Perilaku Hedonisme Pada Wanita Sosialita

Authors

  • Alex Fahri Tobing Universitas Airlangga

DOI:

https://doi.org/10.29080/ipr.v2i1.252

Keywords:

hedonisme, sosialita

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai perilaku hedonisme pada wanita sosialita. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian studi kasus instrumental dengan melibatkan 5 (lima) orang partisipan penelitian yang terlibat dalam beberapa grup sosialita di Surabaya. Partisipan kemudian diwawancarai dengan menggunakan wawancara semi terstruktur untuk mengetahui gambaran mengenai perilaku hedonis pada wanita sosialita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipan cenderung menganggap bahwa perilaku hedonis di kalangan wanita sosialita merupakan sebuah bentuk interaksi sosial di jaman modern yang juga terjadi di kelompok sosial lainnya. Hasil penelitian juga menunjukkan faktor yang membentuk perilaku hedonisme antara lain adalah konsep diri terkait dengan bagaimana partisipan menilai dirinya berdasarkan produk yang dipakai sebagai pembeda dirinya dengan masyarakat di kelas sosial lainnya. Faktor lain yang mendukung perilaku hedonisme adalah struktur norma yang telah terbentuk dalam komunitas sosialita yang diikuti sehingga hal tersebut menjadi standar yang harus diikuti oleh anggota komunitas sosialita.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abadi, C. (tanpa tahun). Konstruksi Makna Sosialita Bagi Kalangan Sosialita di Kota Bandung. disadur dari https://elib.unikom.ac.id/files/disk1/763/jbptunikompp-gdl-rezayulian-38105-2-unikom_4-l.pdf.

Allport, W. & Gordon C.S. (1954). Social Psychology (3rd Edition). USA. Addition Wesley.

Baudrillard, J. (1994). Simulacra and Simulatio. translated by Sheila Glaser. University of Michigan Press.

Chaney & Bitta. (2000). Perilaku Konsumen. Jakarta. Binarupa Aksara.

Chaplin, J. (2002). Kamus Lengkap Psikologi. (Alih Bahasa: Kartini Kartono), Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Fitriyani, N., Widodo, P. B., & Fauziah, N. (2013). Hubungan antara konformitas dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa di Genuk Indah Semarang. Jurnal Psikologi Undip. 12(1), 55-68.

Girsang, C. (2015). Hedonisme Jadi Penyebab Perempuan Tersangkut Korupsi. disadur dari https://news.detik.com/berita/2899403/chatarina-girsang-hedonisme-jadi-penyebab-perempuan-tersangkut-korupsi.

Joy, R., Mulya, N. (2013). The Untold Stories of Arisan Ladies and Socialites. PT Gramedia Pustaka Utama.

Kottler, P., Keller, Kevin L. (2005). Marketing Management. Prentice Hall.

Kottler, P. (1988). Manajemen Pemasaran :Analisis, Perencanaan, Implementasi. Jakarta. Erlangga.

Kottler, P. & Armstrong, G. (2006). Dasar-Dasar Pemasaran Jilid 1. Jakarta. PT. Indeks.

Kunto, A.A. (1999). Kecil Bahagia, Muda Foya-foya, Tua Kaya Raya, Mati Maunya Masuk Surga. Yogyakarta. Kanisius.

Lukitasari, V., & Muis, T. (2016). Studi Tentang Gaya Hidup Hedonis pada Mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Surabaya Angkatan Tahun 2012-2013, Jurnal BK Unesa. Vol. 6 No. 2.

Maslow, A. (1943). A Theory of Human Motivation. Psychological Review.

McClelland, D. C. (1961). The Achieving Society. Princeton, New Jersey. D. Van Nostrand Company, Inc.

Murray, J. (2003). Concise Oxford English Dictionary. Oxford Press.

Poespoprodjo, W. (1999). Filsafat Moral. CV. Pustaka Grafika.

O’Shaughnessy, N. J. (2002). Marketing, the Consume Society and Hedonism. European Journal of Marketing. Volume 36, Iss: 5/6, 524-547.

Pratiwi, Alitha. (2015). Analisis Gaya Hidup Wanita Sosialita Strata Menengah di Kota Manado dari Perspektif Trikotomi Motif Sosial McClelland. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan (JFIP). Vol 3, No 1.

Putri, S. M. S. S. (2018). Makna Gaya Hidup “Brand Minded” Pada Konsumen Sosialita. IDEA (Jurnal Humaniora). Vol 1, No. 1.

Rianton. (2013). Hubungan antara konformitas kelompok teman sebaya dengan gaya hidup hedonis pada mahasiswa kabupaten Dhamasraya di Yogyakarta. Jurnal Publikasi Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan. Yogyakarta.

Safuwan. (2007). Gaya Hidup, Konsumerisme dan Modernitas. Jurnal SUWA Universitas Malikussaleh. Vol. V, No. 1.

Soerjono Soekanto. (2006). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta. Raja Grapindo Persada.

Solomon, M. R. (2007). Consumer behavior; buying, having, and being. United State Prentice - Hall International, Inc.

Susanto, A.B. (2001). Potret-potret Gaya Hidup Hedonis. Jakarta. Kompas.

Sutrisno, D.A. (2012). Wanita dan Hedonisme. disadur dari

https://www.kompasiana.com/didadidot/5510ea9ba333110137ba8f09/wanita-dan-hedonisme

Riyanto, T. & Susanto, H. (2009). Mau Bahagia?. Yogyakarta. Kanisus.

Veenhoven, R. (2003). Hedonism and Happiness. In: Journal of Happiness Studies. vol. 4. pp. 437-457.

Downloads

Published

2020-01-28

How to Cite

Tobing, A. F. (2020). Perilaku Hedonisme Pada Wanita Sosialita. Indonesian Psychological Research, 2(1), 48–54. https://doi.org/10.29080/ipr.v2i1.252