Metode Pembelajaran Mind Mapping dan Musik Klasik terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa MAN

  • Ambar Sulianti UIN Sunan Gunung Djati
  • Sukma Nurwidiani UIN Sunan Gunung Djati
  • Siti Sarah Irvani Siregar
Keywords: Mind mapping, Musik klasik, Hasil belajar

Abstract

Tidak semua ruangan kelas dapat kondusif menunjang konsentrasi belajar siswa sehingga berdampak kepada hasil belajar. Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas mind mapping dan musik klasik terhadap peningkatan hasil belajar sejarah pada siswa MAN dalam kondisi ruangan  berisik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen pre-test dan post-test dengan kelompok kontrol. Total 100 siswa MAN bertindak sebagai subjek penelitian, terbagi dalam 3 kelompok yaitu kelompok kontrol dalam ruangan hening, kelompok yang menggunakan mind mapping, serta kelompok yang menggunakan mind mapping dan musik klasik. Analisis inferensial digunakan untuk melihat perbedaan pre-test dan post-test dengan uji Kruskal Walls. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar sejarah secara signifikan pada ketiga kelompok. Efektifitas peningkatan hasil belajar menggunakan mind mapping saja atau gabungan mind mapping dan musik klasik, sama dengan hasil belajar menggunakan ruangan hening.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Jarf, R. (2015). the Journal of Teaching English for Specific and Academic Purposes a Model for Enhancing Efl Freshman Students’ Vocabulary With Mind-Mapping Software. 3(3), 509–520.

Aviana, R., & Hidayah, F. F. (2015). Pengaruh Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa terhadap Daya Pemahaman Materi pada Pembelajaran Kimia di SMA Negeri 2 Batang. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 3(1), 30–33.

Campbell, D. G. (2001). Efek mozart. Gramedia Pustaka Utama.

Dirnberger, D. (2016). The use of mindmapping software for patent search and management. World Patent Information, 47, 12–20. https://doi.org/10.1016/j.wpi.2016.08.004

Exercise & Sport Psychology. (2014). SPORTPSYCH WORKS. Concentration and Attention in Sport, 2(1), 1–2.

Halil, A., Yanis, A., & Noer, M. (2015). Pengaruh Kebisingan Lalulintas terhadap Konsentrasi Belajar Siswa SMP N 1 Padang. Jurnal Kesehatan Andalas, 4(1).

Hasan, A. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasioanal Balai Pustaka

Hu, D.-H., & Yu, X.-J. (2016). Construct Primary Education Semantic Ontology Library Based Mind Mapping. ITM Web of Conferences, 7, 04010. https://doi.org/10.1051/itmconf/20160704010

Julianto, V., Dzulqaidah, R. P., & Salsabila, S. N. (2014). Pengaruh mendengarkan murattal Al Quran terhadap peningkatan kemampuan konsentrasi. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(2), 120–129.

Kustap, K. (2006). Musik Klasik Mozart Dan Beethoven Suatu Refleksi Konsep Estetika Plato (the Clasical Music of Mozart and Bethoven a Reflection of Platoâ€TM s Aesthetic Concept). Harmonia Journal of Arts Research and Education, 7(1), 62018.

Mori, F., Naghsh, F. A., & Tezuka, T. (2014). The effect of music on the level of mental concentration and its temporal change. CSEDU 2014 - Proceedings of the 6th International Conference on Computer Supported Education, 1, 34–42. https://doi.org/10.5220/0004791100340042

Nasih, A M dan Kholidah, L N. (2009). Metode dan Tehnik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT. Refika Aditama.

Panjaitan, D. J. (2020). Musik Mozart Sebagai Pengiring Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi dan Belajar Matematika. Jurnal MathEducation Nusantara, 3(1), 40–48.

Parikh, N. D. (2016). Effectiveness of Teaching through Mind Mapping Technique. The International Journal of Indian Psychology, 3(3), 148–156.

Ramadhona, R. (2016). Penggunaan Mind Map Diiringi Musik Klasik Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas Viii Smpn 1 Sawahlunto. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 1–7. https://doi.org/10.22342/jpm.10.2.3636.87-92

Rohyatun, R. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI Dengan Menerapkan Model Dua Tinggal Dua Tamu Di SD Negeri 27 Ampenan Semester Dua Tahun Pelajaran 2017/2018. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 2(2).

Suryani, M. Syauqi, P. D. M. (2017). Improving Students ’ Reading Comprehension Improving Students ’ Reading Comprehension. (November), 315–318.

Susanti, L. B., Poedjiastoeti, S., & Taufikurohmah, T. (2018). Validity of worksheet-based guided inquiry and mind mapping for training students’ creative thinking skills. Journal of Physics: Conference Series, 1006(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1006/1/012015

Tony, B. (2006). BukuPintar Mind Map.Jakarta: GramediaPustakaUtama. Hal 4-12.

Waloyo, E. (2017). the Implementation of Mind Mapping Technique in Teaching Writing: a Case Study At Man 13 Jakarta. ELT Echo : The Journal of English Language Teaching in Foreign Language Context, 2(1), 72. https://doi.org/10.24235/eltecho.v2i1.1596

Wilson, K., Copeland Solas, E., & Guthrie-Dixon, N. (2016). A Preliminary study on the use of Mind Mapping as a Visual-Learning Strategy, in General Education Science classes for Arabic speakers in the United Arab Emirates. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, 16(1), 31–52. https://doi.org/10.14434/josotl.v16i1.19181

Published
2020-04-28
How to Cite
SuliantiA., NurwidianiS., & SiregarS. S. I. (2020). Metode Pembelajaran Mind Mapping dan Musik Klasik terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa MAN . Jurnal Penelitian Psikologi, 11(1), 16-25. https://doi.org/10.29080/jpp.v11i1.363