Hubungan Self Confidence dan Self Awareness dengan Komunikasi Efektif pada Mahasiswa

  • Sirri Nahzatun Qowimah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Kays Jiddan Almahira UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Delvina Alifah Rahma UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Akmal Budi Satrio UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Hanum Miftahun Nuzul UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Shofwatun Nada Yuliana Puteri UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Nova Lusiana UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Esti Novi Andyarini UIN Sunan Ampel Surabaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara self confidence dan self awareness terhadap variabel komunikasi efektif, aspek tersebut menjadi hal yang sangat dibutuhkan bagi SDM di era industri saat ini. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 Mahasiswa Psikologi UINSA yang masih aktif dalam tahun ajaran 2020-2021. Analisa data yang digunakan menggunakan Regresi Linier Berganda. Hubungan self confidence dan self awareness dan komunikasi efektif adalah sangat signifikan, terlihat dari nilai F sebesar 17,268 dengan nilai p  adalah 0,000 (< 0,05). Variabel self confidence dan self awareness masing-masing memiliki nilai koefisien korelasi 0,393 dan 0,453 terhadap variabel Komunikasi. Hasil uji hipotesis didapatkan kesimpulan bahwa self confidence dan self awareness berhubungan positif terhadap variabel komunikasi efektif dan berdasarkan nilai korelasi dapat dikatakan bahwa self awareness lebih berpengaruh terhadap komunikasi efektif. R Square sebesar 0,263 menunjukkan self confidence dan self awareness secara simultan memberikan kontribusi dalam mempengaruhi komunikasi efektif sebesar 26,3%, sedangkan sisanya 73,7% dipengaruhi oleh variabel atau faktor lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahdiyat, M. (2013). Meningkatkan Efektivitas Komunikasi Antarpribadi Melalui Layanan Konseling Kelompok pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 3 Kendal Tahun Ajaran 2012-2013 [Under Graduates, Universitas Negeri Semarang]. https://lib.unnes.ac.id/17209/.

Akbar, M. Y. A., Amalia, R. M., & Fitriah, I. (2018). Hubungan Relijiusitas dengan Self Awareness Mahasiswa Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam (Konseling) UAI. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 4(4), 265–270. https://doi.org/10.36722/sh.v4i4.304.

Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 156–170. https://doi.org/10.33449/jpmr.v3i2.7520.

Andini, R. N., Widiastuti, R., & Pratama, M. J. (2019). Hubungan Kepercayaan Diri dengan Komunikasi Interpersonal. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 7(2), Article 2. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/18232.

Andriaty, S. N., Hartaty, N., & Adelia, A. (2018). Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Kemampuan Komunikasi Dalam Diskusi PBL Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Abulyatama Angkatan 2016. Jurnal Aceh Medika, 2(1), 58–64.

Anggraini, W. D. (2010). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dan Komunikasi Interpersonal Dengan Interaksi Sosial Pada Remaja Siswa Kelas XI SMA Negeri 8 Surakarta. Universitas Negeri Surakarta, 2(4).

Aries Suprapto, H. (2018). Pengaruh Komunikasi Efektif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Khazanah Pendidikan, 11(1). https://doi.org/10.30595/jkp.v11i1.2308.

Demak, I. P. K., Juraejo, F. A. J., & Rupawan, I. K. (2019). Hubungan Kepercayaan Diri dalam Kemampuan Komunikasi pada Metode Pembelajaran Problem Based Learning Mahasiswa Kedokteran Universitas Tadulako. Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako), 5(1), 39–44. https://doi.org/10.22487/htj.v5i1.111.

Diniyah, A. N., Akbar, G. A. M., Akbar, P., Nurjaman, A., & Bernard, M. (2018). Analisis Kemampuan Kemampuan Penalaran dan Self Confidence Siswa dalam Materi Peluang. Journal on Education, 1(1), 14–21. https://doi.org/10.31004/joe.v1i1.5.

Fadlillah, M. F. (2018). Peran komunikasi organisasi dengan Self Awareness pada anggota Komunitas Independent Megapro Lumajang [Undergraduate, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/10961/.

Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1–5. https://doi.org/10.29210/02017182.

Fitriana, Farida, U., & Abrianto, T. H. (2018). Pengaruh Motivasi, Self Awareness Dan Komunikasi terhadap Disiplin Kerja Karyawan di Perusahaan Daerah Air Minum (Pdam) Kabupaten Ponorogo. Asset: Jurnal Ilmiah Bidang Manajemen dan Bisnis, 1(2), 11–23. http://dx.doi.org/10.24269/asset.v1i2.2557.

Fluerentin, E. (2012). Latihan Kesadaran Diri (Self Awareness) dan Kaitannya dengan Penumbuhan Karakter. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(1), 9–18. https://doi.org/10.21067/jip.v1i1.472.

Frankel, J., & Wallen, N. (1993). How to Design and Evaluate Research in Education (2nd ed.). McGraw-Hill Inc.

Govender, D. B. (2017). In times of uncertainty, using self-awareness and strategic foresight to build trust [Mini Dissertation, University of Pretoria]. https://repository.up.ac.za/handle/2263/59833.

Gunawan, D. (2011). Model Bimbingan Karir Komprehensif untuk Pengembangan Karir Siswa Tunarungu. JASSI Anakku: Jurnal Asesmen dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus, 10(1), 51–59.

Hasanah, H. (2015). Pengaruh Komunikasi Interpersonal dalam Menurunkan Problem Tekanan Emosi Berbasis Gender. 11(1), 51–74.

Hilapok, M. O. (2017). Self Awareness dan Implikasinya pada Usulan Topik Program Pengembangan Diri (Studi Deskriptif pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Angkatan 2014 Universitas Sanata Dharma Yogyakarta) [Sanata Dharma University]. https://repository.usd.ac.id/9225/.

Indrayati, N., Iqomh, M. K. B., & Fahdiyah, H. (2021). Penerapan Komunikasi Efektif Orang Tua untuk Pencegahan Kekerasan Verbal pada Anak. Jurnal Dikemas, 1(1), 5–12.

Khoriroh, N. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Keterampilan terhadap Kemampuan Public Speaking Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta [Universitas Negeri Yogyakarta]. https://eprints.uny.ac.id/56244/.

Maharani, L., & Mustika, M. (2016). Hubungan Self Awareness dengan Kedisiplinan Peserta Didik Kelas VIII di SMP Wiyatama Bandar Lampung (Penelitian Korelasional Bidang Bk Pribadi). KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(1), 57–72. https://doi.org/10.24042/kons.v3i1.555.

Mastiara. (2017). Hubungan Antara Harga Diri Dan Kepercayaan Diri Dengan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Mesta Limbong. (2017). Pengembangan Diri Mahasiswa Di Fakultas Keguruan Iimu Pendidikan Universitas Kristen Indonesia (FKIP – UKI). Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(2), 248–255.

Mirhan, J. B. K. J. (2016). Hubungan antara Percaya Diri dan Kerja Keras dalam Olahraga dan Keterampilan Hidup. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 12(1), 86–96. https://doi.org/10.21831/jorpres.v12i1.9499

Mitayani, F. (2017). Kecerdasan Emosional Perawat dengan Kepuasan Pasien di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Menara Ilmu, 11(75), Article 75. https://doi.org/10.33559/mi.v11i75.164.

Nurika, B. (2016). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kepercayaan Diri Remaja Yang Mengunggah Foto Selfie Di Instagram (Ditinjau Dari Jenis Kelamin Dan Usia) [S1, Universitas Muhammadiyah Surakarta]. http://eprints.ums.ac.id/48321/.

Purnomo, D. P., & Harmiyanto, H. (2016). Hubungan Keterampilan Komunikasi Interpersonal dan Kepercayaan Diri Siswa Kelas X SMAN 1 Garum Kabupaten Blitar. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 55–59. http://dx.doi.org/10.17977/um001v1i22016p055.

Puspitasari, R. P., & Laksmiwati, H. (2012). Hubungan Konsep Diri dan Kepercayaan Diri dengan Kemampuan Komunikasi Interpersonal pada Remaja Putus Sekolah. Jurnal Psikologi: Teori & Terapan, 3(1), 58–66. http://dx.doi.org/10.26740/jptt.v3n1.p58-66.

Putri, S. A. P. (2012). Karir dan Pekerjaan di Masa Dewasa Awal dan Dewasa Madya. 3(3), 193–212.

Rakhmat, J. (2011). Psikologi Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya.

Riyadi, A., & Hasanah, H. (2015). Pengaruh Kesadaran Diri dan Kematangan Beragama terhadap Komitmen Organisasi Karyawan RSUD Tugurejo Semarang. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(1), 102–112. https://doi.org/10.15575/psy.v2i1.451.

Sahputra, D., Syahniar, S., & Marjohan, M. (2016). Kontribusi Kepercayaan Diri dan Kecerdasan Emosi terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa serta Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Konselor, 5(3), 182–193. https://doi.org/10.24036/02016536554-0-00.

Salim, A. (2015). General Self-Confidence and Its Implication on Students’ Achievement in Oral Presentation. JEELS (Journal of English Education and Linguistics Studies), 2(2), Article 2. https://doi.org/10.30762/jeels.v2i2.95.

Sastrawinata, H. (2011). Pengaruh Kesadaran Diri, Pengaturan Diri, Motivasi, Empati, Dan Keterampilan Sosial Terhadap Kinerja Auditor Pada Kap Di Kota Palembang. Sosialita, 1(2), 1–19.

Suhanti, I. Y., Dwi Nikmah Puspitasari, & Rakhmaditya Dewi Noorrizki. (2018). Keterampilan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa UM. Perkembangan Masyarakat Indonesia Terkini Berdasarkan Pendekatan Biosikososial.

Vega, A. D., Hapidin, H., & Karnadi, K. (2019). Pengaruh Pola Asuh dan Kekerasan Verbal terhadap Kepercayaan Diri (Self-Confidence). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 433–439. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.227.

Published
2021-07-30
How to Cite
QowimahS. N., AlmahiraK. J., RahmaD. A., SatrioA. B., NuzulH. M., PuteriS. N. Y., LusianaN., & AndyariniE. N. (2021). Hubungan Self Confidence dan Self Awareness dengan Komunikasi Efektif pada Mahasiswa. Indonesian Psychological Research, 3(2), 109 - 120. https://doi.org/10.29080/ipr.v3i2.565