MOTIVASI CALEG PEREMPUAN DITINJAU DARI ASAL PARTAI POLITIK

  • Siti Hajar Sri Hidayati Universitas Syiah Kuala
  • Risana Rachmatan Universitas Syiah Kuala
  • Eka Dian Aprilia Universitas Syiah Kuala

Abstract

Kesetaraan gender merupakan hal yang paling penting untuk mencegah diskriminasi yang terjadi di masyarakat. Terdapat beberapa cara untuk mencapai kesetaraan gender, salah satunya dengan memberikan kesempatan pada perempuan untuk mempengaruhi kebijakan politik seperti berpartisipasi dalam politik dengan menjadi calon legislatif. Persentase perempuan yang rendah di lembaga legislatif, khususnya legislatif di Aceh menunjukkan bahwa perempuan masih belum berpartisipasi aktif. faktor penyebab minimnya persentase perempuan adalah motivasi yang rendah. Motivasi merupakan pendorong tingkah
laku individu sesuai arah tujuan. Ada tiga jenis need yang mempengaruhi tingkah laku individu yaitu need for power, need for affiliation dan need for achievement.Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan motivasi calon legislatif perempuan ditinjau dari partai nasional dan partai lokal. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 69 calon legislatif, yang terdiri dari 35 caleg partai lokal dan 34 caleg partai nasional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala motivasi yang terdiri dari 24 pernyataan. Hasil analisis data menggunakan uji statistik independent samples t-test menunjukkan nilai P=0,023 (0,023 < 0,05). Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan motivasi pada caleg perempuan partai nasional dengan caleg perempuan partai lokal.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Siti Hajar Sri Hidayati, Universitas Syiah Kuala
Program Studi Psikologi
Risana Rachmatan, Universitas Syiah Kuala
Program Studi Psikologi
Eka Dian Aprilia, Universitas Syiah Kuala
Prodi Psikologi
Published
2017-03-24
How to Cite
HIDAYATI, Siti Hajar Sri; RACHMATAN, Risana; APRILIA, Eka Dian. MOTIVASI CALEG PEREMPUAN DITINJAU DARI ASAL PARTAI POLITIK. Jurnal Penelitian Psikologi, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 1-14, mar. 2017. ISSN 2087-3441. Available at: <http://jurnalfpk.uinsby.ac.id/index.php/JPP/article/view/45>. Date accessed: 23 nov. 2017.