Pengaruh Faktor Eksternal terhadap Sisa Makanan Pasien Di Ruang Cempaka RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik

Main Article Content

Sonia Elka Amalia

Abstract

Sisa makanan adalah makanan yang tidak habis dikonsumsi oleh pasien, dengan kategori banyak apabila sisa makanan >20% dari makanan yang disajikan dan kategori sedikit apabila sisa makanan <20%. Makanan yang disajikan oleh rumah sakit sudah disesuaikan dengan kebutuhan pasien, sehingga makanan dari rumah sakit menjadi salah satu penunjang proses penyembuhan pasien. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi terjadinya sisa makanan pasien di Ruang Cempaka RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan menggunakan rancang bangun cross sectional. Jumlah sampel yang menjadi responden dalam penelitian ini berjumlah 65 responden. Penilaian sisa makanan menggunakan metode visual compstock. Data dianalisis menggunakan uji regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut jenis makanan, yang paling banyak meninggalkan sisa adalah makanan pokok dan yang paling sedikit meninggalkan sisa makanan adalah buah. Penampilan makanan dan kesesuaian jadwal dapat mempengaruhi terjadinya sisa makanan. Sementara rasa makanan, performa petugas, suasana lingkungan, dan makanan dari luar tidak mempengaruhi terjadinya sisa makanan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Elka Amalia, S. (2020). Pengaruh Faktor Eksternal terhadap Sisa Makanan Pasien Di Ruang Cempaka RSUD Ibnu Sina Kabupaten Gresik . Journal of Health Science and Prevention, 4(1), 50–57. https://doi.org/10.29080/jhsp.v4i1.331
Section
Articles

References

Depkes. Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit. 2013.

Ratna MR. Evaluasi Manajemen Penyelenggaraan Makanan Institusi di Rumah Sakit Ortopedi Prof. Dr. R. Soeharso Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2009.

Notoatmodjo S. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2012.

Adikari A. Nutritional Status of In-patients with Chronic Kidney Diseases in Sri Lanka. Hum Biol Rev. 2016;247–54.

Barker, L. A., Gout, B. S., & Crowe TC. Hospital Malnutrition: Prevalence, Identification and Impact on Patients and the Healthcare System. Int J Environ Res Public Heal. 2011;514–27.

Mulyati S. Sadar Gizi Dalam Lingkup Rumah Sakit. CDK-248. 2017;44(1):58–64.

Habiba RA, Adriani M. Hubungan Depresi , Asupan , dan Penampilan Makanan dengan Sisa Makan Pagi Pasien Rawat Inap ( Studi di Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya ) Association between Depression , Intake , and Appearance of Food with the Morning Food Waste among Inpatients ( S. Amerta Nutr. 2017;198–208.

Julia D. Hubungan Daya Terima Makanan dengan Biaya Sisa Makanan pada Pasien Skizofrenia. Darussalam Nutr J. 2018;2(1):19.

Andani A. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Terjadinya Sisa Makanan Pada Pasien Rawat Inap Di Ruang Penyakit Dalam RSUD Cut Nyak Dhien Meulaboh. Universitas Teuku Umar Meulaboh; 2013.

Karunia Tanuwijaya L, Gresari Sembiring L, Yanuar Dini C, Putri Arfiani E, Arimba Wani Y. Sisa Makanan Pasien Rawat Inap: Analisis Kualitatif. Indones J Hum Nutr. 2018;5(1):51–61.

Nareswara AS. Hubungan Kepuasan Pasien dari Kualitas Makanan Rumah Sakit dengan Sisa Makanan Di RSUD Kota Semarang. Ilmu Gizi Indones. 2017;1(1):34–9.

Kartini RF, Primadona S. Open Access Hubungan Bentuk , Rasa Makanan , dan Cara Penyajian dengan Sisa Makanan Selingan Pada Pasien Anak di Rumah Sakit Angkatan Laut Dr . Ramelan Surabaya Correlation between the Form , Taste , Serving Method of Snacks and Plate Waste among Pediatri. 2018;212–8.

Muliani. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Sisa Makanan Saring Pasien Rawat Inap. 2013;Jurnal Keperawatan;IX(1):31–6.

Ronitawati P, Puspita M, Citra K, Gizi PS, Kesehatan FI, Unggul UE, et al. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Sisa Makanan Di Rumah Sakit Umum Daerah Koja Jakarta Utara Tahun 2017. J Kesehat. 2017;57–76.

Rina A. Hubungan Ketepatan Waktu Penyajian dan Mutu Makanan dengan Sisa Makanan Pasien Dewasa Non Diet di RSU PKU Muhammadiyah Bantul. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta; 2017.

Mardjun F. Faktor yang berhubungan dengan kepatuhan pembatasan asupan cairan pada pasien gagal ginjal kronik di ruang hemodialisa RSUD Prof. Dr. H. Aloei Saboe Kota Gorontalo. Universitas Negeri Gorontalo; 2014.

Kumboyono V. Indikator Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi oleh Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Tentara dr. Soepraoen Malang. Jurnal Ners. 2013;8(2):183–9.