Hubungan Prokrastinasi Akademik Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 5 Sd Al-Fath Cirendeu

Authors

  • Fidrayani F UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Ismi Nisa Aulia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.29080/ipr.v3i1.491

Keywords:

Prokastinasi Akademik, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan prokrastinasi akademik dengan hasil belajar Peserta didik sekolah dasar, serta mengetahui seberapa besar tingkat prokrastinasi akademik terhadap hasil belajar bahasa Indonesia dan matematika peserta didik kelas 5 SD Al-Fath. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional deskriptif, besarnya populasi yaitu seluruh siswa kelas 5 SD Al-Fath tahun ajaran 20l9/2020 dan sampel sebesar 99 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampel jenuh. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah menggunakan angket dan dokumen dari hasil penilaian akhir tahun (PAT). Hasil penelitian yang telah didapat yaitu memperlihatkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara prokrastinasi akademik terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia dan matematika yaitu sebesar rxy1 = - 0.33, rxy2 = -0.39 dengan tingkat hubungan berada pada tingkat rendah. Hasil koefisien determinasi pada penelitian ini adalah sebesar 10.9% untuk hubungan prokastinasi akademik dengan hasil belajar bahasa Indonesia dan sebesar 15.4% pada hasil belajar matematika. Maka dari itu, pengaruh atau kontribusi yang diberikan prokastinasi akademik terhadap hasil belajar bahasa Indonesia sebesar 10.9%. dan terhadap hasil belajar matematika sebesar 15.4%, sisanya dipengaruhi oleh faktor yang yang tidak diteliti pada riset ini

 



Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Fidrayani F, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

Ismi Nisa Aulia, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

References

Dani Firmansyah. “Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika.” Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) 6, no. 2 (2013): 37

Dian Evelina et al., “Profil Karakter Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika,” Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematik 04, no. 01 (2020): 415. 77

Ferrari Joseph R, Judith L. Jhonson, William G. McCown. Procrastination and Task Avoidance Theory, Research, and Treatment. New York: Plenum Press, 1995.

Fidrayani, Fauzan, Desi Nahartini , Atik Yuliani, dan Asep Ediana Latip. “Analysis of Goals, Metacognition and Academic Achievement Students’ of Muhammadiyah Malang University.” Proceedings of the 1st International Conference on Recent Innovation 1, no. 1 (2018): 1248.

Kandemir, Mehmet. “Reasons of Academic Procrastination: Self-Regulation, Academic Self-Efficacy, Life Satisfaction and Demographics Variables.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 152 (2014): 188.

Muhammad Ilyas dan Suryadi, “Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Di SMA Islam Terpadu (IT) Boarding School Abu Bakar Yogyakarta,” Jurnal An-nida’ Pemikiran Islam 41, no. 1 (2017): 73

Mularsih, Heni, dan Karwono. Belajar Dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok: Rajawali PRESS, 2017.

Mustikaningsih, Rahajeng, and Gazi Saloom. “Pengaruh Kontrol Diri Dan Kecemasan Terhadap Prokrastinasi Pecinta Alam Uin Syarif Hidayatullah Jakarta.” TAZKIYA Journal of Psychology 18, no. 1 (2013)

Muyana, Siti, “Prokrastinasi Akademik Dikalangan Mahasiswa Program Studi Bimbingan Dan Konseling,” Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling 8, no. 1 (2018): 48

Nitami, Mayrika, Daharnis Daharnis, and Yusri Yusri. “Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prokrastinasi Akademik Siswa.” Konselor 4, no. 1 (2015).

Rosyid, Moh. Zaiful, Mustajab, dan Aminol Rosid Abdullah. Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara, 2019

Solomon, Laura J., and Esther D. Rothblum. “Academic Procrastination: Frequency and Cognitive-Behavioral Correlates.” Journal of Counseling Psychology 31, no. 4 (1984)

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendeketan Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.

Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi Dan Praktiknya. JAKARTA: Bumi Aksara, 2003.

Sulastri, Imran, and Arif Firmansyah. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya.” Jurnal Kreatif Tadulako Online 3, no. 1 (2015): 92.

Suratmi, Rukman Abdullah, dan M. Taufik. “Hubungan Antara Tingkat Kecemasan dengan Hasil Belajar Mahasiswa di Program Studi Pendidikan Biologi UNTIRTA”, Jurnal Pendidikan Biologi 4, no. 1 (2017): 71

Widiseno, F. P, Purwanti, and L Wicaksono. “Studi Deskriptif Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Pontianak.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa 7, no. 8 (2018): 1–9.

Zuraida. “Hubungan Prokrastinasi Akademik Dengan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Potensi Utama.” Kognisi Jurnal 2, no. 1 (2017): 30–41.

Downloads

Published

2021-01-19

How to Cite

F, F., & Aulia, I. N. (2021). Hubungan Prokrastinasi Akademik Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 5 Sd Al-Fath Cirendeu. Indonesian Psychological Research, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.29080/ipr.v3i1.491