Kematangan Karier Siswa: Peranan Tipe Kepribadian dan Dukungan Sosial

Authors

  • Mida Tahmidiyatul Milah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Deden Sudirman Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fridayanti Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29080/ipr.v4i1.644

Keywords:

Kematangan karier, big five personality, dukungan sosial

Abstract

Kematangan karier merupakan kesiapan individu dalam menentukan karier yang tepat di masa mendatang sesuai dengan pengetahuan yang diperlukan untuk membuat pilihan karier yang realistis. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peranan atau pengaruh faktor kepribadian dan dukungan sosial terhadap kematangan karier siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis kausalitas. Responden penelitian ini sebanyak 205 partisipan (perempuan 164 orang dan laki-laki 41orang; dengan rentang usia 17-19 tahun mean = 17 sd = 0.54). Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner big five personality (BFI, Pervin, & John, 1999), dukungan sosial (social provisions scale, Cutrona, C. E., Russell, D. W. 1987), dan kematangan karier (CMI-Form C, Savickas 2011). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda.  Hasil penelitian menunjukan bahwa dukungan sosial berkontribusi secara signifikan terhadap kematangan karir baik secara simultan atau terpisah. Adapun dalam hal factor kepribadian, meski secara Bersama-sama factor kepribadian dan dukungan sosial berpengaruh terhadap kematangan karir, namun bila ditelisik lebih jauh diperoleh hasil bahwa faktor kepribadian concientiounesslah  yang memiliki peran signifikan terhadap kematangan karir, Adapun faktor-faktor kepribadian lainnya tidak berpengaruh secara signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Mida Tahmidiyatul Milah, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Fakultas Psikologi

Deden Sudirman, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Fakultas Psikologi

Fridayanti, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Fakultas Psikologi

References

Ariati, J., & Muntamah. (2016). Hubungan antara Kelekatan terhadap Teman Sebaya dengan Kematangan Karir pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Trucuk Klaten. Jurnal Empati, 5(4), 705–710.

Atli, A. (2017). Five-Factor Personality Traits as Predictor of Career Maturity. Eurasian Journal of Educational Research, 68, 151–165. https://doi.org/10.14689/ejer.2017.68.8

Cutrona, C., Russell, D., & Rose, J. (1986). Social Support and Adaptation to Stress by the Elderly. Psychology and Aging, 1(1), 47–54. https://doi.org/10.1037/0882-7974.1.1.47

Fitria Rahmi, D. P. (2017). Kematangan karir ditinjau dari jenis kelamin dan jenis sekolah di kota Padang. Jurnal RAP UNP, 8(1), 24–35. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/psikologi/article/view/7949

Ghanis, Y. (2015). Correlation Between Social Support With Career Maturity On High School Students In Bogor. Skripsi. http://weekly.cnbnews.com/news/article.html?no=124000

Herin, M., & Sawitri, D. R. (2017). Dukungan Orang Tua Dan Kematangan Karir Pada Siswa Smk Program Keahlian Tata Boga. Jurrnal Empati, 6(1), 301–306.

https://www.bps.go.id/. (n.d.).

Herlina. (2013). Perkembangan Masa Remaja (Usia 11/12 – 18 tahun). Mengatasi Masalah Anak Dan Remaja Melalui Buku. Bandung: Pustaka Cendekia Utama. https://www.bps.go.id/. (n.d.).

Iman, S., Siwabessy, D. L. B., M.Pd, Komalasari, G., & M.Psi. (2014). Hubungan antara Efikasi Diri Dengan Kematangan Karir Siswa Kelas XI SMKN 8 Jakarta. 31–37.

John, O. P., & Srivastava, S. (1999). Big Five Inventory (BFI). Journal Film Quarte, 51(4), 65–66. https://doi.org/10.2307/1213263

Juwitaningrum, I. (2013). Program Bimbingan Karir untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa SMK. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 132–147. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v2i2.2580

Levinson, E. M., Ohler, D. L., Caswell, S., & Kiewra, K. (1998). Six Approaches to the Assessment of Career Maturity. Electronic Journal, 76, 107–114.

Listyowati, A., Andayani, T. R., & Karyanta, N. A. (2012). Hubungan Antara Kebutuhan Aktualisasi Diri dan Dukungan Sosial dengan Kematangan Karir pada Siswa Kelas XII SMAN 2 Klaten. Jurnal Wacana Psikologi, 116–145.

Naila, K., Nugraha, K. A., & Arif, S. T. (n.d.). Hubungan antara Adversity Quotient dan Dukungan Keluarga dengan Kematangan Karir Remaja Yatim di SMA di Surakarta. 14–27.

Ratnaningsih, I. Z., Kustanti, E. R., Prasetyo, A. R., & Fauziah, N. (2016). Kematangan Karier Siswa Smk Ditinjau Dari Jenis Kelamin Dan Jurusan. Humanitas, 13(2), 112–121.

Pramanasari, S. F. (2019). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Kematangan Karir Mahasiswa Perantau. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(8), 542–555.

Saifuddin, A., Ruhaena, L., & Pratisti, W. D. (2017). Meningkatkan Kematangan Karier Peserta Didik SMA dengan Pelatihan Reach Your Dreams dan Konseling Karier. Jurnal Psikologi, 44(1), 39–49. https://doi.org/10.22146/jpsi.17378

Savickas, M. L. (2001). A Developmental Perspective on Vocational Behaviour?: Career Patterns , Salience , and Themes. International Journal for Educational and Vocational Guidance, 1, 49–57.

Savickas, M. L., & Porfeli, E. J. (2011). Revision of the Career Maturity Inventory: The Adaptability Form. Journal of Career Assessment, 19(4), 355–374. https://doi.org/10.1177/1069072711409342

Sri, M. (2011). Studi Tentang Hubungan Dukungan Sosial, Penyesuaian Sosial Di Lingkungan Sekolah Dan Prestasi Akademik Siswa SMPIT Assyfa Boarding School Subang Jawa Barat. Jurnal Psikologi Undip, 10(2), 103–114. https://doi.org/10.14710/jpu.10.2.103-114

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&d.

Super, D. E. (1980). A Life-Span , Life-Space Approach to Career Development. Journal of Vocational Behavior, 16, 282–298.

Downloads

Published

2021-12-22

How to Cite

Milah, M. T., Sudirman, D. ., & Fridayanti. (2021). Kematangan Karier Siswa: Peranan Tipe Kepribadian dan Dukungan Sosial. Indonesian Psychological Research, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.29080/ipr.v4i1.644