Shopping Lifestyle Dan Customer Value Terhadap Impulsive Buying Produk Hijab Syar’i Anggota Pengajian Muslimah Azzahra
DOI:
https://doi.org/10.29080/ipr.v4i2.582Keywords:
Shopping lifestyle, impulsive buying, customer valueAbstract
Riset ini memiliki urgensi dalam mengungkap korelasi antara shopping lifestyle dan customer value dengan impulsive buying produk hijab syar’i pada anggota Pengajian Bunda Muslimah Azzahra. Riset ini menerapkan penelitian kuantitatif korelasional dengan mengimplementasikan kuesioner berskala linkert sebagai teknik pengumpul data. Skala pada shopping lifestyle di dapatkan nilai realibilitas 0,801, pada skala customer value 0,852 & pada skala impulsive buying 0,825. Data di himpun dengan metode accidental sampling dengan sample 100 orang dari 3000 total populasi . Analisi data yang dipakai ialah regresi berganda dan didapati nilai (p = 0.000 & r = 0.490) yang berarti ada hubungan shopping lifestyle dengan impulsive buying pada anggota pengajian dan (p=0.000 and r=0.343) yang berarti ada hubungan antara customer value dengan impulsive buying pada anggota pengajian, yang terakhir didapati nilai (p = 0.000 & F 15,597) yang berarti ada hubungan shopping lifestyle dan customer value dengan impulsive buying produk hijab syar’i pada Anggota Pengajian Bunda Muslimah Azzahra
Downloads
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Azwar, S. (2001). Metode Penelitian, Edisi I, cet. 3. Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2010). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2011). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.
Chusniasari, & Prijati. (2015). Pengaruh Shopping lifestyle, Fashion Involvement dan Hedonic Shopping Terhadap Impulse Buying Pelanggan.
Darma, L. A., & Japarianto, E. (2014). Analisa Pengaruh Hedonic Shopping Value terhadap Impulse Buying dengan Shopping lifestyle dan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening pada Mall Ciputra World Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 8(2), 80–89. https://doi.org/10.9744/pemasaran.8.2.80-89
Daud, I., & Fitrianto, M. E. (2015). Peran Celebrity Endorser Dalam Membentuk Perceive Value Dan Purchasing Intention. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 13(3), 359–376. https://doi.org/10.29259/jmbs.v13i3.3379
E.Beatty, S., & Ferrell, M. E. (1998). Impulse buying: Modeling its precursors. Journal of Retailing, 74(2). https://doi.org/10.1016/S0022-4359(99)80092-X
Edwin Japarianto, & Sugiono Sugiharto. (2011). Pengaruh Shopping Life Style Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behavior Masyarakat High Income Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 6(1), 32–41. https://doi.org/0.9744/pemasaran.6.1.32-41
Florentine, I. M. (2013). Hubungan antara Trait Kecerdasan Emosional dengan Kecenderungan Pembelian Impulsif pada Individu Dewasa Awal. Universitas Sanata Dharma.
Foroughi, A., Buang, N. A., Senik, Z. C., & Hajmisadeghi, R. S. (2013). Impulse Buying Behaviour and Moderating Role of Gender among Iranian Shoppers. Journal of Basic and Applied Scientific Research, 3(4), 760–769.
Gale, B. (1994). Managing Customer value. Prentice The Free Press.
Ginting, E. B., Purwanto, S. E., & Faradillah, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Gammath, 4(1).
Hendarwati, E. (2013). Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Melalui Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa SDN I Sribit Delanggu pada Pelajaran IPS. Pendagogia, 2(1), 59–70. https://doi.org/https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.47
Hurlock, E. B. (1996). Psikologi perkembangan. Alih bahasa: dr. Med. Metasari T. & Dra. Muslichah Z. Erlangga.
Inám, M. F., Suharyono, & Yulianto, E. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Pembelian Impulsif. Jurnal. Malang Universitas Brawijaya, 36(1), 92–100.
Indah, S., Simaremare, V., & Mujiasih, E. (2018). Hubungan Antara Customer Value Dengan Impulse Buying Produk Fashion Pada Mahasiswi Angkatan 2017 Psikologi Universitas Diponegoro. Empati, 7(4), 162–167.
Karbasivar, A., & Yarahmadi, H. (2011). Evaluating Effective Factors on Consumer Impulse Buying Behavior. Asian Journal of Business Management Studies, 2(4), 174–181.
Kasali, R. (1998). Membidik Pasar Indonesia: Segmenting, Targeting, Positionning. Gramedia Pustaka Utama.
Kosyu, D. A., Hidayat, K., & Abdillah, Y. (2014). Pengaruh Hedonic Shopping Motives Terhadap Shopping Lifestyle Dan Impulse Buying (Survei Pada Pelanggan Outlet Stradivarius Di Galaxy Mall Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 14(2), 84440.
Kurnia, N. (2012). Reiventing Islam in Popular Culture Sunni, The First Jilbab Girlband in Indonesia, Dalam Iswad Ishak, et. Al (ed). Rethingking Multiculturism: Media in Multicultural Society. Buku Literas.
Lapera, E. (2013). Pengaruh Iklan Produk, Gaya Hidup, Celebrity Endorse dan Pesan Iklan Terhadap Minat Beli Konsumen. Studi Kasus Pada Produk Pelembab Pond’s Versi Gita Gutawa. Skripsi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana.
Larasati, M. A., & Budiani, M. S. (2014). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Pembelian Impulsif Pakaian Pada Mahasiswi Psikologi Universitas Negeri Surabaya Yang Melakukan Pembelian Secara Online. Jurnal Penelitian Psikologi, 2(3), 1–8.
Levy, & Weitz. (2009). Retailing Management (8th ed.). McGraw-Hill International.
Mckee, M., Jackson, B. R., & Mckee, M. (2006). Audit Information Dissemination , Taxpayer Communication , and Compliance Behavior. SSRN Electronic Journal, May 2018. https://doi.org/10.2139/ssrn.897348
Nardiman. (2017). Pengaruh customer relationship management dan customer value terhadap kepuasan nasabah dan dampaknya pada loyalitas nasabah bank bri unit tiku cabang bukittinggi. Jurnal Ekobistek Fakultas Ekonomi, 6(2), 251–262.
Petrides, K. V, Furnham, & Adrian Mavroveli, S. (2013). Trait emotional intelligence: Moving forward in the field of EI. In G. Matthews, M. Zeidner, & R. Roberts, R. (Eds.). Emotional intelligence: Knowns and unknowns (Series in Affective Science). Oxford University Press.
Prastia, F. E. (2013). Pengaruh Shopping lifestyle, Fashion Involvement dan Hedonic Shopping value Terhadap Impulse Buying Behavior Pelanggan Toko Elizabeth Surabaya.
Setiadi, N. J. (2015). Perilaku Konsumen. Kencana.
Sihotang. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Pradnya Paramita.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Tinarbuko. (2006). Pola Hidup Konsumtif Masyarakat Yogya. Erlangga.
Tirmizi, M. A., Kashif-Ur-Rehman, & Saif, M. I. (2009). An empirical study of consumer impulse buying behavior in local markets. European Journal of Scientific Research, 28(4), 522–532.
Utami, I. G. A. L. P. (2016). Teori Konstruktivisme dan Teori Sosiokultural: Aplikasi Dalam Pengajaran Bahasa Inggris. PRASI, 11(01), 4–11.
Verplanken, B., & Herabadi, A. G. (2001). Individual Differences in Impulse Buying Tendency : Feeling and No Thinking. European Journal of Personality, 15, 571–583. https://doi.org/10.1002/per.423
Verplanken, B., & Sato, A. (2011). The Psychology of Impulse Buying : An Integrative Self-Regulation Approach. Journal of Consumer Policy, 34(June), 197–210. https://doi.org/10.1007/s10603-011-9158-5
Wardani, R. M. (2011). Studi tentang Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Impulsive buying. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang.
Warjani, R. (2019). Pengaruh Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement Terhadap Impulse buying (Studi pada Konsumen UMKM Toko Pakaian Ryn Boutique Jalan Dr. Mansyur Medan). Universitas Sumatera Utara.
Wood, M. (1998). Socio-economic status , delay of gratification , and impulse buying. Journal of Economic Psychology, 19(3), 295–320. https://doi.org/10.1016/S0167-4870(98)00009-9
Woodruff, R. B. (1997). Customer value: The next source for competitive advantage. Journal of the Academy of Marketing Science, 25(2), 139 – 153.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Achmad Aditya Rochim, Abdul Muhid, Aris Fanani, Ika Mustika, Fauzan Fauzan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work