Pengaruh Shopping Lifestyle dan Hedonic Motives terhadap Impulse Buying Behavior pada Konsumen Produk Fashion

  • Jeni Randyka Putra Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Soffy Balqies Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Keywords: Shopping Lifestyle, Hedonic Motives, Impulse Buying Behavior, Fashion

Abstract

Studi ini untuk mengetahui hubungan antara shopping lifestyle dan hedonic motives terhadap impulse buying behavior pada konsumen produk fashion. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan penelitian survey serta. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan sampel yang berjumlah 140 responden. Teknik pengumpulan data ini menggunakan kuesioner dengan bantuan SPSS versi 20 serta analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan F = 48.640 serta signifikansi 0,000 < ? =  0,05 bahwa terdapat hubungan yang signifikan. Sehingga shopping lifestyle dan hedonic motives terdapat hubungan yang signifikan terhadap impulse buying behavior pada konsumen produk fashion.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Jeni Randyka Putra, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fakultas Psikologi dan Kesehatan

Soffy Balqies, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fakultas Psikologi dan Kesehatan 

References

Abdul, Muhid. (2012). Analisis Statistik. Sidoarjo: Zifatama.

Arifianti, Ria. (2010). Pengaruh Atribut Supermarket Terhadap Impulse Buying (survei pada Supermarket Di Kota Bandung). Jurnal Strategic, Vol 9, 17.

Astrid Gisela Herabadi. (2003). Perbedaan Individual dalam Kecenderungan Belanja Impulsif: Sarat Emosi dan Pendek Pikir. Jurnal Psikologi, (Volume 12 Nomor 2).Hlm. 58-70.

Betty R. Jackson. "Audit Information Dissemination, Taxpayer Communication, and Compliance: An Experimental Approach." IRS Research Conference, Washington, DC. 2004.

Darma, L. A., & Japarianto, E. (2014). Analisa Pengaruh Hedonic Shopping Value terhadap Impulse Buying dengan Shopping Lifestyle dan Positive Emotion sebagai variable Intervening pada Mall Ciputra World Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 8, No. 2, Oktober 2014.

Hirschman, E.C. dan Holbrook, M.B. (1982). The experiential aspects of consumption: consumer fantasies, feelings and fun, Journal of Consumer Research, Vol. 9 (No. 2) pp. 132-40.

https://radarsurabaya.jawapos.com/read/2019/03/05/123235/daya-beli-naik-ritel-fashion-asing-di-jatim-tumbuh-15-persen Diakses pada 1 Maret 2020.

https://money.kompas.com/read/2019/04/04/123029126/ Diakses pada 1 Maret 2020

Japarianto, E., dan Sugiharto., S. 2011. “Pengaruh Life Style dan fashion Involvement Terhadap Impulse buying Behavior Masyarakat Higj Income Surabaya”, April 2011.

Levy, Michael & Weitz, Barton A., (2009). Retailing Management. New York, Ameriva: McGraw-Hill/Irwin.

Loudon, D.L, dan Della Bitta, A.J, 1993, Consumer Behavior: Concepts and Application, Singapore: Mc.Grow-Hill, Inc.

Lubis, I. F. (2017). Analisis Hubungan Antara Inflasi Dan Pertumnuhan Ekonomi: Kasus Indonesia. QE Journal Vol. 03 No.01, 41-52

Lumintang, Fenny Felicia, 2012, Pengaruh Hedonic Motives terhadap Impulse Buying Melalui Browsing dan Shopping Lifestyle pada Online Shop, Jurnal Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Vol. 1, No.6, ISSN: 2303 162X.

Maruf, H. (2006). Pemasaran Ritel. In Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. https://doi.org/10.1007/s10872- 006-0051-9.

Mowen, John C dan Minor, Micheal. (2012). Perilaku Konsumen dialih bahasakan oleh Dwi Kartika Yahya. Jakarta : Erlangga.

Nuryaman & Veronica Christina. (2015). Metodologi Penelitian Akuntansi dan Bisnis Teori dan Praktek. Bogor: Ghalia Indonesia.

Overby, J.W. and Lee, E.J. 2006. The Effects Of Utilitarian And Hedonic Online Shopping Value On Consumer Preference And Intentions. J Business Research, 59: 1160-1166.

Rook, D. W., & Hoch, S. J. (1985). Consuming impulses. Advances in Consumer Research, 12, 23-27.

Scarpi, D. 2006. Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement dan Hedonic Shopping Terhadap Impulse Buying Behavior Pelanggan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Desember 2015. Vol. 4, No. 12.

Semuel Hatane, 2006. “Dampak Respon Emosi Terhadap Kecenderungan Perilaku Pembelian Impulsif Konsumen Online dengan Sumberdaya yang Dikeluakan dan Orientasi Belanja Sebagai Variabel Mediasi”. Jurnal manajemen dan kewirausahaan.Vol.8.No.2.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Utami, Christina Widya. (2010). Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia, Edisi 2, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Verplanken, B., & Sato, A. (2011, March 26). The psychology of impulse buying: an integrative self-regulation approach. J Consum Policy, hal. 197-210.

Published
2021-01-23
How to Cite
PutraJ. R., & BalqiesS. (2021). Pengaruh Shopping Lifestyle dan Hedonic Motives terhadap Impulse Buying Behavior pada Konsumen Produk Fashion. Indonesian Psychological Research, 3(1), 23-30. https://doi.org/10.29080/ipr.v3i1.487