Perilaku Inovatif pada Mahasiswa yang Berwirausaha

  • Iffah Dewi Amalya Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Keywords: perilaku inovatif, siswa

Abstract

Deskripsi komponen perilaku inovatif pada siswa wirausaha, serta mengeksplorasi, menemukan dan menggambarkan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku inovatif siswa yang berwirausaha. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dan wawancara dilakukan untuk subjek dan signifikan lainnya dan didukung oleh dokumentasi. Subjek penelitian adalah 2 siswa, masing-masing berusia 22 tahun. Perilaku inovatif yang dimiliki keduanya dalam penelitian ini cukup beragam. Ada komponen inovatif dari perilaku inovatif, serta menemukan, dan menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku inovatif. Hasil penelitian menunjukkan perilaku inovatif baik subjek maupun faktor perilaku inovatif. Faktor-faktor yang menyebabkan perilaku inovatif adalah lingkungan, persepsi, emosi, konsep dan motivasi / tujuan. Serta komponen perilaku inovatif yang mempengaruhi perilaku siswa kewirausahaan adalah eksplorasi kesempatan, generativitas, penyelidikan formatif, juara, dan aplikasi

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Iffah Dewi Amalya, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Program Studi Psikologi

References

Dewi, Setyanti & Saleh. (2015). Pengaruh kreativitas dan perilaku inovatif terhadap keberhasilan usaha industri kecil melalui motivasi usaha sebagai variabel mediasi. Artikel Ilmiah Mahasiswa. Jember: Universitas Jember.

Helmi, Avin Fadilla. (2011). Model determinan perilaku inovatif pada mahasiswa yang berwirausaha. Jurnal Psikologi, 134.

Jawapos. (2016). Indonesia kekurangan wirausahawan muda. Diakses dari http://www.jawapos.com/read/2016/02/22/18904/indonesia-kekurangan-wirausahawan-muda. pada tanggal 5 Desember 2016.

Koutstaal & Binks. (2015). Innovating minds rethinking creativity to inspire change. New York: Oxford University Press

Kresnandito & Fajrianthi. (2012). Pengaruh persepsi kepemimpinan transformasional terhadap perilaku inovatif penyiar radio. Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi, 98.

Larasati, T. (2005).Jurnal kualitas hidup pada wanita yang sudah memasuki masa menopause. Jurnal Kualitas Hidup.

Lipi. (2016). Jumlah usia produktif besar indonesia berpeluang tingkatkan produktivitas. Diakses dari http://lipi.go.id/berita/jumlah-usia-produktif-besar-indonesia-berpeluang-tingkatkan-produktivitas/15220. pada tanggal 14 Desember 2016.

Okezone. (2015). 7,5 juta pengangguran banyak bertitel sarjana. Diakses dari http://news.okezone.com/read/2015/12/30/65/1277253/7-5-juta-pengangguran-banyak-bertitel-sarjana. pada tanggal 14 Desember 2016.

Pramayani & Adyani. (2018). Pengaruh Pemberdayaan, Perilaku Inovatif, dan Motivasi Kerja Terhadap Produktifitas Kerja Karyawan Bumbu Bali Restoran Tanjung Benoa Badung, Bali. Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia.

Sandiasa. (2009). Kewirausahaan. Universitas Panji Sakti

Sujarwo, Anton. (2017). Pengaruh motivasi kerja dan perilaku inovatif terhahap kinerja karyawan dengan kepuasan kerja sebagai variabel mediasi (studi kasus pada LKP Alfabank Semarang). Artikel INFOKAM.

Triswanda. (2018). Hubungan antara iklim organisasi dengan perilaku inovatif pada karyawan bagian pemasaran PT. Indobismar Surabaya. Jurnal Psikologi.

Published
2019-01-19
How to Cite
Amalya, I. (2019). Perilaku Inovatif pada Mahasiswa yang Berwirausaha. Indonesian Psychological Research, 1(1), 40-46. https://doi.org/10.29080/ipr.v1i1.169