Social Story untuk Menurunkan Perilaku Agresif Anak dengan Retardasi Mental

Authors

  • Novia Solichah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.29080/ipr.v3i2.540

Keywords:

social story, interaksi social, perilaku agresif, anak dengan retardasi mental

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas social story untuk mengurangi perilaku agresif pada anak dengan retardasi mental. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen yang berbentuk single subject research dengan desain grafik A-B-A’. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang anak dengan retardasi mental ringan (WISC, IQ: 69), berjenis kelamin perempuan di sebuah Sekolah Dasar. Subjek memiliki kecenderungan  perilaku agresif,. Subjek kesulitan untuk memulai berinteraksi dengan orang lain dengan guru maupun teman, subjek sering menendang, memukul, dan menggigit orang lain pada saat subjek berinteraksi dengan orang lain. Data diukur menggunakan frekuensi untuk melihat berapa kali subjek melakukan tindakan memukul, menendang, dan menggigit orang lain. Metode pengumpulan data menggunakan observasi langsung. Secara kuantitatif, hasil penelitian menunjukkan bahwa intervensi yang dilakukan mampu menurunkan perilaku memukul, menendang, menggigit. Setelah intervensi, subjek menunjukkan perubahan yang positif dalam perilakunya. Dengan kata lain, social story mampu menurunkan perilaku agresif anak dengan retardasi mental.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-07-22

How to Cite

Solichah, N. (2021). Social Story untuk Menurunkan Perilaku Agresif Anak dengan Retardasi Mental. Indonesian Psychological Research, 3(2), 54–62. https://doi.org/10.29080/ipr.v3i2.540