Dukungan Sosial dengan Organization Based Self Esteem pada Generasi Y

  • Edwin Fathur Deriyanto UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Suryani UIN Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Dukungan Sosial, Organization Based Self Esteem, Generasi Y

Abstract

Organization based self-esteem (OBSE) adalah kepercayaan bahwa individu memiliki kemampuan dan keyakinan dalam berpartisipasi dan melakukan pekerjaan di dalam organisasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat  hubungan antara dukungan sosial dengan organization based self esteem. Subjek penelitian ini berjumlah 100 orang yang memiliki kriteria sebagai generasi Y yang aktif bekerja di kabupaten Sidoarjo. Pengambilan sampling menggunakan  accidental teknik sampling. Analisis data dalam penelitian menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi dukungan sosial maka semakin tinggi pula organization based self esteem yang dimiliki. Dinamika terbentuknya organization based self esteem pada responden yang variatif dan karakteristik responden yang lebih bervariasi dapat menjadi pertimbangan untuk penelitian selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ade, I. P. & Ilhamudin, dkk (2015). Pengaruh Perceived Organizational Support dan Organization Based Self Esteem terhadap Work Engagement, Jurnal Psikologi, volume 1, 40-50.

Adi, I. (2012). Pengaruh Organization Based Self Esteem terhadap Komitmen Organisasional dan dampaknya pada Kinerja karyawan, jurnal, volume 8.

Almasitoh, U. H. Stres Kerja Ditinjau dari Konflik Peran Ganda dan Dukungan Sosial pada Perawat, Jurnal Psiologi Islam, Volume 8 No. 1 63-82.

Alsacia, J. 2011. Hubungan Antara dukungan Sosial Dengan Stres Kerja Pada Karyawan. Skripsi. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Apollo & Cahyadu, A. (2012). Konflik Peran Ganda Perempuan Menikah yang Bekerja Ditinjau dari Dukungan Sosial Keluarga dan Penyesuaian Diri, Widya Warta No. 02 Tahun XXXV.

Armenakis, A. A., Harris SG. & Mossholder, K. (1993). Creating readiness for organizational change, Human Relations, 46, 681-703.

Azwar, S. (2011). Reliabilitas dan Validitas, Pustaka Pelajar

Bowling, N. A. (2010) A Meta-Analytic Examination of thr Relationship between Job Stasfaction and Subjective Well Being, Journal of Psychology.

Chen, M. F., dkk (2016). Organization-based self-esteem mediates the effects of social support and job satisfaction on intention to satay in nurses, Journal of Management, volume 24, Issue 1.

Conley. (2006). Breaking Free from the Anxiety Trap. Oktober 04, 2009.

Data Penduduk Sidoarjo. Diunduh 3 Februari 2019, daru BPS: http://bps.go.id.

Employee Turnover. Diunduh 20 Oktober, dari CH2MHILL: https://www.ch2m.com/corpporate/sr/society/employee-turnover.asp

Eisner, S. P. (2005). Managing Generation Y. Advanced Managament Journal, 4-15.

Farok, A. F. A. & Zainal M. R. S. (2017). Talent Management At Service Sector : Linking Organizational Based self esteem To servant Leadership, Interactional Justice and Job Dedication, Journal of Scientific Research, Volume 10. Issue 4, 363-371.

Ganster, D. C., Fusilier, M. R., & Mayes, B. T. (1986). Role of social support in the experience of stress work, Journal of Psychology.

Hadi, Sutrisno. (2000). Metodologi research. Yogyakarta, Andi Yogyakarta.

Heydrarian, M. & Abhar, S. (2011). Factors contributing to employees turnover intention, Segi Review Vol. 04 no.2.

Husein umar, (2009). Metode penelitian untuk skripsi dan tesis bisnis, Jakarta, Rajawali Pers, 78.

Ibrahim, I. H. (2014). The relationship Between Job Stress, Co-Worker Support and Organization Based Self Esteem : A Survey Across Different Occupations, Journal of Art, Science & Commerce, Volume V, Issue 2.

Isnawati, D. & Suhariadi, F. (2013). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Masa Persiapan Pensiun, Jurnal Industri dan Organisasi, 1-6.

Korman, A. K. (1970). Toward an hypothesis of work behavior. Journal of Applied Psychology, 54: 31-41.

Korman, A. K. (1971). Organizational achievement, aggression and creativity: Some suggestions toward an integrated theory. Organizational Behavior and Human Performance, 6. 593-613.

Lan, K. (2004). TheNew Strategic Management : Organization, Co-creatin Unique.

Lane, J., Lane, A. M., & Kyprianou, A. (2004). Self-efficacy, self-esteem and their impact on academic performance. Social Behavior and Personality: An international journal, 32(3), 247-256.

Lazarus, R. S. (1991). Emotion and Adaptation, New York, Oxford University Press.

Low, A. (2013, Maret 14). Worker turnover rate rising. says Hay study.

Margono, (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta, PT. Rineka Cipta.

Mathis, L. R. & Jackson, H. J. (2001). Manajemen Sumber Daya manusia, Jakarta, Buku Kedua.

Mercer Talent Consulting & Information Solution. Diunduh 25 Oktober, 2018, dari http://swa.co.id/swa/trends/managememnt/turnover-talent-tinggi-ini-dia-pemicunya-survei.

Parasuraman, A. (1991). Marketing Service:Competing Through, New York Free Press.

Pierce, J. L, & Gardner, D. G, (2004), Self esteem within the work and organizational contect : A review of the organization-based self-esteem literature, Journal of management, 591-622.

Quick, J. C., & Quick, J. D. (1984). Organizational stress and preventive management, New York, McGraw-Hill.

Rivai, A. (2001). Media Pengajaran, Bandung, CV Sinar Baru.

Romadona, M. R. (2018). Peran Harga Diri dalam Organisasi dan Komunikasi Organisasi terhadap Keterlibatan Kerja Peneliti di suatu Lembaga Riset, Jurnal Pekommas, Volume 3 No. 2.

Sarafino, E. P. (1990). Health Psychology: Biopsychosocial Interactions. New York: John Willey & Sons, Inc.

Schaufeli & Bakker, (2006). Dr Jekyll or Mr Hide? On The Differences Between Work Engagement and Workaholism, USA and UK, Edward Elgaard Publishing.

Skinner, B. F. (2013). Ilmu pengetahuan dan perilaku manusia. Yogyakarta; Pustaka Pelajar.

Thoits. (1986). Social support as coping assistance. Journal of Consulting and Clinical Psychology, 54, 416-423.

Toly, A. (2001). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi, Turnover Intention pada Staff Publik, Jurnal Bisnis.

Twenge, J. M., & Campbell, S. M. (2008). Generational Differences in Phychological Traits and Their Impact on the Workpace. Journal of Managerial Psychology, 862-877.

Yang, Z. & Zhang H. dkk (2018). Crossover Effects of Servant Leadhership and Job Social Support on Employee Spouses: The Mediating Role of Employee Organization Based Self Esteem, Journal of Business Ethics, Volume 147, Issue 3.

Zemke, R, Raines, C, & Filipczak, B. (2000). Generation at Work Managing the Clash of Veterans, Boomers, Xers anf Nexters in your workplace. New York : American Management Association.

Published
2020-10-30
How to Cite
Edwin Fathur Deriyanto, & Suryani. (2020). Dukungan Sosial dengan Organization Based Self Esteem pada Generasi Y. Jurnal Penelitian Psikologi, 11(2), 92-99. https://doi.org/10.29080/jpp.v11i2.456