Prokrastinasi Akademik Saat Perkuliahan Daring Ditinjau dari Self–Regulated Learning
DOI:
https://doi.org/10.29080/jpp.v14i1.843Keywords:
Self–regulated learning, Prokrastinasi akademik, Perkuliahan dalam Jaringan, MahasiswaAbstract
Mahasiswa perlu miliki cara belajar yang baik dengan proses akademik untuk mengimbangi prokrastinasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan self-regulated learning dan prokrastinasi akademik selama kuliah daring. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Subjek penelitian terdiri dari 150 mahasiswa dengan menggunakan simple random sampling. Instrument penelitian yang digunakan adalah skala self-regulated learning dan skala prokrastinasi akademik yang selanjutnya data dianalisa dengan uji korelasi Spearman Rho. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan negatif dan signifikan antara self-regulated learning dengan prokratinasi akademik saat perkuliahan dalam jaringan (daring). Prokrastinasi yang tinggi mayoritas disebabkan oleh rendahnya self-regulated learning para mahasiswa
Downloads
References
Abdul Saman. (2017). Analisis Prokrastinasi Akademik Mahasiswa ( Studi Pada Mahasiswa Jurusan Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan ). Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 3(2), 55–62.
Alfina, I. (2014). Hubungan Self-Regulated Learning Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Akselerasi (SMA Negeri 1 Samarinda). 2(2), 227–237.
Bandura, A., & Boeree, C. G. (2006). Albert bandura [ 1925 –. In Biography An Interdisciplinary Quarterly.
Fasikhah, S. dkk. (2013). Self-Regulated Learning (Srl) Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 01(01), 145–155.
Ferrari, Joseph R., Johnson, Judith L., McCown, W. G. (1995). Procrastination and Task Avoidance. Plenum Pers.
Ghufron, M. N. (2014). Prokrastinasi akademik mahasiswa ditinjau dari regulasi diri dalam Belajar. Journal of Empirical Research in Islamic Educational, 2(1), 136–149.
KBBI daring. (2021). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).
Lestari, H. N., Lilik, S., & Priyatama, A. N. (2013). Hubungan antara Self-Regulated Learning dengan Prokrastinasi Penyusunan Skripsi pada Mahasiswa Fakultas Sastra dan Seni Rupa UNS The Relationship between Self-Regulated Learning and Procrastination in Writing Minithesis among FSSR UNS Students.
Putri, B. D. (2020). Pengaruh Self-Criticism Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember. Universitas Muhammadiyah Jember, 9–25.
Saraswati, P. (2017). Strategi Self Regulated Learning Dan Prokrastinasi Akademik Terhadap Prestasi Akademik. Jurnal Psikologi Ilmiah , 9(3), 210–223. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/INTUISI
Sayekti, F. P. (2021). Harmoni Agama dan Sains: Antologi Esai Spirit Bangkit Pasca Pandemi (M. S. Lukman Hakim (ed.); 1 ed.). CV. Literasi Nusantara Abadi.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R& D (Sutopo (ed.); 2 ed.). Alfabeta.
Surijah, E. A., & Tjundjing, S. (2007). Mahasiswa Versus Tugas: Prokrastinasi Akademik dan Conscientiousness. Indonesian Psychological Journal, 22(4), 352–374.
Triyono, & Khairi, A. M. (2018). Prokrastinasi Akademik Siswa SMA (Dampak Psikologis Dan Solusi Pemecahannya Dalam Perspektif Psikologi Pendidikan islam). Al Qalam, 19(2), 58–74.
Ummu Syafa’ah, Mega Pandu Arfiyanti, Y. T. (2022). Hubungan Antara Self Regulated Learning Dengan Prokrastinasi Penyusunan Skripsi Mahasiswa Fk Unimus. Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan, 9(3), 953–960.
Ursia, N. R., Siaputra, I. B., & Sutanto, N. (2013). Academic Procrastination and Self-Control in Thesis Writing Students of Faculty of Psychology, Universitas Surabaya. Makara Human Behavior Studies in Asia, 17(1), 1. https://doi.org/10.7454/mssh.v17i1.1798
Vitalonary, H. (2022). Hubungan burnout akademik dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa kuliah online (Nomor 30701501663). UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.
Zimmerman, B. J., & Martinez-Pons, M. (1988). Construct Validation of a Strategy Model of Student Self-Regulated Learning. Journal of Educational Psychology, 80(3), 284–290. https://doi.org/10.1037/0022-0663.80.3.284
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fidia Astuti, Rezki Suci Qomariah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.