Fashion Involvement, Shopping Lifestyle dan Pembelian Impulsif Produk Fashion
DOI:
https://doi.org/10.29080/jpp.v11i1.350Keywords:
Pembelian impulsif, Fashion involvement, Shopping lifestyleAbstract
Pembelian secara impulsif seringkali terjadi pada produk pakaian terutama saat ada trend model baru dan tawaran potongan harga. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan fashion involvement dan shopping lifestyle dengan pembelian impulsif pada produk fashion. Menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional, penelitian ini melibatkan 76 mahasiswi yang tinggal di kos sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fashion involvement dan shopping lifestyle secara simultan memiliki hubungan yang signifikan dengan pembelian impulsif pada produk fashion. Kedua variable tersebut ikut berkontribusi terhadap terbentuknya perilaku impulsif buying. Selain itu masing-masing variable baik fashion involvement maupun shopping lifestyle juga memiliki hubungan yang signifikan dengan pembelian impulsif.
Downloads
References
Betty R, Jackson. Michael Ivlc. Kee. (2004). Audit Information Dissemination, Tax Payer Communication and Tax Compliance: An Experimental Investigation of Inderect Audit Effect. The National Tar Association Minneapolis MN
Engel, J Blackwell, R & Miniard, P. (1995). Perilaku Konsumen. Jakarta: BinarupaAksara
Hermanto, A. (2016). The Influence of Financial Condition, Size Company, and Reputation Auditor the Previos Year on Audit Opinion Going Concern. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. Vol. 5, No. 9
Japarianto, E & Sugiono, S. (2011). Pengaruh Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement terhadap Impulsif Buying Behavior Masyarakat Hight Income Surabaya. Journal Manajemen Pemasaran. 6 (1). Pp 31-41
Kacen, J.J, Lee, J.A. (2002). The Influence of Culture on Consumer Impulsif Buying Behavior. Journal of Consumer Psychology. Vol.12 (2), pp 163-176
Kaiser, Ahmed, Manzoor A. Thokar, Abu baker S. Toboli, Bashir A. Fomda, Gulnaz Bashir. (2010). Extended Spectrum Beta-Lectamase Mediated Resistance in Eschrichia Coli in a Tertiary Care Hospital in Kashmir, India. African Journal of Microbiology Research: 4(24), 2721-2718
Kaiser, Ahmed, Manzoor A. Thokar, Abu baker S. Toboli, Bashir A. Fomda, Gulnaz Bashir. (2010). Extended Spectrum Beta-Lectamase Mediated Resistance in Eschrichia Coli in a Tertiary Care Hospital in Kashmir, India. African Journal of Microbiology Research: 4(24), 2721-2718
Kim, P. J & Forney. (2006). A Structural Modal of Fashion-Oriented Impulse Buying Behavior. Journal of Fashion Marketing and Management. Vol. 10, pp. 433-446
Kosyu, D.A. (2014). Pengaruh Hedonic Shopping Motives terhadap Shopping Lifestyle dan Impulse Buying (Survei pada Pelanggan Outlet Stradivarius di Galaxy Mall Surabaya). 14(2). 1-7
Levy, Michael daan Barton A, Weitz. (2009). Retailing Management. Seventh Edition. International Edition, McGraw Hill
Loudon, D.L dan Della Bitta, A.J. (1993). Consumer Behavior: Consepts and Application.Singapore:McGrowHill,In
Mowen, John C dan Michael Minor. (2001). Perilaku Konsumen (Jilid 1) Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga
NEFE. (2010). https://www.nefe.org . (Diakses pada tanggal 23 April 2020)
Park, dkk. (2006). A Structural Model of Fashion-Oriented Impulse Buying Behavior. Journal of Fashion Marketing and Management. Vol,10. Pp,433-446
Peter dan Olson. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi Kesembilan, Diterjemahkan oleh: Diah Tantri Dwiandani. Jakarta: Salemba Empat
Prastia, F.E. (2013). Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement dan Hedonic Shopping Value terhadap Impulse Buying Behavior Pelanggan Toko Elizabeth Surabaya. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol, 17. No,2
Sangadji, E.M & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: ANDI
Savitrie, Dian. (2008). Pola Perilaku Pembelian Impulsif
Seo, J.Hathcote. M.J & Sweaney, L.A. (2001). Casualwear Shopping Behavior of College Menin Georgia. Journal of Fashion Marketing and Management. 5. 208-222
Setiadi, I. M & Warmika, I. G. (2015). Pengaruh Fashion Involvement terhadap Impulse Buying Konsumen Fashion yang Dimediasi Positive Emotion Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud. Vol. 4, 1684-1700
Verplanken, B & Herabadi,A. (2001). Individual Differences in Impulse Buying Tendency: Feeling and No Thingking. European Journal of Personality. Vol 15