Jaritmatika : Pengaruhnya pada Kemampuan Berhitung Tunagrahita
DOI:
https://doi.org/10.29080/jpp.v12i2.638Keywords:
jarimatika, tunagrahita, berhitungAbstract
Jarimatika merupakan suatu cara yang digunakan untuk operasi hitung tambah, kurang, kali, dan bagi dengan menggunakan jari dan ruas-ruas jari tangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode jarimatika untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa tunagrahita kategori ringan di SLB C Putera Asih Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif-eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah yaitu single-case experimental design. Populasi tunagrahita ringan kelas 2 SMP berjumlah 7 orang sedangkan sampel yang digunakan berjumlah 2 siswa dengan tingkat kemampuan berhitung yang rendah. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan achievement test. Data deskriptif disajikan dalam bentuk tebel dan grafik garis untuk menunjukkan progress intervensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tes kemampuan berhitung penjumlahan, pengurangan, dan perkalian pada siswa mengalami peningkatan skor nilai. Dengan kata lain metode jarimatika menunjukkan efektif dalam meningkatkan kemampuan berhitung pada siswa tunagrahita.
Downloads
References
Abraham, N., Mathias, J., & Williams. S. (2014). A study to assess the knowledge and effect of nomophobia among students of selected degree college in Mysore. Asian Journal of Nursing Education and Research 4(4), 421-428. http://dx.doi.org/10.5958/2454-2660.2019.00075.9
Aggarwal, M., Basu, D., & Grover, S. (2012). Mobile phone use by resident doctor: Tendecy to addiction-like behaviour. German Journal of Psychiatry, 15(2) 50-55
Argumosa-Villar, L., Boada-Grau, J., & Vigil-Colet, A. (2017). Exploratory investigation of theoretical predictors of nomophobia using the Mobile Phone Involvement Questionnaire (MPIQ). Journal of Adolescence, 56, 127-135. https://dx.doi.org/10.1016/j.adolescence.2017.02.003
Bianchi, A., & Phillips, J. G. (2005). Psychological predictors of problem mobile phone use. Cyber Psychology & Behavior, 8(1), 39-52
Bragazzi, N. L., & Puente, G. D. (2014). A proposal for including nomophobia in the new DSM-V. Psychology Research and Behavior Management, 7, 155-160. https://dx.doi.org/10.2147/PRBM.S41386
Dongre, A. S., Inamdar, I. F., & Gattani, P. I (2017). Nomophobia: A study to evaluate mobile phone dependence and impact of cell phone on health. National Journal of Community Medicine, 8(11), 688-693.
Febriana, C., & Mariyana (2020). Hubungan karakteristik remaja dengan tingkat kecanduan gadget dikota bukittinggi. Real in Nursing Journal, 3(3), 174- 183. http://dx.doi.org/10.32883/rnj.v3i3.1054.g404
King, A. L. S., Valenca, A. M., & Nardi, A. E. (2010). Nomophobia: The mobile phone in panic disorder with agoraphobia reducing phobias or worsening of dependence?. Cognitive and Behavioral Neurology, 23(1). 52-54. http://dx.doi.org/10.1097/WNN.0b013e3181b7eabc
King, A. L. S., Valenca, A. M., Silva, ACO., Baczynski, T., Carvalho, M. R., & Nardi, A. E. (2013). Nomophobia: Dependency on virtual environments or social phobia?. Computers in Human Behavior 29(1). 140-144. https://dx.doi.org/10.1016/j.chb.2012.07.025
McCrae, R. R., & Costa, P. T. (2006). Personality in Adulthood Second Edition A Five-Factor Theory Perspective. New York: The Guilford Press
Nasution, J. A., Neviyarni, S., & Alizamar. (2017). Motif siswa menggunakan smartphone dan penggunaannya. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 3(2), 15-29. https://dx.doi.org/10.29210/02017114
Okoye, C. A. F., Harry, H. O. N., & Obikwelu, V. C. (2017). Nomophobia among undergraduate: Predictive influence of personality trait. Practicum Psikologia, 7(2), 64-74
Prasetyo, A., & Ariana, A. D. (2016). Hubungan antara the big five personality dengan nomophobia pada wanita dewasa awal. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental, 5(1), 1-9.
Rahmania, D. B., & Prastuti, E. (2021. Peran dimensi kepribadian terhadap nomophobia mahasiswa. Jurnal Sains Psikologi, 3(1). 9-20
Villar, L. A., Grau, J. B., & Colet, A. V. (2017). Exploratory investigation of theoretical predictor of nomophobia using the mobile phone involvement questionnaire (MPIQ). Journal of Adolescence, 56, 127- 135. https://dx.doi.org/10.1016/j.adolescence.2017.02.003
Yildirim, C. (2014). Exploring the dimensions of nomophobia: Developing and validating a questionnaire using mixed methods research. Graduate Theses and Dissertations, 1-102.
Yulman. (2018). Kehadiran taman digital menunjang program bukittinggi smart city. Retrieved Maret 6, 2021 from http://bukittinggikota.go.id/berita/kehadiran-taman-digital-menunjang-program-bukittinggi-smart-city
Yuwanto, L. (2010). Mobile phone addict. Retrieved Oktober 26, 2020 from https://www.ubaya.ac.id/2018/content/articles_detail/10/Mobile-Phone-Addict.html