Growth Mindset Guru: Studi Efektivitas Pelatihan Menumbuhkan Growth Mindset pada Guru

Authors

  • Fatin Rohmah Wahidah Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Sheila Anjarani Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Nur'aeni Nur'aeni Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Gunawan Gunawan Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Nindya Pranita Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.29080/ipr.v4i2.755

Keywords:

growth midset, guru, pelatihan , sekolah menengah pertama

Abstract

Motivasi menjadi hal penting untuk dimiliki guru. Salah satu variabel yang baru-baru ini diteliti dalam dunia pendidikan dan diketahui berpengaruh pada motivasi adalah growth mindset. Beberapa penelitian untuk menguji efektivitas pelatihan growth mindset, namun belum diketahui efektivitasnya pada guru. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas pelatihan growth mindset pada guru, apakah terdapat perbedaan growth mindset guru sebelum dan setelah mengikuti pelatihan growth mindset? Sebanyak 15 guru dari sekolah menengah pertama berpartisipasi dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, kuasi eksperimen. Sekelompok guru diberikan perlakuan dengan sebelumnya diberikan pre-test dan post-test setelahnya untuk mengetahui perbedaan growth mindset yang dimiliki guru. Adapun pre-test dan post-test dilakukan dengan memberikan skala growth mindset guru (α Cronbach = 0,783). Wilcoxon test paired sample menjadi teknik analisis statistik yang digunakan dalam studi ini. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak terdapat perbedaan signifikan growth mindset pada guru, sebelum dan setelah mengikuti pelatihan growth mindset (M differences= 0.15; SE differences = 0.725; p>0,05), namun terjadi peningkatan skor mean setelah pelatihan. Studi lebih lanjut dibutuhkan agar terjadi efektivitas. Hasil penelitian lain yang berkaitan juga didiskusikan pada bagian pembahasan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ady, F., & Wijono, D. (2013). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal MAKSIPRENEUR, 2(2), 101–112. https://doi.org/10.52160/ejmm.v4i6.417

Ardiana, T. E. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Akuntansi Smk Di Kota Madiun. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 17(02). https://doi.org/10.29040/jap.v17i02.11

Chrisantiana, T. G., & Sembiring, T. (2017). Pengaruh Growth dan Fixed mindset terhadap Grit pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas “X” Bandung. Humanitas (Jurnal Psikologi), 1(2), 133. https://doi.org/10.28932/humanitas.v1i2.422

Dweck, C. S. (2006). Mindset (The New Psychology of Success). Random House.

Dweck, Carol. (2015). Teachers’ Mindsets : “Every Student Has Something To Teach Me.” Educational Horizons, January, 10–15.

Fadri, Saam, Z., & Suarman. (2021). Relationship Between Achieving Motivation And Work Satisfaction With Teacher Performance In Junior High School In Bangkinang District City Kampar District. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 9(1), 1–13.

Gravetter, F., & Wallnau, L. (2014). Essentials of Statistics for the Behavioral Sciences (8th ed.). Wadsworth.

HIMPSI. (2010). Kode etik psikologi Indonesia. Surakarta : Pengurus Pusat Himpunan Psikologi Indonesia.

Herbert-Smith, K (2018). Growth mindset: the key to successful teaching? Retrieved from https://blog.irisconnect.com/uk/community/blog/5-attributes-of-a-growth-mindset-teacher/ November 11, 2021

Hughes, B.L.; Zaki, J. The neuroscience of motivated cognition. Trends Cogn. Sci. 2015, 19, 62–64.

Imran, R., Makhdalena, & Chairilsyah, D. (2021). Effects of motivation and compensation on teacher performance smp negeri of kecamatan enok indragiri hilir regency. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 9(1), 32–41.

Mayasari, S. N., Isjoni, & Hadriana. (2021). Pengaruh sertifikasi profesi guru dan motivasi kerja terhadap kinerja guru sd negeri di gugus flamboyan kecamatan bangkinang kota. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 9(1), 42–49.

Muhibbin, M. A., & Suryanto, S. (2020). Grit Model of Shadow Teacher ( Phenomenology Study of Grit in Shadow Teacher in Inklusi School Program ). Prosiding Seminar Nasional 2020 Fakultas Psikologi Umb, September.

Ng, B. (2018). The neuroscience of growth mindset and intrinsic motivation. Brain Sciences, 8(2). https://doi.org/10.3390/brainsci8020020

Paunesku, D., Walton, G. M., Romero, C., Smith, E. N., Yeager, D. S., & Dweck, C. S. (2015). Mind-set interventions are a scalable treatment for academic underachievement. Psychological science, 26(6), 784-793

Supriadi, S. (2018). Upaya meningkatkan motivasi dan kinerja guru. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 3(2), 90. https://doi.org/10.29210/02250jpgi0005

Wahidah, F R, & Royanto, L. R. M. (2019). Peran Kegigihan Dalam Hubungan Growth Mindset Dan School Well-Being Siswa Sekolah Menengah. Jurnal Psikologi TALENTA. https://ojs.unm.ac.id/talenta/article/view/7618

Wahidah, Fatin Rohmah, Setyadi, E. J., & Grafiyana, G. A. (2021). Efektivitas Pelatihan Growth mindset Pada Siswa Sma. Psycho Idea, 19(1), 103. https://doi.org/10.30595/psychoidea.v19i1.9147

Yeager, D. S., & Dweck, C. S. (2012). Mindsets that Promote Resilience: When Students Believe That Personal Characteristics Can Be Developed. Educational Psychologist, 47, 302-314. http://dx.doi.org/10.1080/00461520.2012.722805

Zhao, Y., Niu, G., Hou, H., Zeng, G., Xu, L., Peng, K., & Yu, F. (2018). From Growth mindset to Grit in Chinese Schools: The Mediating Roles of Learning Motivations. Frontiers in Psychology, 9. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2018.02007

Downloads

Published

2022-07-23

How to Cite

Wahidah, F. R., Anjarani, S., Nur’aeni, N., Gunawan, G., & Pranita, N. (2022). Growth Mindset Guru: Studi Efektivitas Pelatihan Menumbuhkan Growth Mindset pada Guru. Indonesian Psychological Research, 4(2), 78–84. https://doi.org/10.29080/ipr.v4i2.755