Shopping Lifestyle Dan Customer Value Terhadap Impulsive Buying Produk Hijab Syar’i Anggota Pengajian Muslimah Azzahra

Authors

  • Achmad Aditya Rochim Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Abdul Muhid Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Aris Fanani Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Ika Mustika Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Fauzan Setyarizqi Muharram Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.29080/ipr.v4i2.582

Keywords:

Shopping lifestyle, impulsive buying, customer value

Abstract

Riset ini memiliki urgensi dalam mengungkap korelasi antara shopping lifestyle dan customer value dengan impulsive buying produk hijab syar’i pada anggota Pengajian Bunda Muslimah Azzahra. Riset ini menerapkan penelitian kuantitatif korelasional dengan mengimplementasikan kuesioner berskala linkert sebagai teknik pengumpul data. Skala pada shopping lifestyle di dapatkan nilai realibilitas 0,801, pada skala customer value 0,852 & pada skala impulsive buying 0,825. Data di himpun dengan metode accidental sampling dengan sample 100 orang dari 3000 total populasi . Analisi data yang dipakai ialah regresi berganda dan didapati nilai (p = 0.000 & r = 0.490) yang berarti ada hubungan shopping lifestyle dengan impulsive buying pada anggota pengajian dan  (p=0.000 and r=0.343) yang berarti ada hubungan antara customer value dengan impulsive buying pada anggota pengajian, yang terakhir didapati nilai (p = 0.000 & F 15,597) yang berarti ada hubungan shopping lifestyle dan customer value dengan impulsive buying produk hijab syar’i pada Anggota Pengajian Bunda Muslimah Azzahra

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Azwar, S. (2001). Metode Penelitian, Edisi I, cet. 3. Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2010). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2011). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.

Chusniasari, & Prijati. (2015). Pengaruh Shopping lifestyle, Fashion Involvement dan Hedonic Shopping Terhadap Impulse Buying Pelanggan.

Darma, L. A., & Japarianto, E. (2014). Analisa Pengaruh Hedonic Shopping Value terhadap Impulse Buying dengan Shopping lifestyle dan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening pada Mall Ciputra World Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 8(2), 80–89. https://doi.org/10.9744/pemasaran.8.2.80-89

Daud, I., & Fitrianto, M. E. (2015). Peran Celebrity Endorser Dalam Membentuk Perceive Value Dan Purchasing Intention. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 13(3), 359–376. https://doi.org/10.29259/jmbs.v13i3.3379

E.Beatty, S., & Ferrell, M. E. (1998). Impulse buying: Modeling its precursors. Journal of Retailing, 74(2). https://doi.org/10.1016/S0022-4359(99)80092-X

Edwin Japarianto, & Sugiono Sugiharto. (2011). Pengaruh Shopping Life Style Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behavior Masyarakat High Income Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 6(1), 32–41. https://doi.org/0.9744/pemasaran.6.1.32-41

Florentine, I. M. (2013). Hubungan antara Trait Kecerdasan Emosional dengan Kecenderungan Pembelian Impulsif pada Individu Dewasa Awal. Universitas Sanata Dharma.

Foroughi, A., Buang, N. A., Senik, Z. C., & Hajmisadeghi, R. S. (2013). Impulse Buying Behaviour and Moderating Role of Gender among Iranian Shoppers. Journal of Basic and Applied Scientific Research, 3(4), 760–769.

Gale, B. (1994). Managing Customer value. Prentice The Free Press.

Ginting, E. B., Purwanto, S. E., & Faradillah, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Gammath, 4(1).

Hendarwati, E. (2013). Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Melalui Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa SDN I Sribit Delanggu pada Pelajaran IPS. Pendagogia, 2(1), 59–70. https://doi.org/https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.47

Hurlock, E. B. (1996). Psikologi perkembangan. Alih bahasa: dr. Med. Metasari T. & Dra. Muslichah Z. Erlangga.

Inám, M. F., Suharyono, & Yulianto, E. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Pembelian Impulsif. Jurnal. Malang Universitas Brawijaya, 36(1), 92–100.

Indah, S., Simaremare, V., & Mujiasih, E. (2018). Hubungan Antara Customer Value Dengan Impulse Buying Produk Fashion Pada Mahasiswi Angkatan 2017 Psikologi Universitas Diponegoro. Empati, 7(4), 162–167.

Karbasivar, A., & Yarahmadi, H. (2011). Evaluating Effective Factors on Consumer Impulse Buying Behavior. Asian Journal of Business Management Studies, 2(4), 174–181.

Kasali, R. (1998). Membidik Pasar Indonesia: Segmenting, Targeting, Positionning. Gramedia Pustaka Utama.

Kosyu, D. A., Hidayat, K., & Abdillah, Y. (2014). Pengaruh Hedonic Shopping Motives Terhadap Shopping Lifestyle Dan Impulse Buying (Survei Pada Pelanggan Outlet Stradivarius Di Galaxy Mall Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 14(2), 84440.

Kurnia, N. (2012). Reiventing Islam in Popular Culture Sunni, The First Jilbab Girlband in Indonesia, Dalam Iswad Ishak, et. Al (ed). Rethingking Multiculturism: Media in Multicultural Society. Buku Literas.

Lapera, E. (2013). Pengaruh Iklan Produk, Gaya Hidup, Celebrity Endorse dan Pesan Iklan Terhadap Minat Beli Konsumen. Studi Kasus Pada Produk Pelembab Pond’s Versi Gita Gutawa. Skripsi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana.

Larasati, M. A., & Budiani, M. S. (2014). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Pembelian Impulsif Pakaian Pada Mahasiswi Psikologi Universitas Negeri Surabaya Yang Melakukan Pembelian Secara Online. Jurnal Penelitian Psikologi, 2(3), 1–8.

Levy, & Weitz. (2009). Retailing Management (8th ed.). McGraw-Hill International.

Mckee, M., Jackson, B. R., & Mckee, M. (2006). Audit Information Dissemination , Taxpayer Communication , and Compliance Behavior. SSRN Electronic Journal, May 2018. https://doi.org/10.2139/ssrn.897348

Nardiman. (2017). Pengaruh customer relationship management dan customer value terhadap kepuasan nasabah dan dampaknya pada loyalitas nasabah bank bri unit tiku cabang bukittinggi. Jurnal Ekobistek Fakultas Ekonomi, 6(2), 251–262.

Petrides, K. V, Furnham, & Adrian Mavroveli, S. (2013). Trait emotional intelligence: Moving forward in the field of EI. In G. Matthews, M. Zeidner, & R. Roberts, R. (Eds.). Emotional intelligence: Knowns and unknowns (Series in Affective Science). Oxford University Press.

Prastia, F. E. (2013). Pengaruh Shopping lifestyle, Fashion Involvement dan Hedonic Shopping value Terhadap Impulse Buying Behavior Pelanggan Toko Elizabeth Surabaya.

Setiadi, N. J. (2015). Perilaku Konsumen. Kencana.

Sihotang. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Pradnya Paramita.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tinarbuko. (2006). Pola Hidup Konsumtif Masyarakat Yogya. Erlangga.

Tirmizi, M. A., Kashif-Ur-Rehman, & Saif, M. I. (2009). An empirical study of consumer impulse buying behavior in local markets. European Journal of Scientific Research, 28(4), 522–532.

Utami, I. G. A. L. P. (2016). Teori Konstruktivisme dan Teori Sosiokultural: Aplikasi Dalam Pengajaran Bahasa Inggris. PRASI, 11(01), 4–11.

Verplanken, B., & Herabadi, A. G. (2001). Individual Differences in Impulse Buying Tendency : Feeling and No Thinking. European Journal of Personality, 15, 571–583. https://doi.org/10.1002/per.423

Verplanken, B., & Sato, A. (2011). The Psychology of Impulse Buying : An Integrative Self-Regulation Approach. Journal of Consumer Policy, 34(June), 197–210. https://doi.org/10.1007/s10603-011-9158-5

Wardani, R. M. (2011). Studi tentang Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Impulsive buying. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang.

Warjani, R. (2019). Pengaruh Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement Terhadap Impulse buying (Studi pada Konsumen UMKM Toko Pakaian Ryn Boutique Jalan Dr. Mansyur Medan). Universitas Sumatera Utara.

Wood, M. (1998). Socio-economic status , delay of gratification , and impulse buying. Journal of Economic Psychology, 19(3), 295–320. https://doi.org/10.1016/S0167-4870(98)00009-9

Woodruff, R. B. (1997). Customer value: The next source for competitive advantage. Journal of the Academy of Marketing Science, 25(2), 139 – 153.

Downloads

Published

2022-07-23

How to Cite

Rochim, A. A., Muhid, A., Fanani, A., Mustika, I., & Muharram, F. S. . (2022). Shopping Lifestyle Dan Customer Value Terhadap Impulsive Buying Produk Hijab Syar’i Anggota Pengajian Muslimah Azzahra. Indonesian Psychological Research, 4(2), 110–116. https://doi.org/10.29080/ipr.v4i2.582