Hubungan antara Komponen Retensi Pegawai dengan Kinerja Perawat Non-PNS
Main Article Content
Abstract
Retensi Pegawai adalah kemampuan yang dimiliki sebuah organisasi dalam mempertahankan dan meningkatkan loyalitas pegawai potensialnya. Retensi yang lemah dapat mempengaruhi keterikatan pegawai dengan organisasinya, menurunnya kinerja pegawai, dan meningkatnya turnover pegawai. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis hubungan antara komponen retensi pegawai dengan kinerja perawat non-PNS di RSD Balung tahun 2018. Jenis penelitian ini adalah analitik dengan desain penelitian cross sectional, populasi sebanyak 64 orang, dan jumlah sampel sebanyak 55. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Data diperoleh dengan wawancara menggunakan kuesioner dan studi dokumentasi dokumen asuhan keperawatan. Data yang diperoleh berskala ordinal dan dianalisis menggunakan Spearman rho dengan α = 0,05. Hasil penelitian menyatakan tidak ada hubungan antara komponen organisasi dan manajemen (Ï = 0,134 > α), hubungan kerja (Ï = 0,701 > α), pelatihan dan pengembangan (Ï = 0,126 > α), dan kebijakan organisasi dan praktiknya (Ï = 0,207 > α) dengan kinerja perawat non-PNS di RSD Balung. Sedangkan analisis komponen desain pekerjaan dan keberlanjutannya (Ï = 0,022 < α) dan komponen penghargaan (Ï = 0,001 < α) menunjukan adanya hubungan dengan kinerja perawat non-PNS di RSD Balung.
Downloads
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
References
Irmawati LI. Manajemen Pemasaran di Rumah Sakit. Institut Ilmu Kesehatan-University Press; 2014.
Bustami. Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan dan Akseptabilitasnya. Jakarta: Erlangga; 2011.
Wibowo. Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pers; 2016.
Hafid MA. Hubungan Kinerja Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Pengguna Yankestis dalam Pelayanan Keperawatan di RSUD Syech Yusuf Kab. Gowa Skripsi Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin. 2014;
Netti. Hubungan antara Kinerja Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di Puskesmas Kartasura. Skripsi. Surakarta: STIKES Kusuma Husada; 2015.
Nurhidayati. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Retensi Karyawan di Rumah Sakit Prikasih Jakarta Tahun. Dalam Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah; 2016.
Organization G. State of The Global Workplace (Employee Engagement Insights for Business Leaders Worldwide [Internet]. 2013. Tersedia pada: http://www.securex.be/export/sites/default/.content/download-gallery/nl/brochures/Gallup-state-of-the-GlobalWorkplaceReport_20131.pdf
Annisa A dan S, Drahen P. Pengaruh Employee Engagement terhadap Kinerja Karyawan PT. Chandra Sakti Utama Leasing. Jakarta. Skripsi. Jakarta: Universitas Indonesia; 2013.
Widjaja. Pengaruh Employee Engagement Terhadap Kepuasan Kerja dan Turnover Intention di Swiss-Belinn Surabaya [Internet]. 2014. Tersedia pada: http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/manajemen-perhotelan/article/view/2836
Rachmah AN. Pengaruh Komitmen Organisasi, Kepuasan Kerja dan Budaya Organisasi terhadap Turnover Intention Pada Karyawan Hotel Mutiara Merdeka Pekanbaru. Pekanbaru: JOM Fekon; 2017.
Prawitasari A. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Turnover Intention Karyawan Pada PT. Mandiri Tunas Finance Bengkulu [Internet]. 2016. Tersedia pada: https://media.neliti.com/media/publications/55204-ID-none.pdf
Astuti DP dan P, Sibarani M. Pengaruh Kompensasi terhadap Retensi Karyawan Melalui Kepuasaan Kerja dan Komitmen Afektif Pada Beberapa Rumah Sakit di Dki. Jakarta. September 2014;527:12.
Buchbinder SB da. S, H N. Buku Ajar Manajemen Pelayanan Kesehatan (terjemahan). Jakarta: EGC; 2014.
Mathis RL da. JJH. Human Resource Management. 13 ed. USA: South-Western Cengage Learning; 2010.
Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia. Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara [Internet]. 2014. Tersedia pada: https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU5-2014AparaturSipilNegara.pdf
Indonesia KMKR. Pedoman Penyusunan Sistem Remunerasi Pegawai Badan Layanan Umum Rumah Sakit [Internet]. 2010. Tersedia pada: https://www.scribd.com/document/377341918/KEPMENKES-625-TH-2010-TTG-PEDOMAN-REMUNERASI-pdf