Kontrol Diri dan Kecanduan Gadget pada Siswa Remaja

Authors

  • Layli Mumbaasithoh Universitas Gadjah Mada
  • Fiya Ma'arifa Ulya Universitas Gadjah Mada
  • Kukuh Basuki Rahmat Universitas Gadjah Mada

DOI:

https://doi.org/10.29080/jpp.v12i1.507

Keywords:

kontrol diri, kecanduan gadget, belajar dari rumah

Abstract

Penggunaan gadget yang tidak terkontrol pada siswa saat belajar dari rumah dapat menyebabkan kecanduan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dan kecanduan gadget pada siswa remaja di Daerah Istimewa Yogyakarta yang belajar dari rumah selama pandemi. Subjek penelitian berjumlah 30 siswa remaja. Penelitian kuantitatif korelasional ini menggunakan pearson product moment dalam analisis data. Hasil penelitian menunjukkan kontrol diri berkorelasi secara negatif terhadap kecanduan gadget. Semakin tinggi kontrol diri yang dimiliki maka semakin rendah kecenderungan remaja untuk mengalami kecanduan gadget. Selain itu data yang didapatkan melalui open ended questions menunjukkan sejumlah  strategi yang dilakukan siswa agar memiliki kontrol diri yang tinggi yaitu melakukan  manajemen waktu, mengerjakan kegiatan selain menggunakan gadget, dan mendapatkan pengawasan dari orang tua selama belajar dari rumah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adlya, S. I., Yusuf, A. M., & Effendi, Z. M. (2020). The Contribution of Self Control to Student Discipline. Journal of Counseling and Educational Technology, 3(1), 1-5

Ak?n, A., Arslan, S., Arslan, N., Uysal. R., Sahranç, U. (2015). Self-control Management and Internet Addiction. International Online Journal of Educational Sciences, 2015, 7 (3), 95-100.

Al-Barashdi, H. S., Bouazza, A. & Jabur, N. H. (2014). Smartphone Addiction Among University Undergraduates: A Literature Review. Journal of Scientific Research and Reports, 4(2), 210-225. DOI: https://doi.org/10.9734/JSRR/2015/12245

Arifin, H. H., & Milla, M. N. (2020). Adaptasi dan Properti Psikometrik Skala Kontrol Diri Ringkas Versi Indonesia. Jurnal Psikologi Sosial 2020, 18(2), 179-195, Special Issue, DOI: 10.7454/jps.2020.18

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). (2018). Potret Zaman Now Pengguna dan Perilaku Internet Indonesia. Buletin APJII. Edisi 23-April 2018

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). (2017). Infografis Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia Survei 2017. Jakarta: APJII.

Baumeister, R. F., Vohs, K. D., & Tice, D. M. (2007). The Strength Model of Self Control. Current Directions in Psychological Science, 16(1), 351–355. DOI: https://doi.org/10.1111/j.1467-8721.2007.00534.x

Bhattacharyya, R. (2015). Addiction to Modern Gadget and Technologies Across Generations. Eastern Journal of Psychiatry, 18(2), 24-30

Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget pada Perkembangan Karakter Anak. 17(2), 23-30

Chasanah, A. M., & Kilis, G. (2018). Adolescents’ Gadget Addiction and Family Functioning. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 139 Published by Atlantis Press.

Dhamayanti, M., Dwiwina, R. G., & Adawiyah, R. (2019). Influence of Adolescents’ Smartphone Addiction on Mental and Emotional Development in West Java, Indonesia. Majalah Kedokteran Bandung, Volume 51 No. 1, March 2019

Dörnyei, Z. (2007). Research Methods In Applied Linguistics. New York: Oxford University Press.

Etikan, I., Musa, S. A., & Alkassim, R. S. (2016). Comparison of Convenience Sampling and Purposive Sampling. American Journal of Theoretical and Applied Statistics. 5(1), 1-4. DOI: https://doi.org/10.11648/j.ajtas.20160501.11

Hurlock, E.B. (2008). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Erlangga.

Jahja, Y. (2012). Psikologi Perkembangan. Jakarta : Kencana.

Lee, J., & Cho, B. (2015). Effects of Self-Control and School Adjustment on Smartphone Addiction among Elementary School Students. International Journal of Contents, 11(3), 15-20, DOI: http://doi.org/10.5392/IJoC.2015.11.3.001

Kemdikbud.go.id. (2020). Penyesuaian Keputusan Bersama Empat Menteri tentang Panduan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Kemdikbud.

Kwan, H. C. & Leung, M. T. (2015). The Path Model of Parenting Style, Attachment Style, Self-Regulation and Smartphone Addiction. In Jane M. Montague & Lee Ming Tan (Ed.), Applied Psychology Proceedings of the 2015 Asian Congress of Applied Psychology (ACAP 2015) (pp. 108-131). Singapore: World Scientific Publishing Company.

Kwon, Min., Kim, Dai-Jin., Cho, Hyun., & Yang, Soo. (2013). The Smartphone Addiction Scale: Development and Validation of a Short Version for Adolescents. PLOS ONE, 8(12), 40-45.

Milla, M. N., & Arifin, H. H. (2020). Adaptasi dan Properti Psikometrik Skala Kontrol Diri Ringkas Versi Indonesia. Jurnal Psikologi Sosial, 18(2), 179-195, DOI: https://doi.org/10.7454/jps.2020.18

Muflih, M., Hamzah, H., & Puniawan, A. (2017). Penggunaan Smartphone dan Interaksi Sosial pada Remaja di SMA Negeri 1 Kalasan Sleman Yogyakarta. Idea Nursing Journal, Vol. VIII No.1, 2017 ISSN : 2087-2879, e-ISSN : 2580 – 2445

Ningtyas, S. D. Y. (2012). Hubungan Antara Self Control Dengan Internet Addiction Pada Mahasiswa. Educational Psychology Journal, 1 (1), 15-26.

Obinna, E. N., & Kabari, L. G. (2018). Generations of Internet (Past, Present, and Future). International Journal of Computer Applications, 181(9), 889-899.

Pamungkas, C. (2015). Global Village dan globalisasi dalam konteks ke-Indonesiaan. Global & Strategis, 9(2), 20-28.

Prensky, M. (2001). Digital Natives, Digital Immigrant : On The Horizon. MCB University Press. Vol 9(5), 15-19

Putri, N. F.R., & Prasetyaningrum, S. (2018). The Relationship Between Self Control with Intensity of Playing Online Games on the School Children. Jurnal PSIKODIMENSIA, 17(2), 51-56.

Santrock, J. W. (2012). Life-Span Development; Perkembangan Masa Hidup Edisi Ketigabelas Jilid I. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Shirinkam, M. S., Shahsavarani, A. M et. al (2016). Internet Addiction Antecedents: Self-Control As a Predictor. International Journal of Medical Research & Health Sciences, 5(5), 143-151

Soo Cha, S., & Kyung Seo, B. (2018). Smartphone Use And Smartphone Addiction In Middle School Students In Korea: Prevalence, Social Networking Service, And Game Use. Health Psychology Open, 6(2), 1-15. DOI: https://doi.org/10.1177/2055102918755046

Soltysik-Piorunkiewicz, A. (2013). The Development of Mobile Internet Technology and Ubiquitous Communication in a Knowledge-Based Organization. Online Journal of Applied Knowledge Management,1(1), 27-34

Sulistio, E. N., Puspa, D. R., Dwi, D. I., Anggoro, H., Ervin, M. S., & Kiereda, S. K. (2020). Hubungan Self Control dengan Internet Addiction pada Remaja. Jurnal Psikologi Wijaya Putra, 1(3), 61-68

Suseno, M. N. (2012). Statistika Teori dan Aplikasi untuk Penelitian Ilmu Sosial dan Humaniora. Yogyakarta: Penerbit As Shaff.

Tangney, J. P., Baumeister, R. F., & Boone, A. L. (2004). High Self-Control Predicts Good Adjustment, Less Pathology, Better Grades, and Interpersonal Success. Journal of Personality, 72(2), 45-53

Wardhani, F. P. (2018). Student Gadget Addiction Behavior in the Perspective of Respectful Framework. Konselor, 7(3), 35-42, DOI: https://doi.org/10.24036/0201872100184-0-00

Waycott, J., Bennett, S., Kennedy, G., Dalgarno, B., & Gray, K. (2010). Digital Divides? Student And Staff Perceptions Of Information And Communication Technologies. Computers & Education, 54 (2), 1202–1211, DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2009.11.006

Downloads

Published

2021-04-28

How to Cite

Layli Mumbaasithoh, Fiya Ma’arifa Ulya, & Kukuh Basuki Rahmat. (2021). Kontrol Diri dan Kecanduan Gadget pada Siswa Remaja. Jurnal Penelitian Psikologi, 12(1), 33–42. https://doi.org/10.29080/jpp.v12i1.507