Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

  • Artikel merupakan tulisan ilmiah di bidang penelitian psikologi yang belum pernah diterbitkan dalam media cetak lain.
  • Artikel ditulis dengan sistematika sebagai berikut :
  • Judul, ditulis dengan model title-case, dengan jumlah kata tidak lebih dari 15 kata
  • Nama penulis (tanpa gelar) dan instansi asal beserta alamat untuk korespondensi (nama jalan, kota, kode pos, e-mail, telepon, atau fax);
  • Abstrak (bahasa Inggris dan bahasa Indonesia), terdiri atas 150-200 kata dan ditulis miring/italic dengan spasi tunggal. Abstrak memuat latar belakang masalah, tujuan penulisan, hipotesis penelitian (bila ada/diperlukan), subjek penelitian, metode penelitian, dan hasil penelitian);
  • Kata kunci (keyword), maksimal 5 konsep yang diurutkan dari kata kunci yang utama sampai kata kunci penunjang;
  • Pendahuluan (mencakup latar belakang masalah, tinjauan pustaka, dan rumusan masalah);
  • Metode penelitian, berisi penjelasan tentang variabel penelitian, definisi operasional, subjek penelitian, metode pengumpulan data, dan metode analisis data;
  • Hasil dan pembahasan
  • Simpulan dan saran
  • Pustaka Acuan, disusun berdasarkan acuan APA Style dan hanya pustaka yang dikutip dalam artikel yang dicantumkan.
  • Teknik penulisan artikel mengikuti ketentuan sebagai berikut :
  • Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris yang memenuhi kaidah bahasa Indonesia/Inggris yang baku;
  • Artikel ditulis dalam bentuk essay, sehingga tidak ada format numerik (atau abjad) yang memisahkan antar bab/bagian, atau untuk menandai bab/bagian baru;
  • Setiap kutipan harus dituliskan sumbernya pada akhir kutipan dengan menggunakan running note, bukan footnote atau endnote. Misalnya :

....(Silverman, 1993)

  • Di dalam penulisan artikel, hindari penggunaan dot points, pengabjadan, atau penomeran seperti ini :

1....

2....

Tetapi lebih baik ditulis sebagai berikut : 1)...., 2)..... dst

  • Tabel dan gambar/grafik dibuat sesederhana mungkin dalam format MS Word. Tabel terdiri atas nomer tabel, judul tabel (di atas), “catatan keterangan” bila diperlukan (di bagian bawah tabel, untuk menjelaskan singkatan-singkatan dalam tabel). Penulisan tabel hanya menggunakan garis-garis horizontal, jangan menggunakan garis vertikal;
  • Penulisan pustaka acuan ditulis sesuai tat tulis menurut acuan APA Style sebagaimana tercantum dalam Publication Manual of The American Psychological Association (2001, 5th ed.) dan disusun secara alfabetis dari nama akhir penulis utama.
  • Buku teks

Silverman, D. (2003). Interpreting qualitative data, metods for analiyzing talk, text and interaction. London: Sage Publications.

  • Buku teks bunga rampai

Levine, J.M. & Moreland, R.L. (1998). Small groups. In Gilbert, D., Fiske S., & Lindzey (eds.). The handbook of Social pschycology. Boston: McGraw-Hill.

  • Artikel dari jurnal

Shaw, M.C. &McCuen, J.T. (2000). The onset of academic underachievement on bright children. Journal of educational Psychology, 51, 103-108.

  • Artikel dari surat kabar harian/mingguan/bulanan
  • Ada Pengarang

Supriatna, Y. (2007, 20 Maret). Gaya Hidup “Sakit”. Kompas, hlm. 27.

  • Tanpa Pengarang

Penganggur Terdidik Apa yang Salah (2006, 15 November). Kompas, hlm. 27

  • Artikel dari internet

Smith, R.C. (2007). Teacher education for teacher-leaner autonomy. Diakses dari http://www.warwick.ac.uk/esldr/teacher_autonomy.pdf pada tanggal 16 Pebruari 2008.

  • Artikel ditulis pada kertas A4 menggunakan program MS Word, jenis huruf Times New Roman, diketik dengan spasi 1,5 cm dengan panjang tulisan berkisar antara 15-25 halaman;
  • Artikel dikirimkan lewat email: editorjpp@uinsby.ac.id

Artikel yang masuk dievaluasi oleh dewan penyuting. Penyuting dapat melakukan perubahan pada tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengubah maksud dan konten tulisan. Artikel yang masuk akan diberi informasi/jawaban melalui alamat email/telepon pengirim.

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.