Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Guru dengan Kematangan Karir Siswa
DOI:
https://doi.org/10.29080/ipr.v2i1.230Keywords:
kematangan karir, efikasi diri, dukungan sosial guruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara efikasi diri dan dukungan sosial guru dengan kematangan karir siswa SMK “X” Pare, Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Subjek penelitian ini siswa kelas X SMK “X” Pare, Kediri, Sampel penelitian sebanyak 89 siswa, yang diperoleh melalui sampling sistematis. Alat pengumpul data yang digunakan adalah skala Kematangan Karir, skala Efikasi Diri, dan skala Dukungan Sosial Guru. Pengolahan data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara efikasi diri dan dukungan sosial guru dengan kematangan karir siswa, ada hubungan positif yang signifikan antara efikasi diri dengan kematangan karir siswa dan tidak ada hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial guru dengan kematangan karir siswa. Kematangan karir siswa dapat diprediksi dengan efikasi diri, oleh karena itu disarankan siswa perlu mengembangkan efikasi dirinya sehingga memiliki kematangan karir yang baik. Walaupun dukungan sosial guru tidak secara langsung signifikan, tetapi masih perlu diperhatikan, sebab bagaimanapun peran lingkungan diperlukan untuk peningkatan kematangan karir.
Downloads
References
Apriani, H.T.D. (2017). Hubungan Locus of Control Internal dan Dukungan Sosial Keluarga dengan Kematangan Karir Siswa SMKN 1 Depok Yogyakarta. Jurnal Psikologi, Vol 13.hal 7-1.
Badan Pusat Statistik, Agustus 2017. Tingkat Pengangguran Terbuka https://www.bps.go.id/pressrelease/2017/11/06/1377/agustus-2017--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-50-persen.html
Badan Pusat Statistik, Pebruari 2018. Tingkat Pengangguran Terbuka https://www.bps.go.id/pressrelease/2018/05/07/1484/februari-2018--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-13-persen--rata-rata-upah-buruh-per-bulan-sebesar-2-65-juta-rupiah.html
Badan Pusat Statistik, Agustus, 2018. Tingkat Pengangguran Terbuka https://www.bps.go.id/pressrelease/2018/11/05/1485/agustus-2018--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-34-persen.html
Badan Pusat Statistik, Pebruari, 2019. Tingkat Pengangguran Terbuka https://www.bps.go.id/pressrelease/2019/05/06/1564/februari-2019--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-01-persen.html
Corsini, R.J. (1994). Encyclopedia of Psychology. Second Edition. Vol. 3. John Wiley and Sons. New York.
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Depdiknas. Jakarta.
Dewi, R. (2017). Hubungan Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Keluarga Dengan Kematangan Karir Pada Mahasiswa Keperawatan STIKES Muhammadiyah Lhokseumawe. Jurnal Analtika. Vol. 9 No.1.
Feist, J. and Feist, G.J. (2010). Teori Kepribadian Theories Personality. Salemba Humanika. Jakarta.
Fuhrmann, B.S. (2000). Adolescence Adolescents. 2nd Ed. Scott, Foresman/Little, Brown Higher Education. London
Ghufron, M.N. dan Risnawita, R. (2017) Teori-teori Psikologi. Ar-Ruzz Media. Yogyakarta.
Herin, M. dan Sawitri, D.R. (2017). Dukungan Orang Tua dan kematangan Karir pada Siswa SMK Program Keahlian Tata Boga. Jurnal Empati. Fakultas Psikologi. Semarang. Volume 6 (1), 301-306.
Isnain, M. dan Nurwidawati, D. (2018) Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kematangan Karir Pada Siswa Kelas XI di SMKN 1 Surabaya. Jurnal Penelitian Psikologi.Character Volume 05. Nomor 02.
Jemini, L. and Gashi. (2013). Social Support and Maturity of Kosovar Adolescent. Journal of Tirana University. Konferenca.unishk.edu.al > doc PDF
Luthfianawati, D. dan Widyayanti, N. (2019). Hubungan antara Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Keluarga dengan Kematangan Karir siswa klasXII SMK X Kabupaten Waykanan. Jurnal Psikologi Universitas Muhammadiyah Lampung. Psyche ISSN 2655-6936.
Lau, P.L.; Low, S.F. and Zakaria, A R. (2013). Gender and Work: Assesment and Application of Super’s Theory - Career Maturity. Jurnal Penelitian.Malaysia: Faculty of Education University of Malaya.
Mabel, B.S. and Nagarenitha, M. (2016). Career Maturity and Career Decision Making A review Journal, reseach paper, Business Management.E ISSN 12.
Pinasti, W. (2011). Pengaruh Self-efficacy, Locus of Control dan Faktor Demografis Terhadap Kematangan Karir Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Putri, S., Kristina, M. dan Gunawan, W. (2014). Hubungan antara Efikasi Diri Karir dengan Kematangan Karir pada Remaja di Kota Tangerang, Jurnal fakultas Psikologi Universitas Kristen Krida Wacana.
Sarafino, E. P., and Smith, T.W. (2011). Health Psychology Biopsychosocial Interactions. Jhon Wiley and Sons Ltd. United States of America.
Savickas, M.L. (2001). A Developmental Perspective on Vocational Behavior: Career Pattern, Salience, and Themes. International Journal for Educational and Vocational Guidance, 1, 52-53.
Seligman, L. (2004). Developmental Career Counceling and Assessment 2nd ed. Sage. Thousand Oaks.
Setiyanto, I.; Louise, B.S. dan Gantina, K. (2014). Hubungan Efikasi Diri dengan Kematangan Karir Siswa kelas XI SMKN 8 Jakarta Insight: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Vol.3, No.2, Hal.31-37.
Singh, P.K. and Shukla R.P. (2015) Relationship Between Career Maturity and Self-Efficacy Among Male and Female Senior Secondary Students, MIER Journal of Educational Studies, Trends & Practices, Vol. 5, No. 2 pp. 164 – 179.
Wicaksono, I.A. dan Suryanto. (2018). Dukungan Istri Kepada Suami Mantan Penyalahguna Narkoba Pasca Rehabilitasi Dalam Kehidupan Yang Sehat. Jurnal: Researchgate, http//www.researchgate.net
Wulandari, T. dan Nurhadianti, Rr. D.D. (2019). Judul penelitian: Hubungan Harga Diri dan Dukungan Sosial Keluarga dengan Kematangan Karir siswa kelas IX di SMA 58 Jakarta. Jurnal.upi.yai.ac.id > article PDF
Yusanti, G. (2015). Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Kematangan karir pada Siswa SMA di Kota Bogor, Universitas Bina Nusantara, http://eprints.binus.ac.id/32289/
Zulkaida, A. K.; Kurniati, N.M.T; Muluk, R.H. dan Rifameutia, T. (2007). Pengaruh Locus of Control dan Efikasi Diri Terhadap Kematangan Karir Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitek & Sipil). Vol. 2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work