Konseling Pendekatan Terapi Realitas untuk Mengatasi Prokrastinasi Akademik
DOI:
https://doi.org/10.29080/jpp.v11i1.346Keywords:
Prokrastinasi akademik, Konseling, Terapi realitasAbstract
Prokrastinasi akademik ditandai dengan ketidakmampuan mengatur waktu, menentukan prioritas, fokus terhadap tugas yang dimiliki, mengarahkan diri dan mengatur tindakannya sehingga banyak tugas yang tertunda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas konseling dengan pendekatan terapi realitas untuk mengatasi prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Penekanan terapi realitas adalah membuat individu bertanggung jawab atas tindakan yang dipilih. Penelitian kuantitatif eksperimental ini menggunakan single case experiment design. Pengumpulan data dilakukan melalui serangkaian asesmen yaitu wawancara, tes intelegensi IST, tes grafis, EPPS, Tes Informal, dan asesmen pendidikan. Setelah intervensi, subjek menunjukkan perubahan yang positif dalam pengerjaan tugas. Dengan kata lain, konseling dengan pendekatan realitas mampu membantu permasalahan prokrastinasi akademik.
Downloads
References
Akinsola, K. M., Tella, A. & Tella, A. (2007). Correlates of academic procrastination and mathematics achievement of University Undergraduate Students, 3 (4), 363-370
Burka, J. B. & Yuen, L.M. (2008). Procrastination: Why You Do it, What to do about it now. USA: Perseus Book Group.
Cao, L. (2012). Examining “active” Procrastination From A Self Regulated Learning Perspective: An International Journal of Experimental Educational Psychology. USA: University of West Georgia.fer
Corey, G. (2009). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy 8th Edition. USA: Thomson Brooks/Cole.
Ferrari, J. R. Johnson, J.L. & Mc Cown, W. G. (1995). Procrastination and Task Avoidance, Theory, Research and Treatment. New York: Pelnum Press
Ghufron. (2010). Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media Group.
Gladding, S. T. (2012). Konseling: Profesi yang menyeluruh. Jakarta: Indeks
Knaus, W. (2010). End Procrastination Now! Get it Done With A Proven Psychological Approach. USA: The McGraw-Hill Companies.
Rizvi, A., Prawitasari., J.E., & Soetijono, H. P. (1997). Pusat Kendali dan Efikasi diri sebagai predictor terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa. Psikologika nomor 2 tahun 11, hal 51-66