Prokrastinasi dan Stres Akademik Mahasiswa

Authors

  • Bella Khansa Puspita Universitas YARSI
  • Dewi Kumalasari Universitas YARSI

DOI:

https://doi.org/10.29080/jpp.v13i2.818

Keywords:

Prokrastinasi, Stres akademik, Mahasiswa kedokteran

Abstract

Mahasiswa kedokteran cenderung memiliki tingkat prokrastinasi dan stres akademik yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan prokrastinasi dan stres akademik pada mahasiswa program studi Kedokteran. Menggunakan rancangan kuantitatif korelasional, penelitian ini melibatkan 204 partisipan yang diambil melalui teknik convenience sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah academic procrastination scale untuk mengukur prokrastinasi dan academic stres inventory untuk mengukur stres akademik. Hasil penelitian menggunakan teknik uji korelasi spearman rank, menunjukkan bahwa prokrastinasi memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan stres akademik. Dengan kata lain semakin tinggi tingkat prokrastinasi maka semakin tinggi pula tingkat stres akademik yang dialami oleh mahasiswa Kedokteran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2019). Gambaran tingkat stres mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5(1), 40. https://doi.org/10.26714/jkj.5.1.2017.40-47

Anggawijaya, S. (2013). Hubungan antara depresi dan prokrastinasi akademik. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2(2), 1–12.

Christopher, H. G. (2020). Hubungan perilaku prokrastinasi terhadap tingkat stres mahasiswa bimbingan dan konseling ikip gunungsitol. Jurnal Ilmiah DIDAKTIK, 14(1), 2363–2370.

Curran, P. G. (2016). Methods for the detection of carelessly invalid responses in survey data. Journal of Experimental Social Psychology, 66, 1–16. https://doi.org/10.1016/j.jesp.2015.07.006

Damri, D., Engkizar, E., & Anwar, F. (2017). Hubungan self-efficacy dan prokrastinasi akademik mahasiswa dalam menyelesaikan tugas perkuliahan. Jurnal Edukasi : Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 74. https://doi.org/10.22373/je.v3i1.1415

Etikan, I. (2016). Comparison of convenience sampling and purposive sampling. American Journal of Theoretical and Applied Statistics, 5(1), 1–5. https://doi.org/10.11648/j.ajtas.20160501.11

Fares, J., Al Tabosh, H., Saadeddin, Z., El Mouhayyar, C., & Aridi, H. (2016). Stress, burnout and coping strategies in preclinical medical students. North American Journal of Medical Sciences, 8(2), 75–81. https://doi.org/10.4103/1947-2714.177299

Fauziah, H. H. (2016). Fakor-faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik Pada mahasiswa fakultas psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2), 123–132. https://doi.org/10.15575/psy.v2i2.453

Gultom, S. A., Wardani, N. D., & Fitrikasari, A. (2018). Hubungan adiksi internet dengan prokrastinasi. Jurnal Kedokteran Diponogoro, 7(1), 330–347.

Handayani, S., & Abdullah, A. (2016). Konsep Diri , Stres , dan Prokrastinasi. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 1(2), 114–121.

Handayani, S., & Azis, A. (2016). Hubungan stress dengan prokrastinasi pada mahasiswa. PSIKOVIDYA, 20(1), 2016.

Hasanah, U., & Wacana, A. D. (2017). Hubungan antara stres dengan strategi koping mahasiswa tahun pertama akademik keperawatan. Wacana Keshatan, 1(1), 138–145.

Hayat, A. A., Jahanian, M., Bazrafcan, L., & Shokrpour, N. (2020). Prevalence of academic procrastination among medical students and its relationship with their academic achievement. Shiraz E Medical Journal, 21(7), 1–7. https://doi.org/10.5812/semj.96049

Heinen, I., Bullinger, M., & Kocalevent, R. D. (2017). Perceived stress in first year medical students - associations with personal resources and emotional distress. BMC Medical Education, 17(1), 1–14. https://doi.org/10.1186/s12909-016-0841-8

Jannah, M., & Muis, D. T. (2014). Prokrastinasi akademik (perilaku penundaan akademik) mahasiswa fakultas ilmu pendidikan universitas negeri Surabaya. Jurnal BK Unesa, 4(3), 1–8.

KKI. (2019). Standar pendidikan profesi dokter Indonesia. Konsil Kedokteran Indonesia, 169.

Lin, Y. M., & Chen, F. S. (2009). Academic stress inventory of students at universities and colleges of technology. World Transactions on Engineering and Technology Education, 7(2), 157–162.

Mamo, J., Buttigieg, R., Vassallo, D., & Azzopardi, L. (2012). Psychological stress amongst maltese undergraduate medical students. International Journal of Collaborative Research on Internal Medicine & Public Health, 4(5), 840–849.

Mccloskey, J. D. (2011). Finally, my thesis on academic procrastination. http://hdl.handle.net/10106/9538

Mehmet, K., Tahsin, İ., Ahmet, R. zpolat, & Mehmet, P. (2014). Analysis of academic self-efficacy, self-esteem and coping with stress skills predictive power on academic procrastination. Educational Research and Reviews, 9(5), 146–152. https://doi.org/10.5897/err2014.1763

Mortazavi, F. (2016). The prevalence of academic procrastination and its association with medical students’ well-being status. International Journal of Humanities and Cultural Studies Issn, 3(2), 2356–5926. http://www.ijhcs.com/index.php/ijhcs/index

Muyana, S. (2018). Prokrastinasi akademik dikalangan mahasiswa program studi bimbingan dan konseling. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 45. https://doi.org/10.25273/counsellia.v8i1.1868

Nathasya, P. P., & Irawaty, E. (2020). Hubungan tekanan psikologis dan penundaan akademik ( academic procrastination ) terhadap prestasi belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara (Vol. 3, Issue 1).

Nayak, S. G. (2019). Impact of procrastination and time-management on academic stress among undergraduate nursing students: a cross sectional study. International Journal of Caring Sciences, 12(3), 1480–1486.

Pala, M. G. T., Nurina, R. L., & Sagita, S. (2021). Hubungan study from home terhadap tingkat stres mahasiswa kedokteran saat pandemi covid-19 di Nusa Tenggara Timur. Cendana Medical Journal (CMJ), 9(1), 169–177. https://doi.org/10.35508/cmj.v9i1.4953

Prabamurti, G. A. (2019). Analisis faktor-faktor pemicu level stres akademik mahasiswa kedokteran universitas sebelas maret surakarta. https://doi.org/10.31227/osf.io/9rw8y

Rahmayani, R. D., Liza, R. G., & Syah, N. A. (2019). Gambaran tingkat stres berdasarkan stressor pada mahasiswa kedokteran tahun pertama program studi profesi dokter fakultas kedokteran universitas andalas angkatan 2017. Jurnal Kesehatan Andalas, 8(1), 103. https://doi.org/10.25077/jka.v8i1.977

Risdiantoro, R., Iswinarti, & Hasanati, N. (2016). Hubungan prokrastinasi akademik , stres akademik dan kepuasan hidup mahasiswa. Psychology & Humanity, 19(20), 360–373.

Sagita, D. D., Daharnis, D., & Syahniar, S. (2017). Hubungan self efficacy, motivasi berprestasi, prokrastinasi akademik dan stres akademik mahasiswa. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 1(2), 43. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v1n2.p43-52

Sirois, F. M. (2014a). Procrastination and stress: exploring the role of self-compassion. Self and Identity, 13(2), 128–145. https://doi.org/10.1080/15298868.2013.763404

Sirois, F. M. (2014b). Procrastination and stress: exploring the Role of Self-compassion. Self and Identity, 13(2), 128–145. https://doi.org/10.1080/15298868.2013.763404

Suarya, I. M. R. A. S. dan L. M. K. S. (2019). Peran stres akademik dan hardiness terhadap kecenderungan gangguan psikofisiologis pada mahasiswa kedokteran tahun pertama I Made Riantama Adi Saputra dan Luh Made Karisma Sukmayanti Suarya. Jurnal Psikologi Udayana, 6(2), 1036–1048.

Sugiyono. (2016). Statistika untuk penelitian. Bandung: penerbit alfabeta.

Yusuf, N. M., & Yusuf, J. M. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi stres akademik. Psyche 165, 13(02), 235–239.

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Bella Khansa Puspita, & Dewi Kumalasari. (2022). Prokrastinasi dan Stres Akademik Mahasiswa . Jurnal Penelitian Psikologi, 13(2), 79–87. https://doi.org/10.29080/jpp.v13i2.818