Religiusitas, Self-Disclosure dengan Penyesuaian Diri Santri Baru

Authors

  • Faizah Oktaviani UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Moh. Sholeh UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Romyun Alvy Khoiriyah UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.29080/jpp.v14i1.911

Keywords:

Religiusitas, Keterbukaan Diri, Penyesuaian Diri

Abstract

Santri baru membutuhkan kemampuan penyesuaian diri ketika bergabung dengan pondok pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara religiusitas dan keterbukaan diri dengan penyesuaian diri pada santri baru. Penelitian kuantitatif korelasional ini melibatkan 127 santri baru putri kelas VII SMP. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara religiusitas dan keterbukaan diri dengan penyesuaian diri. Religiusitas dan keterbukaan diri merupakan dua variabel yang membentuk penyesuaian diri. Tingkat religiusitas yang baik serta keterbukaan diri yang dimiliki santri mampu memberikan kontribusi terhadap kemampuan santri dalam menyesuaikan diri selama masa-masa awal di pondok pesantren

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfarabi, A., Saraswati, P., & Dayakisni, T. (2017). Religiusitas dengan flow akademik pada siswa. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 3(2), 145–154.

Devi, Y. R., & Fourianalistyawati, E. (2018). Hubungan antara Self Esteem dengan Penyesuaian Diri sebagai Peran Ibu Rumah Tangga pada Ibu Berhenti Bekerja di Jakarta. Psibernetika, 11(1).

Gunawan, I. M. S. (2020). Tingkat Penyesuaian Diri Siswa SMA Negeri di Kota Mataram. Realita: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1).

Hanin, C. S. (2023). Hubungan Kesejahteraan Psikologis Dengan Penyesuaian Diri Santri Baru Di Pondok Pesantren Darussa’adah Teupin Raya Kabupaten Pidie. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

HARYATI, R. (2020). Hubungan Strategy Coping dengan Pengungkapan Diri dalam Jejaring Sosial Online Facebook pada Siswa MTsN 2 Kampar Padang Mutung. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Khoyroh, I. (2016). Hubungan antara keterbukaan diri dengan penyesuaian diri mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang yang menjalani Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) tematik posdaya berbasis masjid tahun 2016. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Madhepura, M. B. N. M. U., Adaptation, M., Inventory, A., Mean, T., & Inventory, T. M. A. (2020). A Study of Self Disclosure On. 8(11), 260–265.

Murray-Swank, A. B., Lucksted, A., Medoff, D. R., Yang, Y. E., Wohlheiter, K., & Dixon, L. B. (2006). Religiosity, psychosocial adjustment, and subjective burden of persons who care for those with mental illness. Psychiatric Services, 57(3), 361–365.

Nabila, N., & Laksmiwati, H. (2019). Hubungan antara regulasi diri dengan penyesuaian diri pada santri remaja Pondok Pesantren Darut Taqwa Ponorogo. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 6(3).

Nadlyfah, A. K., & Kustanti, E. R. (2020). Hubungan antara pengungkapan diri dengan penyesuaian diri pada mahasiswa rantau di semarang. Jurnal Empati, 7(1), 136–144.

Nisa, W. I. (2022). Self-Confidence dan Self-Disclosure pada Murid Baru di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Psikohumanika, 14(1), 1–9.

Pasiak, T. (2012). Tuhan dalam Otak Manusia: Mewujudkan kesehatan spiritual berdasarkan neurosains. Bandung: Mizan.

Pinakesti, A. R. A. (2016). Self-disclosure dan stres pada mahasiswa. University of Muhammadiyah Malang.

Poerwanto, A., & Murdiyani, H. (2021). Hubungan antara Konsep Diri, Regulasi Diri dan Tingkat Religiusitas dengan Penyesuaian Diri pada Santri Pondok Pesantren Al-Berr Pasuruan. Indonesian Psychological Research, 3(2), 101–108.

Rahmadani, F., Karyani, U., & Psi, S. (2021). Hubungan Antara Gegar Budaya dan Keterbukaan Diri dengan Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Rantau. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sagiyanto, A., & Ardiyanti, N. (2018). Self Disclosure Melalui Media Sosial Instagram (Studi Kasus Pada Anggota Galeri Quote). Nyimak: Journal of Communication, 2(1), 81–94.

Saleh, M. D. (2005). Jalan ke pesantren. Dunia Pustaka Jaya.

Saputro, Y. A., & Sugiarti, R. (2021). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Konsep Diri terhadap Penyesuaian Diri pada Siswa SMA Kelas X. Philanthropy: Journal of Psychology, 5(1), 59–72.

Schneiders, A. A. (1955). Personal adjustment and mental health.

Siswanto, S. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif Korelasional. Klaten: Bossscript.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Sungadi, S. (2020). Pengaruh Religiusitas terhadap Kematangan Karier Pustakawan Kajian Empiris pada Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam di Daerah Istimewa Yogyakarta. UNILIB: Jurnal Perpustakaan, 11(1), 15–34.

Yuliara, I. M. (2016). Modul Regresi Linier Berganda. Regresi Linier Berganda, 18.

Zirizkana, Z., & Aviani, Y. I. (2019). Kontribusi Regulasi Diri Terhadap Penyesuaian Diri Remaja Putri Ponpes Sumatera Thawalib Parabek. Jurnal Riset Psikologi, 2019(3).

Downloads

Published

2023-06-07

How to Cite

Faizah Oktaviani, Moh. Sholeh, & Romyun Alvy Khoiriyah. (2023). Religiusitas, Self-Disclosure dengan Penyesuaian Diri Santri Baru. Jurnal Penelitian Psikologi, 14(1), 21–26. https://doi.org/10.29080/jpp.v14i1.911