Manajemen Konflik dan Dukungan Sosial dengan Resiliensi pada Mahasiswa yang Mengikuti Program MBKM

Authors

  • Arinda Hermadita Agustin Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Rr. Amanda Pasca Rini Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Nindia Pratitis Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.29080/jpp.v13i2.773

Keywords:

Manajemen konflik, Dukungan sosial, Resiliensi, Mahasiswa, MBKM

Abstract

Mahasiswa yang tangguh terhadap tekanan dan permasalahan dapat dikatakan memiliki resiliensi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan manajemen konflik dan dukungan sosial dengan resiliensi mahasiswa yang mengikuti program MBKM. Penelitian kuantitatif korelasional ini melibatkan 137 mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dengan menggunakan teknik quota sampling. Metode pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuisioner secara online menggunakan google form.  Ada tiga alat ukur yang digunakan yaitu resilience scale, skala manajemen konflik, dan skala dukungan sosial. Analisis data menggunakan uji korelasi Spearman Rho. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan searah yang cukup kuat pada manajemen konflik dan resiliensi demikian pula dengan dukungan sosial. Masing-masing variabel memberikan pengaruh terhadap resiliensi mahasiswa yang mengikuti program MBKM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alvina, S., & Dewi, F. I. R. (2017). Pengaruh Harga Diri Dan Dukungan Sosial Terhadap Resiliensi Mahasiswa Dengan Pengalaman Bullying Di Perguruan Tinggi. Psibernetika, 9(2).

Alva, S. A. (1991). Academic invulnerability among Mexican-American students: The importance of protective resources and appraisals. Hispanic Journal of Behavioral Sciences, 13(1), 18-34.

Arjanto, D. (2022). Apa Itu Merdeka Belajar: Tersebab Survei Jebloknya Matematika dan Literasi Siswa. Berita Online. Diambil dari https://nasional.tempo.co/read/1560429/apa-itu-merdeka-belajar-tersebab-survei-jebloknya-matematika-dan-literasi-siswa

Azwar, S. (2017). Metode Penelitian Psikologi Edisi II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bernard, B. (2001). Competence and Resilience Research. Lessons for Pervention. National Resilience Resource Center.

Cahyani, Y. E., & Akmal, S. Z. (2017). Peranan Spiritualitas Terhadap Resiliensi Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Psikoislamedia: Jurnal Psikologi, 2(1), 32-41.

Conor, K. M., & Davidson, J. R. T. (2003). Development of a New Resilience Scale: The Conor-Davidson Resilience Scale (CD-RISC). Depression and Anxiety. 18. 76-82.

Fitriana, A., Murdiana, S., Firdaus, F. (2021). Pengaruh Perceived Support terhadap Tingkat Kecemasan Mengerjakan Skripsi pada Mahasiswa di Kota Makassar. Pinisi : Journal of Art, Humanity & Social Studies. 1(6), 70-76.

Hadjar, I. (2019). Statistik untuk Ilmu Pendidikan, Sosial, dan Humaniora. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Halpern, & J. (2017). Empathy and Patient–Physician Conflicts. JGIM, 4(2), 696–700.

Hassan, S., Aqeel, M., Hussain, W. (2015). The Relationship between Conflict Management, Social Suuport among University Student. Academic Research International, 6(2), 356-366.

Kahriman, I., Nural, N., Arslan, U., Tpbas, M., Can, G., Kasyim, S. (2016). The Effect of Empathy Training on the Empathic Skills of Nurses. Iran Red Crescent Med J, 18(6), 1–10.

Kaushal, R., &Kwantes, C. T. (2006). The Role of Culture and Personality in Choice of Conflict Management Strategy. International Journal of Intercultural Relations, 30, 576-603.

Listiyandini, R. A., & Roellyana, S. (2016). Peranan Optimisme terhadap Resiliensi pada Mahasiswa Tingkat Akhir yang Mengerjakan Skripsi. Prosiding Konferensi Nasional Peneliti Muda Psikologi Indonesia. 1(10), 29-37.

Masten, A. S., & Reed, M. J. (2002). Resilience in development. In C. R. Snyder & S. J. Lopez (Eds.), Handbook of positive psychology (pp. 74-88). New York: Oxford University Press.

Mufidah, A. C. (2017). Hubungan Antara Dukungan Sosial Terhadap Resiliensi Mahasiswa Bidikmisi Dengan Mediasi Efikasi Diri. Jurnal Sains Psikologi, 6(2), 68-74.

Murray, C. (2003). Risk Factors, Protective Factors, Vulnerability, And Resilience: A Framework for Understanding and Supporting The Adult Transitions of Youth With High-Incidence Disabilities. Remedial and Special Education, 24(1), 16-26.

Nizam. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Reivich, K. & Shatte, A. (2002). The Resilience Factor : 7 Essential Skill for Overcoming Life’s Inevitable Obstacle. New York : Broadway Books.

Roellyana, S., & Listiyandini, R. A. (2016). Peranan Optimisme Terhadap Resiliensi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Yang Mengerjakan Skripsi. Prosiding Konferensi Nasional Peneliti Muda Psikologi Indonesia, 1(1), 29-37.

Sarafino, E.P., & Smith, T. W. (2011). Health Psichology : Biopsychologycal Interactions 7th Edition. New Jersey : John Wiley & Son, Inc.

Sari, P. K. P., & Indrawati, E. S. (2017). Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Resiliensi Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Jurusan X Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, 5(2), 177-182.

Referensi: Sankar Kumar (2015). Principles of Econometrics: A Modern Approach Using Eviews. Oxford University Press.

Sarwono, J. (2006). Analisis Data Penelitian. Jakarta: Penerbit Andi.

Septiani, T., & Fitria, N. (2016). Hubungan Antara Resiliensi Dengan Stress. Jurnal Penelitian Psikologi, 07(02), 59–76.

Siebert, A. (2005). The Resiliency Advantage. San Fransisco: Berre-Kohler Publisher, Inc.

Souoth, M., Bidjuni, H., Malara, R. T. (2014). Hubungan Gaya Hidup Dengan Kejadian Hipertensi Di Puskesmas Kolongan Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara. Ejournal Keperawatan, 2(1).

Stanley, M., & Patricia, G.B. (2007). The Nature of Procrastination: A Meta Analytic and Theoretical Review of Quintessential Self Regulatory Failure. Psychological Bulletin, 133(1), 65–94

Sumarsono, A. P. (2021). Korelasi antara Resiliensi dengan Work Engagement pada Guru SD pada Masa Pandemi di Desa Grogol. Skripsi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Thomas, K. W. (1992). Conflict and Conflict Management: Reflections and Update. Journal of Organizational Behavior, 13, 256 – 274.

Wolin, S. J., & Wolin, S. (1993). The resilient self: How survivors of troubled families rise above adversity. New York: Villard Books.

Wirawan. (2010). Konflik dan Manajemen Konflik (teori, aplikasi , dan penelitian). Jakarta: Salemba

Zuhdi, S. (2015). Manajemen Konflik Pasangan Perkawinan Beda Organisasi Keagamaan Dan Implikasinya Terhadap Keluarga Sakinah: Studi Pasangan Perkawinan Warga NU - Muhammadiyah di Kota Batu. Disertasi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Agustin, A. H., Rr. Amanda Pasca Rini, & Nindia Pratitis. (2022). Manajemen Konflik dan Dukungan Sosial dengan Resiliensi pada Mahasiswa yang Mengikuti Program MBKM. Jurnal Penelitian Psikologi, 13(2), 105–112. https://doi.org/10.29080/jpp.v13i2.773