Hubungan antara Konsep Diri, Regulasi Diri dan Tingkat Religiusitas dengan Penyesuaian Diri pada Santri Pondok Pesantren Al-Berr Pasuruan
DOI:
https://doi.org/10.29080/ipr.v3i2.511Keywords:
Konsep Diri, Regulasi Diri, Religiusitas, Penyesuaian Diri, SantriAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara konsep diri, regulasi diri dan tingkat religiusitas dengan penyesuaian diri pada santri Pondok Pesantren Al Berr Pasuruan. Penelitian ini dilakukan pada santri baru Pondok Pesantren Al-Berr dengan jumlah sampel sebanyak 80 orang yang dipilih menggunakan teknik purposive random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner model skala Likert yang terdiri dari skala konsep diri, skala regulasi diri, skala tingkat religiusitas dan skala penyesuaian diri. Metode analisis data menggunakan teknik analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis dengan satu variabel terikat yaitu penyesuaian diri dan tiga variabel bebas yaitu konsep diri, regulasi diri, dan tingkat religiusitas diperoleh nilai F=15.358, dengan nilai Rx1x2x3 sebesar 0,614 dan nilai p = 0,000 (p<0,05) maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan konsep diri, regulasi diri, tingkat religiusitas dengan penyesuaian diri pada santri pondok pesantren Al Berr Pasuruan.
Downloads
References
Ancok, D., & Suroso, F. N. (1994). Psikologi Islami. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Asrori, M., & Ali, M. (2006). Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Astuti, A. P., Rosra, M., & Zulkifli, R. R. (2014). Hubungan Konsep Diri Positif dengan Penyesuaian Diri Mahasiswa FKIP Unila Luar Lampung. ALIBKIN : Jurnal Bimbingan Konseling. Volume 3 Nomor 4 Tahun 2014. Diunduh dari http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/9583
Baron, R. A, & Byrne, D, E,.(2004). Social Psychology (Loth Ed).USA : Person
Berzonsky, M.D. (1981). Adolescent Development. New York: Mc. Millan Publishing Co, Inc.
Calhoun, J. F. & Acocella, J. R. (2010). Psikologi Tentang Penyesuaian dan Hubungan Kemanusiaan (Terjemahan oleh Satmoko, R.S.) edisi ketiga. Semarang : Penerbit IKIP Semarang.
Furhman, B.S. (1990). Adolescent. Illinois: Scoot Foresman and Company.
Ghufron, M.N., & Risnawita, R. (2014). Teori-teori Psikologi, Yogyakarta, Ar-Ruzz Media.
Irene, S, Sitorus, S, Warsito, H. (2013). Perbedaan Tingkat Kemandirian Dan Penyesuaian Diri Mahasiswa Perantau Suku Batak Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Character : Jurnal Penelitian Psikologi. Volume 01 Nomor 02, tahun 2013.
Jalaluddin. (2012). Psikologi Agama. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Nawawi. (2019, 29 Juni . Tangis Wali Santri Saat Anaknya Tidak Betah di Pesantren. diunduh dari https://www.nu.or.id/post/read/108010/tangis-wali-santri-saat-anaknya-tidak-betah-di-pesantren
Neal, D. & Carey, K. (2005). A Follow-Up Psychometric Analysis Of The Self-Regulation Questionnaire. Psychology of Addictive Behaviors, 19(4), 414–422.
Nurhasyanah. (2012). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Diri Pada Wanita Infertilitas. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi. Vol,1. No,1.Oktober 2012.
Pemerintah Republik Indonesia. (2003). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. diunduh dari https://pmpk.kemdikbud.go.id/assets/docs/UU_2003_No_20_-_Sistem_Pendidikan_Nasional.pdf
Pintrich, P. R. (2003). A motivational science perspective on the role of student motivation in learning and teaching contexts. Journal of Educational Psychology, 95(4), 667-686.
Rakhmat, J. (2005). Psikologi Agama Sebuah Pengantar. Bandung: Mizan
Siregar, R. J. (2003). Diri Pribadi (Self) dan Kaitannya dengan Penyesuaian Diri : Telaah Mengenai Pengaruh Antar Komponen Diri Pribadi dan Kaitannya dengan Upaya Menghadapi Kehidupan Sosial di abad 21 Pada Mahasiswa UNPAD. Universitas Indonesia. Jakarta.
Widjaja. (2014). Hubungan Lokus Kontrol Internal dengan Regulasi Diri pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Budha (STAB) Maha Prajna Jakarta. Jurnal Psiko Edukasi. Volume 2 Nomor 2 Tahun 2014.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work