Kontribusi Dukungan Sosial Dosen Pembimbing dan Orang Tua Terhadap Psychological Well-Being Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi

Authors

  • Megawati Batubara Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran
  • Auliani Meidina Universitas Padjadjaran
  • Shahnaz Salsabila Rahman Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.29080/ipr.v4i2.729

Keywords:

Dukungan Sosial, Dosen Pembimbing, Orang Tua, Mahasiswa, Kesejahteraan Psikologis

Abstract

Penyusunan skripsi merupakan salah satu tuntutan bagi setiap mahasiswa yang berada pada jenjang perguruan tinggi. Proses penyusunan skripsi ini seringkali dirasa menekan dan menjadi sumber stres yang berpengaruh pada kondisi kesejahteraan psikologis (psychological well-being) mahasiswa. Untuk itu, agar mahasiswa dapat menghadapi tuntutan/sumber stres saat sedang menyusun skripsi, mahasiswa membutuhkan dukungan sosial dari orang terdekat, yaitu dosen pembimbing dan orang tua. Dengan adanya dukungan dari lingkungan akademik dan keluarga, mahasiswa lebih merasa sejahtera, mampu menghadapi tantangan dan kesulitan, serta dapat menyelesaikan skripsi dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode korelasional pada 104 mahasiswa yang sedang menyusun skripsi pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) X di Bandung. Teknik pengambilan data menggunakan dengan metode pengisian kuesioner. Alat ukur yang digunakan adalah dukungan sosial (Cobb, 1976) dan The Ryff Scale of Psychological Well-Being (1996). Pengolahan data dilakukan dengan uji normalitas dari masing-masing variabel menggunakan kolmogorov-smirnov dan uji non-parametrik rank spearman correlation. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa nilai kontribusi yang diberikan dukungan sosial dosen pembimbing dan orang tua terhadap psychological well-being mahasiswa yang sedang menyusun skripsi tergolong lemah, meskipun kedua varibel tersebut memiliki hubungan yang signifikan. Ditemukan pula bahwa dukungan sosial dari dosen pembimbing lebih berkontribusi memberikan psychological well-being pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi, dibandingkan dukungan sosial dari orang tua. Secara lebih spesifik, dimensi dukungan penghargaan dari dosen pembimbing dan orang tua memiliki korelasi yang paling baik terhadap dimensi-dimensi psychological well-being.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Auliani Meidina, Universitas Padjadjaran

Fakultas Psikologi

Shahnaz Salsabila Rahman, Universitas Padjadjaran

Fakultas Psikologi

References

Aisyah, Siti. (2018). Gambaran Coping Stress pada Mahasiswa yang Sedang Menyusun skripsi di Fakultas Psikologi Unpad (Skripsi yang tidak dipublish). Program Studi Psikologi – S1, Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran, Sumedang.

Astuti, T. P., & Hartati, S. (2013). Dukungan Sosial Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi (Studi Fenomenologis Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Undip). Jurnal Psikologi, 12 (1), 1-13. https://doi.org/10.14710/jpu.12.1.1-13.

Azizah, F. N. (2021). Hubungan Dukungan Sosial Dengan Kesejahteraan Psikologis Mahasiswa Tingkat Akhir Dimasa Pandemi Covid-19 Yogyakarta (Skripsi yang tidak dipublish). Program Studi Keperawatan – S1, Fakultas Kesehatan Universitas Jenderal Achmad Yani, Yogyakarta.

Cobb, S. (1976). Social Support as a Moderator of Life Stress. Psychosomatic Medicine, 38(5), 300–314. doi:10.1097/00006842-197609000-00003.

Dhanti, M. Z. (2017). Hubungan Dimensi Strenght Self-Efficacy dengan Dukungan Sosial Teman pada Mahasiswa yang sedang Menyusun Skripsi (Skripsi yang tidak dipublish). Program Studi Psikologi – S1, Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran, Sumedang.

Diah, D. N., Lubis, F. Y., & Witriani, W. (2020). Efek Moderasi Resiliensi terhadap Hubungan antara Perfeksionisme dengan Kecemasan Mengerjakan Skripsi. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 6 (2).

Dinova, A. K. (2016). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Psychological Well-Being Pada Remaja Panti Asuhan (Skripsi yang tidak dipublish). Program Studi Psikologi – S1, Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang.

Fadli, F. L. (2012). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Psychological Well-Being Pada Mahasiswa (Skripsi yang tidak dipublish). Program Studi Psikologi – S1, Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang.

Johnson, R.B., Christensen, L. (2014). Educational Research : Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches. London : Sage Publication.

Natallia, C. D. (2019). Hubungan Dukungan Sosial dengan Psychological Well-Being pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi (Skripsi yang tidak dipublish). Universitas Surabaya, Jawa Timur.

Nugroho, Y. A. (2020). Hubungan Dukungan Sosial Keluarga Dengan Psychological Well-Being Pada Narapidana Anak di Lapas Klas 1 Kutoarjo. Jurnal Basicedu, 4(1), 36-43.

Parliya, R. (2018). Studi Deskriptif Mengenai Stress Berdasarkan Penilaian Primer pada Mahasiswa yang Sedang Menyusun Skripsi di Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran (Skripsi yang tidak dipublish). Program Studi Psikologi – S1, Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran, Sumedang.

Purba, M.T.(2013). Hubungan antara Dukungan Sosial Teman dengan Psychological Well-being pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran yang Sedang Menyusun Skripsi (Skripsi yang tidak dipublish). Program Studi Psikologi – S1, Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran, Sumedang.

Ryff, Carol & Singer, Burton. (1996). Psychological Weil-Being: Meaning, Measurement, and Implications for Psychotherapy Research. Psychotherapy and psychosomatics. 65. 14-23. 10.1159/000289026.

Ryff, C. D. (2014). Psychological well‐being revisited: Advances in the science and practice of eudaimonia. Psychotherapy and Psychosomatics, 83, 10– 28. doi: 10.1159/000353263.

Ryff, C. D. (2018). Eudaimonic well-being: Highlights from 25 years of inquiry. In K. Shigemasu, S. Kuwano, T. Sato, & T. Matsuzawa (Eds.), Diversity in harmony - Insights from psychology: Proceedings of the 31st International Congress of Psychology (p. 375–395). John Wiley & Sons Ltd. https://doi.org/10.1002/9781119362081.ch20.

Saputra, M. R. (2020). Hubungan Dukungan Sosial Dan Psychological Well-Being Pada Mahasiswa Yang Sedang Menempuh Skripsi Di Universitas Airlangga (Skripsi yang tidak dipublish). Program Studi Psikologi – S1, Fakultas Psikologi Universitas Airlangga, Surabaya.

Sari, S. M. (2021). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Kesejahteraan Psikologis Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Di Universitas Islam Riau Skripsi yang tidak dipublish). Program Studi Psikologi – S1, Fakultas Psikologi Universitas Islam Riau, Pekan Baru.

Solichah, I., Warni, W. E., & Wijaya, A. B. (2022). Dukungan Sosial Pelatih dan Internal Locus of Control Dengan Psychological Well-Being Pada Atlet Disabilitas. Indonesia Performance Journal, 5(2), 52-59.

Sugiarto, J. A. S., & Soetjiningsih, C. H. (2021). Dukungan Sosial Orang Tua dan Psychological Well-Being Pasca Putus Cinta Pada Dewasa Awal. Psikologi Konseling, 18(1), 833-843.

Uchino, B. N. (2004). Social support and physical health:Understanding the health consequences of physical health. New Haven, CT: Yale University Press.

Wang, X., et. al. (2014). Social Support Moderates Stress Effects on Depression. International Journal of Mental Health Systems. 8, 41.

Downloads

Published

2022-07-23

How to Cite

Batubara, M., Meidina, A. ., & Rahman, S. S. (2022). Kontribusi Dukungan Sosial Dosen Pembimbing dan Orang Tua Terhadap Psychological Well-Being Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi. Indonesian Psychological Research, 4(2), 71–77. https://doi.org/10.29080/ipr.v4i2.729