Penerapan Konseling Kelompok Terhadap Penurunan Perilaku Agresif Siswa Sekolah Menengah Pertama
DOI:
https://doi.org/10.29080/ipr.v3i1.431Keywords:
perilaku agresif remaja, konseling kelompok, dinamika kelompokAbstract
Remaja adalah waktu dimana seseorang mempunyai tingkah laku negatif, fasa sukar anak-anak. Ketidakseimbangan emosi terwujud pada masa remaja. Ketidakselarasan emosi pada remaja menyebabkan remaja bertindak responsif berlebih seperti tingkah laku agresif, memberontak, tidak patuh, mengganggu, yang memicu masalah sosial. Tingkah laku agresif pelajar di sekolah telah menjadi masalah universal, dan baru ini cenderung meningkat. Tujuan kajian ini adalah melihat penerapan konseling kelompok terhadap penurunan tingkah laku agresif pelajar sekolah menengah. Objektif lain dari kajian adalah mengkaji perbedaan penerapan konseling kelompok sebelum dan selepas diberi perlakuan. Pensampelan Purposive dan skala agresif diterapkan pada eksperimen ini, untuk mendapat 20 sampel yang terdiri dari 10 pelajar dalam kelompok kontrol dan 10 pelajar dalam kelompok eksperimen di SMP Negeri 13 Surabaya yang dicatatkan telah melakukan agresi di sekolah. Kaidah pendekatan kuantitatif digunakan untuk analisis data pada peneltian ini. Hasil survei lapangan menunjukkan bahawa pelajar sering melakukan tindakan tidak hormat pada guru, memaki, mengumpat, meresahkan lingkungan, membuat bising, kata tidak senonoh, berbohong. Dengan memanfaatkan dinamika kelompok, penulis memberikan intervensi konseling kelompok untuk mengurangi tingkah laku agresif pelajar. Dari hasil kajian terbukti konseling kelompok berpengaruh terhadap penurunan tingkah laku agresif pelajar sekolah menengah pertama.
Downloads
References
Abidin, Yunus. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.
Ahmadi, Abu. 2005. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.
Alwisol, Roqib. 2007. Psikologi Kepribadian. Malang: Penerbit UPT Universitas Muhammadiyah Malang.
Anantasari. 2006. Menyikapi Perilaku Agresif Anak. Yogyakarta: Kanisius.
Arikunto, Suharaimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Azwar, Saifudin. 2004. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Berkowitz, Leonard. 1995. Agresi I, Sebab dan Akibatnya. Terjemahan Hartati Woro. Susiatni. Jakarta: PT Pustaka Binaman Pressindo.
Buss, A.H & Perry, M. 1992. The Aggression Questionnaire. Journal of Personality and Social Psychology. The American Psychological Association, Inc.
Chaplin, J.P. 2006. Kamus Lengkap Psikologi (Penerj. Kartini Kartono). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
David, Jonathan. 2005. Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.
Erford, B.T. 2004. Professional School Counseling: A Handbook of Theories, Programs & Practices. Austin, Texas: CAPS Press.
Hadiwidjojo, Vera Itabiliana. 2008. Tanya Jawab Seputar Masalah Perilaku Anak. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.
Hurlock, Elizabeth B. 2011. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Erlangga.
Koeswara, E. 1998. Agresi Manusia. Bandung: PT Erasco.
Krahe, Barbara. 2005. Perilaku Agresi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Latipun. 2006. Psikologi Eksperimen. Malang: UMM Press Universitas. Muhammadiyah Malang.
Marliani, Rosleny. 2013. Psikologi Eksperimen. Bandung: Pustaka Setia.
Nursalim, M. dan Suradi. 2002. Layanan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Unesa University Press.
Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan Kelompok Dan Konseling Kelompok. Padang: Universitas Negeri Padang.
Rumini, Sri dan Siti Sundari. 2004. Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sarwono, Sarlito Wirawan. 2004. Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sri Rumini dan Siti Sundari. 2004. Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.
Satori, Djam’an, 2007. Metodologi Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Sekaran, U. 2003. Research Methods for Business: A Skill Building Aproach. New York-USA: John Wiley and Sons, Inc.
Silalahi, Ulber. 2010. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Refika Aditama.
Sugiyanto, 2012. Modul Konseling Kelompok. Yogyakarta: UNYPress
Sugiyo. 2005. Komunikasi Antarpribadi. Semarang: UNNES Press.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi, Dewa Ketut. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.
Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta : Bumi Aksara.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Suryabrata, Sumadi. 2005. Pengembangan Alat Ukur Psikologis. Yogyakarta: Penerbit Andi.
________________. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Thantawy. 2005. Kamus Istilah Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Grasindo.
Wibowo, Mungin Eddy. 2005. Konseling Kelompok dan Perkembangan. Semarang: UPT Universitas Negeri Semarang.
Winkel. 2005. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: Gramedia.
______. 2009. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi. Witherington.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work