Kepuasan Pasien Ditinjau dari Komunikasi Perawat-Pasien

Authors

  • Maya Khairani Universitas Syiah Kuala
  • Desi Salviana Universitas Syiah Kuala
  • Abu Bakar Universitas Syiah Kuala

DOI:

https://doi.org/10.29080/jpp.v12i1.520

Keywords:

kepuasan pasien, komunikasi, komunikasi perawat-pasien

Abstract

Kepuasan pasien sebagai salah satu aspek penting dalam pelayanan kesehatan seringkali dilihat dari berbagai aspek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara komunikasi perawat dengan kepuasan pasien. Sejumlah 95 pasien rawat inap di Rumah Sakit X menjadi responden dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui Skala Komunikasi Perawat-Pasien dan Skala Kepuasan Pasien. Hasil analisis data dengan menggunakan korelasi pearson menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara komunikasi perawat-pasien dengan kepuasan pasien. Dengan kata lain komunikasi efektif yang dilakukan oleh perawat terhadap  pasien akan meningkatkan kepuasan para pasien. Penelitian ini berimplikasi pada budaya organisasi rumah sakit yang mengedepankan komunikasi efektif baik antar sesama tenaga kesehatan maupun dengan para pasien. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andri, G. (2011). Pengaruh kinerja pelayanan RS Islam Ibnu Sina dan Kepuasan pasien sebagai variabel moderator terhadap loyalitas pasien pada RS Islam Ibnu Sina di Sumatera Barat. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 2 (2), 58.

Anjaryani, W. D. (2009). Kepuasan pasien RSUD Tugurejo Semarang. Tesis. Semarang: Program Pascasarjana Universitas Diponegoro. Diakses 20 maret 2012 melalui http:/ejournal.unud.ac.id

Anjaswarni, T. (2016). Komunikasi dalam Keperawatan. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Asrin, Diana, R.S., & Wahyu, E. (2006). Hubungan Pengetahuan Komunikasi Terapeutik terhadap Kemampuan Komunikasi Perawat dalam Melaksanakan Asuhan Keperawatan di Rumah Sakit Elisabeth Purwokerto. Jurnal Keperawatan Soedirman, 1 (2).

Carlita, T. (2011). Hubungan antara Kualitas Komunikasi Interpersonal Petugas Medis dan Pasien Rawat Inap dengan Tingkat Kepuasan Komunikasi Pasien (Kasus di Rumah Sakit Bethesda). Abstrak Tesis. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya. Diakses tanggal 15 Mei 2013 melalui http://adl.aptik.or.id/default.aspx?tabID=61&src=k&id=570154

Devito, J. A. (2013). The Interpersonal Communication Book 13th edition. New Jersey: Pearson Edcation Inc.

Dewi, M. (2012). Pengaruh Pelatihan Timbang Terima Pasien terhadap Penerapan Keselamatan Pasien oleh Perawat Pelaksana di RSUD Raden Mattaher Jambi. Jurnal Health & Sport, 5 (3).

Hanafi, I., & Richard, S.D. (2012). Keterampilan Komunikasi Interpersonal Perawat Berpengaruh pada Peningkatan Kepuasan Pasien. Jurnal STIKES, 5 (2).

Husna, A., Sumarliyah, E., & Tipo, A. 2009. Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Kepuasan Pasien dalam Pelayanan Keperawatan di Rumah Sakit Siti Khodijah Sepanjang. Skripsi. Universitas Muhammadyah Surabaya. Diakses 19 Juni 2013.

Ilkafah., & Harniah. (2017). Perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap Private Care Centre RSUP Dr Wahidin Sudirohusodo Makassar. Jurnal Keperawatan, Vol. 8 No. 2. DOI: https://doi.org/10.22219/jk.v8i2%20Juli.4034

Khotimah, N., Marsito., & Iswati, N. (2012). Hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pelayanan keperawatan di Ruang Inayah Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gombong. Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan, 8 (2): 73-80.

Khairani, M. (2011). The Role of Empathic Services Program for Dentist/Dental Nurse in Improving Communication Skills with Dental Patients in Public Health Center. Proceeding of PICP-Padjadjaran International Conference on Psychology.

Kliszcz, J., Nowicka-Sauer, K., Trzeciak, B., Nowak, P., & Sadowska, A. (2006). Empathy in health care providers-validation study of the Polish version of the Jefferson Scale of Empathy. Advances in Medical Sciences, 51, 219-225.

Kusumo, M. P. (2017). Pengaruh komunikasi terapeutik perawat terhadap kepuasan pasien di Rawat Jalan RSUD Jogja. Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit, 6 (1): 72-81. DOI: 10.18196/jmmr.6130

Mubarak, W.I., Muhith, A., Nasir, A., & Sajidin, M. (2011). Komunikasi dalam Keperawatan: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Medika.

Muchlasin. (2004). Analisis Pengaruh Kompetensi Interpersonal Perawat Terhadap Persepsi Kepuasan Pasien Rawat Inap RSUD Batang. Abstrak Tesis. Semarang: Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro. Diakses tanggal 15 Mei 2013 melalui http://eprints.undip.ac.id/14668/

Muhith, A., & Nasir, A. (2011). Dasar-dasar Keperawatan Jiwa. Jakarta: Salemba Medika.

Mulyana, D. (2001). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Rosda.

Nursalam. (2011). Manajemen Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Nugroho, A.W. (2009). Komunikasi Interpersonal antara Perawat dan Pasien (Studi deskriptif kualitatif aktivitas komunikasi terapeutik antara perawat terhadap pasien di rumah sakit umum daerah dr. moewardi). Abstrak Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. Diakses tanggal 15 Mei 2013 melalui http:// dglib.uns.ac.id/pengguna.php?mn =showview&id =14430

Pangastiti, N. K. (2011). Analisis Pengaruh Dukungan Sosial Keluarga terhadap Burnout pada Perawat Kesehatan di Rumah Sakit Jiwa. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro. Diakses 23 Mei 2013 melalui http://www.eprints.undip.ac.id/29408/1/skripsi008.pdf.

Prakash B. (2010). Patient satisfaction. Journal of cutaneous and aesthetic surgery, 3(3), 151–155. https://doi.org/10.4103/0974-2077.74491

Purba, J.M. (2003). Komunikasi dalam keperawatan. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, 9 (4), 177-184.

Rakhmad, J. (2005). Psikologi Komunikasi. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Salman, N. (2010). Pengaruh Komunikasi Terapeutik Perawat terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Haji Medan. Abstrak Skripsi. Universitas Sumatera Utara. Diakses tanggal 15 Mei 2013 melalui http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/24558

Samikaryani, S. (2009). Hubungan Komunikasi Interpersonal Perawat-Pasien dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Anggrek Rumah Sakit Hospital Cinere. Skripsi. Jakarta: Universitas Pembangunan Veteran. Diakses 27 April 2013.

Sarafino, E. P. (1997). Health Psychology: Biopsychosocial Interactions (3th ed). New York: Wiley.

Siregar, N. S. S. (2016). Komunikasi terapeutik dokter dan paramedis terhadap kepuasan pasien dalam pelayanan kesehatan pada rumah sakit bernuansa islami di kota Medan. Disertasi. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Siti, M., Zulpahiyana., & Indrayana, S. (2016). Komunikasi Terapeutik Perawat Berhubungan dengan Kepuasan Pasien. JNKI, Vol. 4, No. 1, 30-34.

Soviarni. (2019). Hubungan sikap dan perilaku caring perawat terhadap kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap Interne RSU Mayjen H.A Thalib Kerinci tahun 2017. Menara Ilmu, XIII No. 5. DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v13i5.1365

Sudahri. (2012). Peranan Komunikasi Interpersonal Perawat dalam Upaya Penyembuhan Pasien di Rumah Sakit Elizabeth Situbondo. Abstrak Skripsi. Jember: Universitas Muhammadiyah Jember. Diakses tanggal 15 Mei 2013 melalui http://digilib.unmuhjember.ac.id/gdl.php? mod=browse&op =read&id=umj-1x-sudahri-8

Utama, F. (2004). Analisis Pelayanan Bedah Sehari ditinjau dari Sisi Harapan dan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Mardi Rahayu Kudus. Tesis. Semarang: Program Pascasarjana Universitas Diponegoro. Diakses 27 April 2013.

Wahdi, N. (2006). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien sebagai Upaya Meningkatkan Loyalitas Pasien. Tesis. Semarang: Program Pascasarjana Universitas Diponegoro. Diakses 6 Mei 2013.

Worthington, C. (2005). Patient satisfaction with health care: Recent theoretical developments and implications for evaluation practice. The Canadian Journal of Program Evaluation Vol. 20 No. 3 Pages 41–63.

Wright, S. (2012). Patient Satisfaction in the Context of Cancer Care. The Irish Journal of Psychology, 19 (2), 274-282.

Wurtiningsih, B. (2012). The Family Support to Stroke Patients in Neurology Ward Dr. Kariadi Hospital Semarang. Medica Hospitalia, 1 (1), 57-59.

Downloads

Published

2021-04-15

How to Cite

Khairani, M., Salviana, D., & Abu Bakar. (2021). Kepuasan Pasien Ditinjau dari Komunikasi Perawat-Pasien. Jurnal Penelitian Psikologi, 12(1), 9–17. https://doi.org/10.29080/jpp.v12i1.520