Peran Keterampilan Sosial Terhadap Kesiapan Kerja Lulusan Sarjana di Sumatra Barat

Authors

  • Widia Sri Ardias UIN Imam Bonjol Padang
  • Dahyatul Qolbi Universitas Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.29080/ipr.v4i1.585

Keywords:

keterampilan sosial, kesiapan kerja

Abstract

Tingkat pengangguran di Sumatra Barat mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya khususnya pada lulusan sarjana (BPS, 2020). Kurangnya kesiapan kerja yang dipengaruhi oleh keterampilan sosial ditenggarai sebagai penyebab munculnya kondisi ini. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis peran keterampilan sosial terhadap kesiapan kerja lulusan program sarjana di Provinsi Sumatera Barat. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis regresi linear. Populasi penelitian ini 327.150 orang lulusan sarjana yang belum bekerja. Sampel penelitian berjumlah 401 orang lulusan program sarjana yang belum bekerja hingga tahun 2020 dengan teknik penarikan sampel purposive sampling. Hasil penelitian ini menemukan bahwa keterampilan sosial memiliki peran yang signifikan terhadap kesiapan kerja. Aspek keterampilan dasar berinteraksi terbukti merupakan aspek dari keterampilan sosial yang memiliki peran paling besar dibandingkan dengan tiga aspek lainnya. Pembekalan terhadap calon sarjana dibutuhkan selanjutnya untuk membekali mereka dengan keterampilan sosial yang berfokus pada pengembangan keterampilan dasar berinteraksi agar mereka lebih siap memasuki dunia kerja.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Widia Sri Ardias, UIN Imam Bonjol Padang

Program Studi Psikologi Islam

Dahyatul Qolbi, Universitas Imam Bonjol Padang

Program Studi Psikologi Islam

References

Ardias, W. (2019). Pengaruh Employability Program Berbasis KSA Terhadap Kesiapan Kerja. Majalah Ilmu Pengetahuan dan Pemikiran Keagamaan Tajdid, 21(1), 65-78. doi:https://doi.org/10.15548/tajdid.v21i1.251

Azwar, S. (2010). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Badan Pusat Statistik Sumatera Barat. (2020). Keadaan Ketenagakerjaan Sumatera Barat Februari 2020. Padang: Badan Pusat Statistik.

Baiti, RD. dkk. (2017). Carrer Self Efficacy dan Kesiapan Kerja Pada Mahasiswa Semester Akhir . Jurnal Psikologi Integratif. 5(2).

Brady, R. (2010). Kesiapan Kerja bagi Inventaris Administrator. Jakarta: Akasia.

Firdaus, ZZ. (2012). Pengaruh Unit Produksi, Prakerin dan Dukungan Keluarga Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi. 2(3).

Hamdan. (2018). Industri 4.0: Pengaruh Revolusi Industri Pada Kewirausahaan Demi Kemandirian Ekonomi. Jurnal Nusamba. 3(2).

Isnaini, NSN & Lestari, R. (2015). Kecemasan Pada Pengangguran Terdidik Lulusan Universitas. Jurnal Indigeous. 13(1).

Maryani, E. (2011). Pengembangan Program Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Putri, SDNO dan Purnamasari, A. (2014). Keterampilan Sosial pada Siswa Taman Kanak-Kanak Tahfidz. Jurnal Psikologi Integratif. 2(1).

Prasetyo, H & Sutopo, W. (2018). Industri 4.0: Telaah Klasifikasi Aspek dan Arah Perkembangan Riset. Jurnal Teknik Industri. 13(1).

Rai, N.G.M. (2015). Social Skill Training (SST) Sebagai Intervensi Pada Anak Dengan Gangguan Sikap menentang. Jurnal Sosial Humaniora. 8(1).

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia tentang Pendidikan Tinggi nomor 12 tahun 2012.

Yusof, H. dkk. (2012). Measurement Model of Employability Skills Using Confirmatory Factor Analysis. Procedia – Social and Behavioral Sciences.

Downloads

Published

2022-01-23

How to Cite

Ardias, W. S., & Qolbi, D. (2022). Peran Keterampilan Sosial Terhadap Kesiapan Kerja Lulusan Sarjana di Sumatra Barat. Indonesian Psychological Research, 4(1), 60–70. https://doi.org/10.29080/ipr.v4i1.585