Gambaran Kepribadian Pengurus OSIS Berdasarkan Myers Briggs Type Indicator (MBTI)

  • Hari Sugiharto Setyaedhi Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Tipe Kepribadian, Kepemimpinan, OSIS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tipe kepribadian peserta didik yang mereka miliki sebagai pengurus OSIS di sekolah. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Populasi penelitian ini adalah pengurus OSIS SMA dari seluruh Indonesia yang mewakili provinsi dan sekolah. Subyek penelitian sebanyak 235 pengurus OSIS dari seluruh SMA di Indonesia yang mengikuti kegiatan Kawah Kepemimpinan Pelajar (KKP).  Metode pengumpulan data dengan kuesioner Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) dan dikonfirmasi melalui wawancara.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipe kepribadian peserta didik yang menjadi pengurus OSIS adalah: 42% peserta didik mempunyai tipe kepribadian Extravert, Sensing, Thinking, Judging (ESTJ), 11% peserta didik berkepribadian Extravert, Sensing, Thinking, Perceiving (ESTP), dan sebanyak 10% Introvert, Sensing, Thinking, Judging (ISTJ). Keterpaduan pengurus dengan tipe ESTJ, ESTP, dan ISTJ  dan tipe lainnya diharapkan dapat menjadi kombinasi yang pas dalam kepengurusan OSIS, dapat saling mengisi kekurangan.  Sebagai temuan tambahan, diketahui bahwa analisis data tipe kepribadian berdasarkan jenis kelamin, menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara pria dan wanita dalam kepribadian pengurus OSIS.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tipe kepribadian peserta didik yang mereka miliki sebagai pengurus OSIS di sekolah. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Populasi penelitian ini adalah pengurus OSIS SMA dari seluruh Indonesia yang mewakili provinsi dan sekolah. Subyek penelitian sebanyak 235 pengurus OSIS dari seluruh SMA di Indonesia yang mengikuti kegiatan Kawah Kepemimpinan Pelajar (KKP).  Metode pengumpulan data dengan kuesioner Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) dan dikonfirmasi melalui wawancara.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipe kepribadian peserta didik yang menjadi pengurus OSIS adalah: 42% peserta didik mempunyai tipe kepribadian Extravert, Sensing, Thinking, Judging (ESTJ), 11% peserta didik berkepribadian Extravert, Sensing, Thinking, Perceiving (ESTP), dan sebanyak 10% Introvert, Sensing, Thinking, Judging (ISTJ). Keterpaduan pengurus dengan tipe ESTJ, ESTP, dan ISTJ  dan tipe lainnya diharapkan dapat menjadi kombinasi yang pas dalam kepengurusan OSIS, dapat saling mengisi kekurangan. Sebagai temuan tambahan, diketahui bahwa analisis data tipe kepribadian berdasarkan jenis kelamin, menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara pria dan wanita dalam kepribadian pengurus OSIS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, A. (2012). Leadership and its Influence in Organizations – A Review of Intellections. International Journal of Learning and Development. https://doi.org/10.5296/ijld.v2i6.2690

Audina, M. (2018). Gambaran Kepribadian Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura Berdasarkan Myers Briggs type Indicator (MBTI).

Blackford, S. (2010). A qualitative study of the relationship of personality type with career management and career choice preference in a group of bioscience postgraduate students and postdoctoral researchers. International Journal for Researcher Development. https://doi.org/10.1108/1759751x201100019

Fretwell, C. E., Lewis, C. C., & Hannay, M. (2013). Myers-Briggs Type Indicator, A/B Personality Types and Locus of Control:Where Do They Intersect? American Journal of Management.

Gordon, H. R. D. (2000). Myers Briggs Type Indicator Personality Characteristics of Beginning Trade and Industrial and Health Occupations Education Secondary Teachers. Journal of Health Occupations Education, 14.

Indonesia, U.-U. R. (2003). Sistem pendidikan nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Jones, S. (2010). Psychological Testing?: The Essential Guide To Using And Surviving The Most Popular Recruitment And Career Development Tests.

Kemdikbud. (2008). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008 pasal 4 ayat 2, Tentang Pembinaan Kesiswaan.

Krishnan, V. R. (2012). Transformational leadership and personal outcomes: Empowerment as mediator. Leadership and Organization Development Journal. https://doi.org/10.1108/01437731211253019

Makhfudz, M. (2011). Karakteristik Pemimpin dan Gaya Kepemimpinan untuk Meningkatkan Daya Saing. Sosial, Ekonomi, Dan Humaniora.

Mudrika, N. (2011). Membaca Kepribadian Menggunakan tes MBTI (Myer Briggs Type Indicator).

Pittenger, D. (2005). Measuring the MBTI and coming up short. Consulting Psychology Journal: Practice and Research. https://doi.org/citeulike-article-id:3171710

Rivai, V., & Mulyadi, D. (2012). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. In Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi.

Sarmini, Y. dan. (2017). Peran Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa Dalam Menumbuhkan Sikap Kepemimpinan Siswa. Kajian Moral & Kewarganegaraan, volume, 5, 516 – 530.

Sugiyono. (2015). Statistik Nonparametris Untuk Penelitian. In Book. https://doi.org/10.1080/13561820802565437

Suharsimi Arikunto. (1993). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Penelitian. Rineka Cipta. https://doi.org/10.1021/ol7029646

Susanto, E., & Mudaim, M. (2017). Pengembangan Inventori MBTI Sebagai Alternatif Instrumen Pengukuran Tipe Kepribadian. Indonesian Journal of Educational Counseling. https://doi.org/10.30653/001.201711.5

Tyagi, A. (2008). Personality Profiles Identification Using MBTI Test for Management Students: An Empirical Study. Journal of the Indian Academy of Applied Psychology.

Published
2020-01-14
How to Cite
SetyaedhiH. S. (2020). Gambaran Kepribadian Pengurus OSIS Berdasarkan Myers Briggs Type Indicator (MBTI). Indonesian Psychological Research, 2(1), 13-21. https://doi.org/10.29080/ipr.v2i1.196