani, N. (2011). Analisis Pengaruh Citra Merek, Ketidakpuasan Konsumen, Iklan, Word Of Mouth, dan Karakteristik Kategori Produk terhadap Keputusan Perpindahan Merek pada Sabun Pembersih Wajah [Skripsi]. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.

Kotler, P. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks.

Kotler, P., & Amstrong. (2003). Dasar-dasar Pemasaran, Jilid 1 (Sembilan). Jakarta: PT. Indeks Gramedia.

Kotler, Philip, & Keller, K. L. (2010). Marketing 14. Prentice Hall. Pearson.

Kotler, Philip, & Amstrong, G. (2017). Prinsip-Prinsip Pemasaran (13 ed., Vol. 1). Jakarta: Erlangga.

Lamb, C. W., Hair, J. F., & McDaniel, C. (2001). Marketing (1 ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Lau, G. T., & Lee, S. H. (1999). Consumers’ Trust in a Brand and the Link to Brand Loyalty. Journal of Market Focused Management, 4, 341–370.

Muhid, A. (2019). Analisis Statistik: 5 Langkah Praktis Analisis Statistik dengan SPSS for Windows (2 ed.). Sidoarjo: Zilfatama Jawara.

Mutaalimah, S. (2018). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Religiusitas terhadap Perilaku Pembelian Produk Kecantikan Sariayu Berlabel Halal. Jurnal Universitas Islam Indonesia.

Ningsih, A. (2012). Pengaruh Kepuasan Konsumen, Brand Awareness dan Sikap Konsumen terhadap Brand Switching Produk Pembersih Wajah Biore menuju Pembersih Wajah Merek Pond’s. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi Sekolah TinggiKeguruan dan Ilmu Pendiddikan (STKIP PGRI) Sumatera Barat Padang.

Rasyada, & Seotrizola. (2015). Pengaruh Iklan dan Perilaku Mencari Variasi terhadap Brand Switching Kartu Seluler pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Jurnal Praktik Bisnis, 4(1).

Raza. (2015). Factors Affecting Brand Switching in Telecommunication Sector. Journal of Research in Business and Management, 3(1), 11–15.

Setiadi, N. (2003). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Bogor: Kencana.

Setiawan, E. A. (2013). Analisis Atribut Produk, Ketidakpuasan Konsumen dan Kepercayaan terhadap Keputusan Perpindahan Melalui Respon Emosi sebagai Variabel Intervening. Jurnal STIE Widya Manggala Semarang.

Shukla. (2004). Princip lesof Soil Physics. New York: Marcel Dekker, Inc.

Siska. (2010). Pengaruh Atribut Produk, Kepuasan dan Variety Seeking terhadap Brand Switching Konsumen Rinso ke Merek lain di Kota Padang. Jurnal Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Tauriana, & Christine. (2011). Analisis Hubungan Service Recovery terhadap Complaining Behavior dan Dampaknya terhadap Brand Switching. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Bina Nusantara University. Binus Business Review, 2(1), 115–123.

Teguh. (2013). Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen dan Karakteristik Kategori Produk terhadap Keputusan Perpindahan Merek dengna Kebutuhan Mencari Variasi sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Buletin Studi Ekonomi, 18(2).

Tjiptono, F. (1997). Strategi Pemasaran (1 ed.). Yogyakarta: Andi.

Tripeni, P. (2018, Maret 30). Mengenal ketentuan kosmetik berlabel halal dari LPPOM MUI. Diambil 5 Oktober 2018, dari http://m.cnnindonesia.com/gaya-hidup /2018329232035-277-287005/mengenal-ketentuan-kosmetik-berlabel-halal- dari-lppom-mui.

Widyasari, S. (2008). Analisis Perilaku Brand Switching Konsumen dalam Pembelian Produk Sepeda Motor (Studi Pada Konsumen Sepeda Motor di Kotamadya Salatiga). Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), 15(2), 107–127.

Wilkie, W. L. (1994). Consumer Behavior (3 ed.). New York: Jhon Wiley & Sons Inc.

Yoestini. (2012). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Published
2019-10-29
How to Cite
Muhid, A., & Tamamah, T. (2019). Kepuasan, Kepercayaan, dan Brand Switching Konsumen Produk Kosmetik Berlabel Halal. Jurnal Penelitian Psikologi, 10(2), 36-43. https://doi.org/10.29080/jpp.v10i2.225