Prokrastinasi Akademik, Emotion Focused Coping, dan Kecemasan pada Mahasiswa

Authors

  • Agus Mulyana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Farid Soleh Nurdin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dini Nurfatwa UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29080/jpp.v13i2.815

Keywords:

Prokrastinasi akademik, Emotion focused coping, Kecemasan, Mahasiswa

Abstract

Perilaku prokrastinasi akademik terhadap pengerjaan skripsi menjadi salah satu penyebab terjadinya kecemasan. Hal ini membuat mahasiswa membutuhkan coping strategy untuk mereduksi kecemasan yang dialami. Tujuan  penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh prokrastinasi akademik dan emotion focused coping terhadap kecemasan mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Subjek penelitian terdiri dari 158 mahasiswa yang sedang menyusun skripsi di Fakultas Psikologi angkatan 2016, 2017 dan 2018 dengan menggunakan convenience sampling sebagai teknik sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara prokrastinasi akademik dan emotion focused coping terhadap kecemasan mahasiswa yang sedang menyusun skripsi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amaliyah, K. A., & Palila, S. (2015). Efektivitas Rational Emotive Behavioral Training Terhadap Penurunan Kecemasan Menyusun Skripsi Mahasiswa. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 7(2), 143–157. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol7.iss2.art2

Astiti, E. (2015). Hubungan antara Strategi Coping dengan Kecemasan pada Mahasiswa Baru di Universitas Muhammadiyah Jember. Undergraduate thesis. Universitas Muhammadiyah Jember.

Azis, N., & Margaretha, M. (2017). Strategi Coping terhadap Kecemasan pada Ibu Hamil dengan Riwayat Keguguran di Kehamilan Sebelumnya. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 5(1), 144-157. https://doi.org/10.22219/jipt.v5i1.3976

Fatmahendra, I., & Nugraha, S. (2018). Hubungan Kecemasan dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Universitas Islam Bandung. Prosiding Psikologi, 4(2). http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.1165

Fauziah, H. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Psymphatic, Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2), 123-132. https://doi.org/10.15575/psy.v2i2.453

Ferrari, J., & Ollive, M. (1994) Parental Authority and the Development of Female Dysfunctional Procrastination. Journal of research in Personality, 28, 87-100.

Ferrari, J. dkk. (2009). Chronic procrastination among Turkish adult: exploring decisional, avoidant, and arousal styles. Journal of Social Psychology, 149(3), 303-307.

Folkman, S., & Lazarus R.S. (1985). The Ways of Coping (Revised). University of California, San Fransisco

Folkman, S. & Lazarus, R. S. (1985). If it changes it must be a process: Study of emotion and coping during three stages of a college examination. Journal of Personality and Social Psychology, 48, 150-170.

Ghadosey, C., dkk. (2021). The intraindividual co-occurrence of anxiety and hope in procrastination episodes during exam preparations: An experience sampling studi. Learning and Individual Difference, 88. https://doi.org/10.1016/j.lindif.102013

Hamidah, S. (2020). Hubungan antara Emotion Focused Coping (EFC) dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa. Undergraduate thesis. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Indra, S., dkk. (2020). Emotion Focused Coping dalam Mereduksi Kecemasan pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Wahana Konseling, 3(2). https://doi.org/10.31851/juang.v3i2.4870

Marjan, F., dkk. (2018). Tingkat Kecemasan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling dalam Menyusun Skripsi. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 3(2), 84-89. https://doi.org/10.29210/02247jpgi0005

Nitami, M., dkk. (2015). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prokrastinasi Akademik Siswa. Jurnal Konselor, 4(1), 1-12. https://doi.org/10.24036/02015416449-0-00

Nugroho, H. V. (2018). Tingkat Kecemasan dalam Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Sanata Dharma Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis. Universitas Sanata Dharma.

Patrzek et al. (2012). Academic procrastination: The perspective of university counsellors. International Journal for the Advancement of Counsellin, 34(3), 185-201. https://o.org/10.1007/s10447-012-9150-z

Puspitasari, N., dkk. (2021). Pengaruh Urutan Kelahiran Gender Terhadap Tingkat Kecemasan pada Remaja. University Research Collo.

Sugiyono, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Widigda, I., & Setyaninrum, W. (2018). Kecemasan Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Riau Kepulauan dalam Menghadapi Skripsi. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 6(2). 190-199. https://doi.or/10.21831/jpms.v6i2.23963

Wulan, D., & Abdullah, S. (2014). Prokrastinasi Akademik dalam Penyelesaian Skripsi. Jurnal Sosio-Humaniora, 5(1), 55-74.

Zakiyah, N., dkk. (2010). Hubungan antara Penyesuaian Diri dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Berasrama SMP N 3 Peterongan Jombang. Jurnal Psikologi UNDIP, 8(2), 156-176.

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Agus Mulyana, Farid Soleh Nurdin, & Dini Nurfatwa. (2022). Prokrastinasi Akademik, Emotion Focused Coping, dan Kecemasan pada Mahasiswa. Jurnal Penelitian Psikologi, 13(2), 68–78. https://doi.org/10.29080/jpp.v13i2.815