Model Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru

Authors

  • Muhammad Jamaluddin lecture

DOI:

https://doi.org/10.29080/ipr.v2i2.361

Keywords:

Penyesuaian diri, Mahasiswa baru

Abstract

Salah satu tugas kehidupan seseorang secara psikologis itu diantaranya adalah harus mampu melakukan penyesuaian diri secara terus menerus dengan lingkungan dan perkembangan yang ada. Penyesuaian diri ini sangatlah dibutuhkan oleh setiap individu terutama pada individu yang sedang menginjak masa remaja, karena jika permasalahan penyesuaian diri ini tidak teratasi dengan baik, maka akan menimbulkan masalah-masalah baru dalam kehidupannya. Adapun dari penelitian ini didapatkan hasil adanya problematika penyesuaian diri yang meliputi aspek psikologis, akademis, sosial dan demografis. Sementara penyelesaian atas permasalahan atau problematika penyesuaian diri ini diantaranya melalui aspek internal (yakni dengan cara individu atau mahasiswa tersebut membuat goal setting, manajemen diri ataupun berinteraksi social dengan baik) dan eksternal (adanya kebutuhan terhadap pendampingan psikologis dan konseling dari lembaga).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Affandi, Ghozali Rusyid, dan Hastjarjo, Thomas Dicky.(2011). Pengaruh Tipe Penentuan Tujuan (Goal Setting) Terhadap Performansi Bahasa Inggris Siswa: Dengan Efikasi Diri Dan Kemampuan Awal Bahasa Inggris Sebagai Kovariabel. Jurnal Psikologi. Volume 6 Nomor 1

Arikunto, Suharsimi, (1998), ProsedurPenelitian, suatu pendekatan praktek, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bidjuni, Hendro.(2016). Hubungan Kepercayaan Diri dengan Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Baru Di Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado. e-Jurnal Keperawatan Volume 4 Nomor 2.

Estiane, Uthia. (2015). Pengaruh Dukungan Sosial Sahabat Terhadap Penyesuaian Sosial Mahasiswa Baru di Lingkungan Perguruan Tinggi. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental. Surabaya

Fahmi, Mustafa. (1977). Kesehatan Jiwa dalam Keluarga, Sekolah dan Masyarakat. Bulan Bintang.

Faisal, Sanapiah, (1990), Penelitian Kualitatif, dasar-dasar dan aplikasi, Malang, YA3 IKIP.

Fatimah, Enung. (2006). Psikologi Perkembangan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Fitri, Rayhanatul, dan Kustanti, Erin Ratna. (2018). Hubungan antara efikasi diri akademik Dengan penyesuaian diri akademik pada mahasiswa rantau dari Indonesia Bagian timur di Semarang. Semarang. Jurnal Empati Volume 7 (Nomor 2).

Fortin Laurier, dkk., (2006). Typology of students at risk of dropping out of school: Description by personal, family and school factors. European Journal of Psychology of Education. Vol. XXI, no 4, 363-383

Hamidi. (2005). Metode Penelitian Kualitatif Aplikasi Praktis Pembuatan Proposal dan Laporan Penelitian. Malang: UMM Press.

Handayani, Penny & Azura, Anissa. (2018). Program Pendampingan Psikologis Bagi Remaja Psaa Ceger Dan Tebet, Jakarta: Analisis Kebutuhan. Jurnal Mitra Vol. 2 No.1

Hermawan, Trian. (2010). Makalah Pengenalan Peserta Didik (Penyesuaian Diri Dan Permasalahan Pada Remaja. Program Study Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Hurlock, E. B. (1991). Psikolgi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan(Terjemahan oleh Istiwidayanti dan Soedjarwo). Jakarta: Erlangga.

Iflah dan Listyasari, Winda Dwi. (2013). Gambaran Penyesuaian diri Mahasiswa Baru. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi. Volume 2 No 1.

Irmawati. (2014). Peranan Goal Setting Dalam Upaya Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara. USU digital library

Irfan, M dan Suprapti, Veronika. (2014). Hubungan Self Efficacy dengan Penyesuaian Diri terhadap Perguruan Tinggi pada Mahasiswa Baru Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan. Volume 3 No 3.

Kamaluddin. (2011). Bimbingan dan Konseling Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 17, Nomor 4, Juli 2011

Kumalasari, Fani dan Ahyani Latifa Nur. (2012). Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Penyesuaian Diri Remaja di Panti Asuhan. Jurnal Psikologi Pitutur, Volume 1 No 1

Komara, Indra Bangkit.(2016). Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa. Jurnal Psikopedagogia. Volume 5 No 1, 36

Locke, E. A., & Latham, G. P. (2002). Building a practically useful theory of goal setting and task motivation: A 35-year odyssey. American Psychologist, 57, 705-717

Mapiare, Andi. (1982). Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional.

Moleong, Lexy J. (1994). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung, Remaja Rosdakarya.

Muchdhoero, Mohyi. (1993).Metodologi Penelitian untuk ilmu-ilmu Ekonomi dan Sosial, Malang, UMM Press.

Mu’tadin, Zainun. (2002). Penyesuaian Diri Remaja. Jakarta: http:/www.e psikologi.com/zainun.htm.

Patton. (2002). EQ Pengembangan Sukses Lebih Bermakna. Mitra Media.

Poerwandari, E. Kristi, dkk. 2005. Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Perilaku manusia, Jakarta, Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi.

Santrok, John. W. (2003). Adolescence (Perkembangan Remaja). Terjemahan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Santrok.(2007). Remaja (Edisi kesebelas, Jilid 1). Terjemahan.. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sarwono, S. (2011). Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Schneider. Alexander A.(1960). Personal Adjustment and Mental Health. New York.

Strauss, A dan Corbin, Juliet. (1997). Dasar-dasar Penelitian Kulaitatif, prosedur-prosedur teknik dan teori graunded, Surabaya, Bima Ilmu.

Sunarto dan Agung Hartono. (1994). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Syam, Asrullah., dan Amri. (2017). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) berbasis Kaderisasi IMM terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Parepare). Jurnal Biotek. Volume 5 no 1.

Wahidmurni. (2008). Cara Mudah Menulis Proposal dan Laporan Penelitian Lapangan. Malang: UM Press.

Downloads

Published

2020-07-31

How to Cite

Jamaluddin, M. (2020). Model Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru . Indonesian Psychological Research, 2(2), 109–118. https://doi.org/10.29080/ipr.v2i2.361